Jenis Turbin Angin Lengkap Dengan Kekurangan dan Kelebihannya

Berdasarkan arah putarannya, turbin angin dibedakan menjadi dua jenis yaitu turbin angin poros horizontal dan turbin angin poros vertikal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan tentang jenis turbin angin lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

Macam-macam Turbin Angin dan Kekurangan serta Kelebihannya

  1. Turbin angin poros horizontal

Jenis turbin yang satu ini merupakan model umum yang sering dilihat pada turbin angin. Jika dilihat, desainnya mirip seperti kincir angin, memiliki blade dan berputar pada sumbu vertikal. Jenis turbin angin ini memiliki bilah baling-baling seperti di pesawat. Turbin angin jenis ini memiliki shaft rotor dan generator pada puncak tower dan harus diarahkan ke arah angin bertiup.

Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan dari jenis turbin angin poros horizontal. Berikut ulasannya.jenis-turbin-angin

Kekurangan turbin angin horizontal

  • Membutuhkan kontruksi tower yang besar untuk mendukung beban gear box, blade dan juga generator.
  • Membutuhkan sistem pengereman untuk mencegah turbin mengalami kerusakan pada turbinĀ  ketika ada angin kencang.
  • Membutuhkan pengawasan dan kontrol secara berkala untuk mengarahkan blade ke arah angin.

Kelebihan turbin angin horizontal

  • Towernya yang tinggi memungkinkan untuk mendapatkan angin dengan kekuatan yang lebih besar untuk mendapatkan energi.
  • Efisiensi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan blade selalu bergeral tegak lurus terhadap angin.
  1. Turbin angin poros verikal

Jenis turbin angin yang kedua adalah turbin angin poros vertikal. Turbin angin jenis ini memiliki bilah yang memanjang dari atas ke bawah. Turbin angin vertikal biasanya berdiri setinggi 100 meter dengan lebar 50 kaki. Dengan sumbu vertikal, generator dan komponen primer lainnya dapat ditempatkan dengan permukaan tanah, sehingga tentu saja ini dapat mempermudah maintanance lebih mudah. Jika dibandingkan dengan turbin angin poros horizontal, turbin angin ini memiliki kecepatan yang lambat, sehingga energi angin yang tersedia pun lebih rendah.

Lantas apa saja kekurangan dan kelebihannya? Simak ulasannya berikut ini.

Kekurangan turbin angin poros vertikal

  • Memiliki penurunan efisiensi. Jika dibandingkan dengan turbin angin poros horozontal, turbin angin poros vertikal memiliki penurunan efisiensi. Hal ini dikarenakan adanya hambatan tambahan yang mereka miliki sebagai pisau memutar ke angin.
  • Memiliki kecepatan angin yang rendah. Yang kedua adalah jenis turbin ini memiliki kecepatan angin yang rendah. Karena turbin angin poros vertikal memiliki rotor dekat dengan tanah.

Kelebihan turbin angin poros vertikal

  • Yang pertama adalah turbin angin tidak memerlukan perawatan yang ekstra. Sehingga tidak membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk merawatnya.
  • Yang kedua adalah turbin angin juga sangat mudah dirawat karena letaknya yang dekat dengan tanah.
  • Turbin angin ini memiliki kecepatan stratup angin rendah dibandingkan dengan turbin horizontal.

Nah itulah beberapa jenis turbin angin lengkap dengan kelemahan dan kelebihannya.

Baca juga pengertian energi angin beserta contoh pemanfaatannya.


Loading...
Tags: turbin angin, kincir angin vertikal, turbin angin vertikal, jelaskan keuntungan dari turbin angin bersumbu vertikal, model kincir angin, jenis kincir angin, skema generator angin vertikal, poto turbin angin hlrizontal dan vertical, macam macam turbin air kelemahan dan kelebihan, macam macam tipe kincir angin, macam macam kincir angin, Keuntungan tubin baling baling, keuntungan dari turbin angin bersumbu vertikal, jenis turbin angin, turbin angin vertikal savonius darrieus giromill