Kebutuhan Energi Tanpa Pemanfaatan Energi yang Optimal

Kebutuhan energi Indonesia yang semakin hari semakin meningkat memang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah. Setiap tahunnya jumlah penduduk Indonesia selalu bertambah, pertumbuhannya sangat pesat.

Sebagai negara yang berkembang, pertumbuhan yang pesat ini memberikan dampak kepada kehidupan manusia di dalamnya. Aspek yang sangat terpengaruh oleh pertumbuhan penduduk ini adalah penggunaan energi. Energi yang dibutuhkan semakin hari semakin meningkat, sedangkan ketersediaan energi tersebut terbatas. Oleh sebab itu, hal ini perlu perhatian khusus dari pemerintah.

Energi sendiri dibutuhkan manusia untuk menunjang berbagai kebutuhan dalam hidup. Baik dalam sektor industri, rumah tangga, transportasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Semakin tinggi jumlah penduduk dalam suatu negara maka jumlah kebutuhan energi juga akan semakin meningkat.

Kebutuhan Energi pada Manusia di Dunia

kebutuhan-energi-manusia

Energi tersebut dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di dalamnya, mencakup semua kalangan. Baik dari kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas, semuanya membutuhkan energi untuk kebutuhan sehari-hari. Bayangkan saja berapa banyak jumlah energi yang dibutuhkan untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat.

Konsumsi energi ini dapat meliputi berbagai jenis energi, mulai dari bensin, solar, minyak tanah, minyak diesel dan lain sebagainya. Energi-energi tersebut merupakan energi jenis BBM atau bahan bakar minyak. Selain BBM, batubara, LPG, gas, biomassa dan listrik juga merupakan energi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Dari beberapa jenis energi tersebut, kebutuhan energi yang paling tinggi adalah BBM. Sedangkan seperti yang Anda ketahui, ketersediaan BBM semakin hari semakin menipis. Untuk pemanfaatan energi yang diperoleh dari batubara, LPG, listrik dan gas ini masih belum maksimal.

Pada dasarnya penggunaan energi BBM memang dapat digantikan oleh sumber energi lainnya. Hanya saja, karena belum dimanfaatkan secara maksimal, sumber energi lain tersebut masih minim digunakan. Sedangkan penggunaan BBM sendiri, negara Indonesia telah melewati batas wajar.

Setiap tahunnya, Indonesia selalu mengimpor BBM dari luar negeri demi memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Hal tersebut menimbulkan beberapa konflik, mengingat harga BBM yang semakin hari juga semakin mahal. Kebutuhan energi BBM di Indonesia ini memang membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Pemerintah diharapkan dapat menemukan solusi terbaik agar kebutuhan masyarakat akan energi tetap terpenuhi tanpa menimbulkan dampak buruk.

Impor BBM yang semakin meningkat tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat yang juga meningkat. Melainkan juga lifting minyak yang ada di Indonesia yang sangat kurang, yang mengakibatkan pemerintah harus mengimpor BBM dari luar negeri. Lifting minyak adalah proses mengolah, memproduksi dan juga menggunakan minyak untuk kebutuhan dalam negeri.

Kebutuhan akan energi memang tidak dapat disepelekan begitu saja, ada banyak hal yang perlu diperhitungkan. Bahkan negara Indonesia sempat beberapa kali menaikkan harga BBM yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun saat ini, harga BBM masih terbilang stabil walau dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Penggunaan energi di Indonesia yang tidak terkendali ini membutuhkan campur tangan pemerintah. Belum lama ini pemerintah mengeluarkan kebijakan baru mengenai kebutuhan akan energi tersebut. Tujuan dari Kebijakan Energi Nasional atau KEN ini adalah untuk mengelola persediaan energi hingga tahun 2050.

Kebijakan tersebut mengacu pada ETB atau Energi Baru Terbarukan, baruan energi, gas bumi, pengelolaan batubara dan ketentuan pengurangan subsidi energi. Menurut beberapa pihak KEN dianggap kurang cerdas karena Indonesia belum mampu mengolah sumber energi secara maksimal. Banyak pihak menyayangkan kebutuhan energi di Indonesia yang semakin meningkat tidak didukung dengan pemanfaatan sumber energi yang dimiliki.


Loading...
Tags: Pengertian kebutuhan energi, kebutuhan energi tidak dipengaruhi oleh, mengapa penduduk dunia lebih suka menggunakannya untuk kebutuhan energi dari pada energi lain nya, pemanfaatan energi matahari yang belum optimal, penggunaan energi dari keperluan