Konsep Energi dan Jenis Energi dalam Kehidupan

Konsep energi dan jenis energi yang ada dalam kehidupan sehari-hari ini sebenarnya sangat banyak jika kita mau memperhatikan. Sebelum membahas bagaimana konsep dari energi, Anda harus memahami apa arti energi itu sendiri. Energi secara fisika diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan usaha atau kerja.

Dalam SI atau satuan internasional energi mendapat satuan joule atau dilambangkan dengan huruf J. Banyak ahli yang memberikan definisi mengenai energi itu sendiri, misalnya saja Michael J Moran, seorang ahli fisika ini mengartikan energi sebagai konsep dasar dari sebuah analisis teknik. Sedangkan Robert L Wolke mengartikan energi sebagai kemampuan yang bisa membuat sesuatu menjadi terjadi.

Konsep Energi dan Jenis Energi

konsep-energi-dalam-kehidupan

Dari berbagai pengertian energi ini, pada dasarnya konsep energi ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan energi, misalnya saja dalam melakukan aktivitas, tubuh tentu saja membutuhkan energi untuk melakukannya.

Jika Anda melakukan kegiatan dalam waktu yang lama tentu saja akan merasa lelah dan energi yang ada pada tubuh semakin melemah. Konsep yang sederhana terjadi pada sebuah mobil, kendaraan mobil bisa berjalan jika terdapat bensin dan juga mesin di dalamnya. Mesin yang ada dalam mobil inilah yang menghasilkan energi untuk bergerak di jalan raya.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak konsep energi yang digunakan, diantaranya yaitu:

1. Energi potensial

Berdasarkan ilmu fisika energi potensial ini adalah energi yang tersimpan di dalam benda yang diam. Tidak hanya benda yang bergerak saja yang mempunyai energi tapi benda diam juga mempunyai energi potensial. Jumlah dari energi ini sangat dipengaruhi oleh tinggi dari kedudukan benda tersebut. Semakin tinggi posisi atau kedudukan benda tersebut maka energi potensial yang ada di dalamnya semakin tinggi.

2. Energi kinetik

Energi ini merupakan energi yang sangat banyak digunakan, hampir semua benda yang ada di alam raya ini melakukan energi kinetik atau gerak. Kinetik juga bisa diartikan sebagai energi yang dimiliki oleh benda yang sedang bergerak. Energi ini terjadi karena banyak yang mempengaruhinya yaitu bentuk benda, ukuran benda, dan kecepatan benda. Contoh energi kinetik yang paling sederhana adalah dorongan atau tarikan.

3. Energi cahaya

Konsep energi cahaya ini ada dua jenis, yaitu energi cahaya yang dihasilkan dari lampu dan cahaya yang dihasilkan secara alami. Energi cahaya yang alami adalah cahaya matahari yang merupakan sumber dari energi yang ada di dunia ini. Matahari tidak hanya memberikan energi cahaya saja tapi juga energi panas yang sangat bermanfaat bagi kehidupan di dunia ini. Sedangkan energi cahaya yang dihasilkan dari lampu adalah perubahan energi listrik menjadi energi cahaya yang bisa menerangi.

4. Energi panas bumi

Energi yang berasal dari panas bumi tersimpan dalam jauh di kerak bumi. Bentuk dari energi ini adalah batuan panas, uap panas, dan air panas alami yang berasal dari dalam bumi. Panas bumi menjadi salah satu energi alternatif yang bisa menggantikan energi fosil yang digunakan sekarang ini. Panas bumi yang dihasilkan alami oleh bumi ini sangat bagus untuk kelestarian alam ini karena tidak menyebabkan polusi yang bisa membahayakan alam ini. Selain itu juga lebih ekonomis dibandingkan energi fosil berupa minyak bumi.

Sebenarnya dari berbagai jenis energi di atas, masih bisa dijabarkan menjadi banyak bentuk energi yang lainnya. Energi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya energi tidak mungkin ada kehidupan di dunia ini. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi kita semua di dunia sudah menggunakan energi potensial dan energi.

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari juga membutuhkan berbagai jenis energi seperti energi listrik, energi cahaya, dan energi-energi lainnya. Namun kebanyakan energi yang digunakan masih berbahan dasar energi fosil yang bisa membahayakan. Dengan mengetahui konsep energi ini diharapkan Anda lebih bijak dalam memanfaatkan energi yang ada di dunia ini.


Loading...
Tags: konsep energi, menjelaskan konsep energi, pengertian konsep energi, konsep dasar energi, jenis energi, 3 konsep energi dan sumber energi, konsep energi dan sumber energi, sebutkan konsep energi, peta konsep energi, konsep energi adalah, menjelaskan pengertian 3 konsep energi, arti konsep energi, jelaskan 3konsep energi dan sumber-sumber energi, jelaskan konsep energi, jelaskan konsep energi dalam kehidupan sehari-hari