Keuntungan dan Kelemahan Pemanfaatan Energi Air

Energi air adalah salah satu bentuk energi alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti kita ketahui, air merupakan sumber kehidupan untuk makhluk hidup. Air memiliki peranan yang begitu penting, tanpa adanya air maka baik manusia, tumbuhan maupun hewan tentu tak akan bisa hidup.

Tak hanya sebagai sumber dari kehidupan saja, air juga dapat dimanfaatkan untuk penggerak turbin sebagai penghasil listrik untuk kebutuhan manusia sebagai alat penerangan. Dengan memanfaatkan air sebagai salah satu energi terbarukan, juga tak akan menghasilkan emisi gas berbahaya yang menimbulkan polusi udara.

Energi Air dan Pemanfaatannya

energi-air-alternatif

Sebagai energi terbarukan, energi air ini tidak akan habis selama masih ada air di bumi ini selain itu dengan memanfaatkan air maka akan terus mengalami siklus. Tenaga air sebagai sumber energi memiliki beragam keunggulan jika dibandingkan dengan sumber energi yang lain.

Energi ini termasuk sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan. Sehingga pemanfaatan tenaga air sebagai sumber energi tak akan mencemari bumi akibat emisi gas karbon dioksida yang berbahaya. Berbeda halnya jika kita memanfaatkan bahan bakar fosil yang menghasilkan senyawa hidrokarbon sebagai gas pembuangan yang menimbulkan polusi udara.

Dengan memanfaatkan energi air ini maka tidak akan berpengaruh pada perubahan iklim yang biasanya ditimbulkan akibat penggunaan bahan bakar fosil. Sumber energi dari air juga termasuk sumber energi yang selalu konstan dan stabil apabila dibandingkan energi surya dan angin.

Apabila kita memanfaatkan tenaga air untuk menghasilkan listrik, setelah selesai membangun bendungan maka akan menghasilkan listrik yang jauh lebih stabil. Ketika permintaan akan listrik kurang, maka kita bisa menghentikan jalannya pembangkit listrik dengan mudah. Sedangkan apabila permintaan akan listrik terus meningkat, kita juga bisa lebih mudah menjalankannya kembali.

Manfaat Energi Air

Saat bendungan usai dibangun, energi ini selain efisien juga bisa dirancang sedemikian dalam jangka waktu yang begitu lama. Dalam memanfaatkan tenaga air juga tidak memerlukan biaya pemeliharaan dan operasional yang mahal, karena terhitung cukup rendah sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa PLTA atau pembangkit listrik tenaga air ini termasuk sumber energi terpercaya sebagai energi alternatif yang terbarukan yang bisa menjamin pasokan tenaga listrik dengan konstan hingga ke berbagai pelosok dunia.

Bahkan dengan memanfaatkan energi air untuk membangkitkan listrik juga bisa memberikan peranannya terhadap laju pertumbuhan ekonomi di sekitar area bendungan yang dibangun. Hal ini dikarenakan dengan adanya danau atau bendungan bisa dimanfaatkan sebagai irigasi, rekreasi hingga pariwisata untuk tempat memancing.

Hal inilah yang membuat bendungan tersebut bisa menciptakan lapangan usaha yang baru yang menguntungkan. Terlebih lagi penggunaannya yang tak akan menghasilkan limbah yang merugikan masyarakat sekitar. Berbeda halnya jika kita memanfaatkan sumber energi yang lainnya, seperti energi nuklir dan bahan bakar fosil.

Akan tetapi, di samping keuntungan tenaga air ada beberapa kerugian yang juga perlu kita pertimbangkan solusinya. Dengan memanfaatkan tenaga air ini, bisa saja terjadi kerusakan lingkungan akibat pembangunan bendungan yang bisa menghambat aliran dari sungai yang memberikan efek negatif untuk ekosistem sungai tersebut.

Tak hanya itu saja, apabila bendungan tersebut dibangun dengan luas area yang begitu besar, bisa mengakibatkan kerusakan geologi, tanah longsor, erosi dan lain sebagainya. Salah satunya adalah bisa menimbulkan bencana banjir yang merugikan masyarakat setempat. Meskipun begitu, kita bisa mempertimbangkan solusi atau alternatif yang lainnya dalam pemanfaatan energi air agar tidak merusak lingkungan.


Loading...
Tags: kelebihan dan kekurangan energi air, pengertian energi air, Contoh pemanfaatan energi air adalah, keuntungan plta, kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga air, kegunaan sumber energi air, keuntungan dan kelemahan energi air, kerugian air, kelebihan dan kelemahan tenaga air, Kelebihan dan kekurangan sumber daya air, kelebihan dan kekurangan energi alternatif air, kelebihan sumber daya air, kelebihan dan kekurangan PLE air, kekurangan pemanfaatan energi alternatif dalam kehidupan sehari hari, kelebihan dan kekurangan sumber energi air