Keuntungan Sumber Energi Biomassa Sebagai Energi Terbarukan

Sumber energi biomassa merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang ketersediaannya sangat melimpah. Energi biomassa sendiri saat ini sudah semakin dilirik oleh seluruh negara di dunia, karena untuk menggantikan energi minyak bumi yang ketersediaannya sudah semakin menipis.

Apa yang dimaksud dengan biomassa? Biomassa merupakan bahan biologis yang bisa didapatkan dari alam yang berasal dari bahan yang hidup maupun yang baru mati untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Biomassa sendiri pemanfaatannya bisa dimanfaatkan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Dimana, kita bisa memanfaatkannya langsung sebagai bahan bakar dengan praktis. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya dengan cara diolah lebih dahulu sehingga bisa memproduksi bahan bakar secara optimal.

Keuntungan Sumber dari Energi Biomassa

sumber-energi-biomassaSebenarnya dari zaman dulu, sumber dari energi biomassa ini sudah banyak dimanfaatkan, seperti pada pembakaran kayu bakar yang terdapat di alam untuk kebutuhan memasak ataupun api unggun. Adapun sifat dari kayu bakar ini sendiri adalah berupa bahan biologis yang ketersediaannya ada di alam sehingga bisa digunakan secara langsung untuk bahan bakar tanpa melewati pengolahan terlebih dulu.

Nah, pemanfaatan biomassa ini sebenarnya jauh sebelum munculnya bahan bakar fosil. Dengan ditemukannya bahan bakar fosil, maka masyarakat pun mulai melupakan energi biomassa ini. Pemanfaatan gas bumi, minyak bumi yang pasalnya lebih praktis lebih banyak dipilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Jika kita sadari, minyak bumi atau gas bumi termasuk bahan bakar tak terbarukan yang semakin hari ketersediaannya akan semakin menipis. Sehingga kita tak bisa memanfaatkannya secara maksimal. Maka dari itu, kini setiap negara mulai melirik penggunaan sumber energi terbarukan, yang salah satunya berasal dari sumber energi biomassa. Ini dia keuntungan menggunakan energi biomassa untuk sumber energi di dunia, sebagai berikut:

1. Meminimalisir limbah organik

Seperti kita ketahui, keberadaan limbah organik semakin hari semakin menumpuk. Adapun limbah organik yang biasa kita jumpai adalah tongkol, jerami dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, limbah kota, pengolahan kayu, ranting hingga limbah kayu pun termasuk limbah yang tidak begitu bermanfaat. Sementara jika limbah-limbah tersebut tidak diolah atau langsung dibuang justru bisa memproduksi gas berbahaya seperti gas metana.

Sementara hasil dari pembakaran limbah berbentuk abu ini mempunyai volume sebesar 1 % saja jika dibandingkan limbah padat. Nah, untuk itulah perlu dilakukan proses karbonasi untuk meningkatkan kadar kalor serta meminimalisir emisi dari limbah organik melalui pemanfaatan biomassa ini. Salah satu caranya adalah dengan membuat briket untuk bahan bakar yang bersifat padat.

2. Mengurangi efek gas rumah kaca

Salah satu manfaat sumber dari energi biomassa adalah untuk meminimalisir efek gas rumah kaca. Seperti kita ketahui, gas rumah kaca sampai saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia. Gas rumah kaca ini meliputi kandungan nitrogen oksida, metana, karbon dioksida dan gas-gas lainnya berada di dalam atmosfer. Sehingga semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas tersebut maka bisa memicu peningkatan temperatur atau suhu udara di atmosfer lebih panas. Sementara itu, ketersediaan dari biomassa atau tanaman sendiri memicu pengurangan konsentrasi karbon dioksida. Hal inilah yang membuat biomassa sendiri bisa mengurangi efek gas rumah kaca.

