Keunggulan Dari Pemanfaatan Energi Pasang Surut

Energi pasang surut merupakan salah satu bentuk energi terbarukan yang dihasilkan oleh pasang surutnya gelombang air laut. Energi ini disebut juga sebagai Tidal Energy yang memiliki metoda sama persis dengan teknologi pembangkit listrik menggunakan tenaga air.

Seperti kita ketahui, air sendiri memiliki manfaat sebagai pemutar turbin sehingga dapat menghasilkan listrik untuk digunakan dalam kehidupan manusia. Tidal Energy ini termasuk salah satu energi alternatif yang pemanfaatannya masih belum banyak diaplikasikan sampai saat ini. Hal ini dikarenakan biaya awal pemanfaatannya membutuhkan biaya yang begitu besar.

Energi Pasang Surut Air Laut

energi-pasang-surut-air-laut

Seperti kita ketahui, semakin banyaknya penggunaan energi bahan bakar fosil saat ini membuat energi fosil sendiri semakin berkurang pasokannya. Krisis energi yang saat ini dialami oleh dunia dikarenakan semakin berkurangnya bahan bakar fosil di dunia. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil atau minyak bumi, maka salah satu alternatif yang bisa dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan energi pasang surut. Selain itu, dengan memanfaatkan Tidal Energy ini juga dapat meningkatkan efisiensi.

Tidal Energy juga sendiri sebenarnya sudah lama dimanfaatkan di benua Eropa. Tidal Energy sendiri dimanfaatkan berbentuk turbin kemudian diubah menjadi energi gerak atau energi mekanik. Sementara untuk pembangunan industri pembangkit listrik dengan energi pasang surut dalam skala besar sendiri di bangun pertama kali di Prancis. Seperti kita ketahui, air laut termasuk fluida yang memiliki massa jenis lebih besar, bahkan memiliki massa jenis sampai 800 kali lebih besar dari udara. Tak hanya itu saja, fenomena dari pasang surut ini juga bisa diprediksi sesuai dengan wilayah tertentu yang bisa memasok energi listrik dengan stabil secara berkesinambungan.

Dengan memanfaatkan energi pasang surut ini tentunya memiliki berbagai macam keunggulan. Tidal Energy ini termasuk sumber energi yang terbarukan karena pasang surut air laut ini akan terus terjadi dan tak akan habis hingga bermilyar-milyar tahun lamanya. Tidal energi ini juga termasuk energi yang begitu handal. Karena kita dapat memprediksi dengan mudah kapan terjadinya pasang air laut lalu kemudian terjadinya surut air laut. Hal ini berbeda halnya dengan mengetahui pola cuaca secara acak.

Keunggulan dari Tidal Energy lainnya adalah energi ini tak akan menghasilkan efek gas rumah kaca atau pemanasan global, seperti halnya pada limbah berbahaya dan bahan bakar fosil. Selain itu, hal ini juga kemungkinan terjadi pada salah satu energi terbarukan yakni energi nuklir. Bahkan bendungan kecil dan juga waduk yang dibangun untuk memanfaatkan energi ini bisa melindungi pelabuhan maupun kota terdekat akibat gelombang yang berbahaya ketika terjadi badai besar.

Listrik yang dihasilkan dari Tidal Energy ini juga termasuk energi terbarukan yang begitu efisien. Pasalnya, tingkat efisiensi dari pemanfaatan Tidal Energy ini bisa mencapai hingga 80%. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa Tidal Energy ini memiliki tingkat efisiensi sebanyak 3 kali lebih besar jika dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi dan batu bara.

Akan tetapi, yang menjadi hambatan dalam pemanfaatan Tidal Energy ini adalah dalam memanfaatkan Tidal Energy membutuhkan biaya yang begitu fantastis. Sehingga hal ini dirasa kurang efektif jika dibandingkan penggunaan bahan bakar fosil. Walaupun begitu, biaya pemeliharaan dari Tidal Energy ini tergolong cukup rendah. Selain itu, pembangkit listrik untuk energi pasang surut ini juga hanya dibangun sekali saja. Sehingga Tidal Energy ini tergolong lebih efektif dan efisien.


Loading...
Tags: energi pasang surut, manfaat energi pasang, keunggulan pengembangan energi listrik pasang surut air laut adalah, manfaat energi tidal, apa kelebihan dari energi tidal, Pasang surut air laut merupakan penghasil energi listrik yang disebut energi, apakah keunggulan energi tidal dibandingkan dgn energi angin dan matahari, energi tidal memanfaatkan energi yang dihasilkan oleh, energi tidal memanfaatkan energi dari, energi pasang surut disebut dgn, energi pasang surut air laut adalah energi terbarukan yang bersumber dari pasang surut air laut, apa kelebihan dari energi tidal?, energi alternatif banyak sekali memiliki manfaat salah satu manfaat salah satu nya adalah gelombang air laut salah satu manfaat dari gelombang air laut adalah, Apakah kelebihan dari energi tidal, apakah keunggulan energi tidal dibandingkan dengan energi angin dan matahari?