Keuntungan dan Kelemahan Energi Alternatif Angin

Energi alternatif angin merupakan salah satu solusi untuk mengurangi emisi gas karbon yang berbahaya di udara. Angin termasuk sumber daya alam yang terbarui, karena tak akan pernah berkurang. Angin memiliki ketersediaan yang tak terbatas jumlahnya. Selain itu, memanfaatkan tenaga angin juga lebih bersih apabila dibandingkan dengan sumber energi yang lainnya.

Akan tetapi, penggunaan tenaga angin sebagai sumber energi alternatif sendiri masih tergolong kurang. Padahal banyak keuntungan yang bisa didapat jika kita memanfaatkan tenaga angin sebagai sumber energi, tanpa harus mengurangi kebutuhan pangan makhluk hidup.

Energi Alternatif Kincir Angin

energi-angin-alternatif

Energi alternatif angin sendiri umumnya diperoleh dari kincir atau turbin untuk menangkap angin. Adapun biasanya turbin ini dibangun tepat di daerah yang memiliki intensitas angin yang sangat besar. Energi yang digerakkan melalui turbin ini akan diubah ke dalam energi listrik. Perubahan energi angin menjadi energi listrik ini tak lain dengan memanfaatkan generator listrik. Dengan memanfaatkan angin sebagai salah satu energi alternatif ini diyakini dapat memenuhi sebanyak 12 % kebutuhan pasokan energi di dunia di tahun 2020 yang akan datang.

Dengan menggunakan tenaga angin atau bayu juga bisa meningkatkan lapangan pekerjaan sampai jutaan jiwa. Tak hanya itu saja, menggunakan energi alternatif angin juga bisa mengurangi emisi gas CO2 yang berbahaya bagi manusia.

Tenaga angin tak hanya lebih ramah lingkungan, tetapi juga mudah untuk didapatkan karena kita bisa memanfaatkannya secara gratis. Hal ini dikarenakan alam sendiri telah menyediakan angin secara terus menerus tanpa henti, sehingga kita bisa memanfaatkannya secara optimal untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Akan tetapi, hanya saja penggunaannya masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Manfaat Energi Alternatif Angin

Solusi energi alternatif angin sebagai energi terbarukan mungkin baru dimanfaatkan di negara-negara besar dan maju saja, karena alasan minimnya biaya dan teknologi untuk memanfaatkan tenaga angin ini. Adapun salah satu negara yang sudah banyak memanfaatkan tenaga angin ini adalah Jerman yang sudah bisa memanfaatkan tenaga angin hingga sebesar 30 %. Dari banyaknya keuntungan pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber energi alternatif ini, tentunya bisa membantu dunia untuk mempertahankan pasokan energi di masa depan.

Penggunaan angin ini tentunya tak akan menghasilkan limbah ataupun polusi udara yang saat ini masih menjadi masalah di negara kita. Seperti kita ketahui, pemanasan global yang berlangsung secara terus menerus tak lain akibat produksi emisi gas CO2 yang semakin meningkat di udara sehingga membuat menipisnya lapisan atmosfer di udara.

Nah, dengan memanfaatkan tenaga angin inilah, lingkungan kita akan lebih bersih dan bebas dari polusi. Berbeda halnya dengan memakai energi yang berasal dari minyak bumi maupun batu bara. Karena gas CO2 yang dihasilkan dari tenaga angin ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan memakai batu bara, minyak bumi atau bahan bakar fosil lainnya.

Akan tetapi, di samping keuntungan-keuntungan penggunaan tenaga angin ini, ada kekurangan yang masih menjadi hambatan penggunaan teknologi angin. Penggunaan tenaga angin sebagai sumber energi alternatif ini adalah membutuhkan luas lahan yang begitu besar, yang justru bisa mengurangi luas lahan pertanian ataupun pemukiman.

Selain itu, dengan menggunakan tiang yang begitu tinggi pada turbin angin bisa menimbulkan terhalangnya cahaya matahari untuk menyinari rumah-rumah warga sekitar. Selain itu, suara yang mungkin akan mengganggu warga sekitar ketika menjalankan turbin angin untuk pemanfaatan energi alternatif angin ini.


Loading...
Tags: Apa saja kelemahan angin sebagai sumber energi listrik alternatif, jelaskan keuntungan pembangkit listrik energi angin, kelemahan energi alternatif, keuntungan energi angin, jelaskan keuntungan dan kelemahan pemanfaatan energi alternatif, jelaskan kerugian dari energi alternatif air, keuntungan dari pembangkit listrik tenaga angin, kelemahan angin sebagai sumber energi alternatif, keuntungan dan kelemahan pemanfaatan energi alternatif, tuliskan 2 kerugian dan keuntungan menggunakan energi alternatif, keuntungan energi alternatif angin, jelaskan keuntungan dan kelemahan pemanfaatan energi, jelaskan keuntungan dan kekurangan pemanfaatan energi alternatif, kelemahan sumber energi alternatif, kerugian energi alternatif angin