3. Meminimalisir polusi udara yang semakin meningkat

Seperti kita ketahui peningkatan kapasitas kendaraan, khususnya di Indonesia sendiri selain memicu kepadatan lalu lintas di jalan raya sendiri bisa mengakibatkan meningkatnya polusi udara yang bisa memicu meningkatnya penyakit paru-paru apabila terhirup oleh masyarakat jika tidak dikendalikan dengan tepat. Namun dengan pemanfaatan biomassa justru bisa meminimalisir terjadinya polusi udara. Sementara pembakaran biomassa sendiri pada broiler bisa meminimalisir efek dari polusi asap sehingga penggunaannya lebih bersih dan efisien.

4. Sumber energi terbarukan

Kelebihan dari sumber energi biomassa adalah merupakan salah satu sumber energi terbarukan. Energi biomassa berasal dari sumber-sumber seperti tanaman dan juga hewan. Seperti yang kita ketahui tanaman dapat tumbuh berulang-ulang pada lahan yang sama tanpda harus mengeluarkan biaya yang signifikan, sedangkan hewan dapat dibudidayakan. Bahan baku yang selalu ada inilah yang membuat energi biomassa menjadi salah satu sumber energi yang tidak pernah habis.

5. Mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil

Selanjutnya adalah dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara dan lainnya jika terus digunakan maka jumlah persediaannya akan semakin menipis dan terbatas. Untuk pembentukan bahan bakar fosil sendiri dibutuhkan dalam waktu yang sangat lama, sehingga bahan bakar fosil merupakan salah satu sumber energi yang tidak bisa diperbarui. Hadirnya energi alternatif biomassa sangat berguna untuk mengurangi ketergantungan dari bahan bakar fosil.

Meskipun memiliki beberapa keutungan, akan tetapi energi biomassa juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

1.Sumber terbatas

Meskipun salah satu sumber energi terbarukan, akan tetapi untuk mendapatkan bahan energi ini dibilang sangatlah sulit. Karena tanaman tertentu yang digunakan untuk pembuatan energi ini tidak semua dapat tumbuh dalam setiap tahunnya.

2. Mahal

Selain terbatas, energi biomassa juga sangat mahal untuk diproduksi. Hal ini dikarenakan dibutuhkan banyak sumber daya untuk mengubah bahan baku menjadi sumber energi yang dapat digunakan. jika dihitung-hitung, biaya produksi energi biomassa sangatlah mahal jika dibandingkan dengan biaya produksi bahan bakar fosil. Akan tetapi saat ini sudah ada beberapa riset yang mencoba untuk menekan biaya dari pembuatan energi ini.

3. Menyebabkan polusi

Hingga saat ini polusi udara masih menjadi masalah utama. Sama halnya penggunaan bahan bakar fosil, menggunakan energi biomassa juga dapat menyebabkan polusi. Contohnya yaitu jika kayu ataupun tanaman dibakar langsung untuk mendapatkan energi, tentu saja hal ini dapat melepaskan gas rumah kaca.

Nah, itulah beberapa keuntungan dari sumber energi biomassa sebagai energi terbarukan untuk mengatasi permasalahan menipisnya ketersediaan bahan bakar fosil saat ini.


Loading...
Tags: contoh cara menghemat energi, sumber energi biomassa yang banyak digunakan sebagai bahan bakar di negara kita adalah, keuntungan dan kerugian energi biomassa, apa keuntungan dan kerugian dari energi biomassa, keuntungan energi biomassa, Keuntungan dan kerugian biomassa, Kelebihan sumber energi biomassa, biomassa telah menjadi energi alternatif sebagai pengganti energi fosil Sebutkan empat keuntungan pemanfaatan biomassa sebagai sumber energi, kelebihan kekurangan enerigi biomas, kelebihan sumber energi biomaasa, kelebihan kekurangan biomassa, kekurangan daei energi biomasa, apakah tenaga biomassa sebenarnya berasal dari energi surya, berikut adalah keuntungan yg didapat dari pengembangan alternatif biomassa kecuali, Berikut adalah keuntungan yang didapat dari pengembangan alternatif biomassa