Jenis – Jenis Sumber Energi Alternatif

Mungkin telah banyak diantara Anda yang telah tahu apa itu energi alternatif. Tapi, apakah Anda tahu apa itu energi alternatif? Energi alternatif yaitu sebuah energi yang digunakan dan bertujuan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara kepada negara yang menjadi pemasok sumber energi utama.

Misalnya saja sumber energi minyak bumi yang sekarang ini masyarakat telah dapat beralih menggunakan gas elpiji. Selain memiliki tujuan untuk menggantikan penggunaan sumber energi utama, seperti halnya minyak yang merupakan bahan energi yang tidak terbarukan juga dengan penggunaan energi alternatif dapat mengurangi efek pencemaran lingkungan yang semakin memprihatinkan. Bagaimana? Apakah Anda telah tahu sumber energi alternatif yang ada saat ini?

Macam – Macam Sumber Energi Alternatifjenis-jenis-sumber-energi-alternatif

Energi alternatif dapat dimanfaatkan oleh banyak orang agar tidak bergantung pada energi yang ada dan yang digunakan saat ini. Ada beberapa jenis energi alternatif yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi utama. Jenis-jenis sumber energi alternatif yaitu energi nuklir, energi biomassa, energi alam, energi panas bumi, dan masih banyak energi alternatif lainnya yang dapat Anda manfaatkan.

Kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu untuk Anda. Energi-energi alternatif ini pastinya akan membatasi penggunaan energi utama dan sumber energi utama dapat dijaga keberadaannya dengan baik. Berikut merupakan beberapa penjelasan mengenai berbagai sumber energi tersebut.

Sumber energi alternatif yang pertama yaitu energi nuklir. Nuklir dapat dijadikan sebagai energi alternative yang memiliki potensi yang sangat besar. Proses dari nuklir ini disebut sebagai reaksi fisi. Pada pembangkit listrik tenaga nuklir ini panas yang dihasilkan digunakan untuk menguapkan air dan uap air yang dihasilkan tersebut dapat menggerakkan generator yang kemudian menghasilkan listrik.

Energi yang kedua yaitu energi biomassa. Energi ini biasanya digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Di Amerika Serikat, sekitar 0.5 listrik di sana tercatat dihasilkan dari energi biomassa. Biomassa ini terbuat dari tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu. Manfaat penggunaan energi biomassa dalam kehidupan sehari-hari antara lain sumber energi yang bersih karena tidak menghasilkan karbon dioksida, sehingga tidak dapat menyebkan pemanasan global dan menghasilkan sedikit asam sulfur. Selain itu, biomassa juga dapat digunakan sebagai pengganti gas LPG, menghasilkan energi listrik dan pemanas.

Contoh Sumber Energi Alternatif

Gas alam merupakan sumber dari energi alternatif yang lainnya. Sebelum digunakan, gas alam dikompresi terlebih dahulu hingga berwujud menjadi cair. Pembakaran gas ala mini memang masih menghasilkan gas rumah kaca yang berbahaya untuk lapisan ozon.

Tapi, jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti halnya bendi atau solar, emisi gas alam dianggap masih lebih bersih. Sumber energi lain yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif yaitu panas bumi. Panas bumi merupakan sumber energi alternatif yang ekonomis, dan dapat diandalkan serta ramah lingkungan. Saat ini energi panas bumi ini dapat digunakan sebagai energi alternatif sebagai pembangkit listrik.

Sumber energi alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan energi matahari. Tenaga matahari atau energi surya ini dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Dengan perkembangan teknologi memungkinkan sel surya semakin ringan, mudah diangkut dan juga lebih efisien. Tapi sayangnya, biaya pembuatan panel untuk pemanfaatan energi ini memerlukan biaya yang masih cukup mahal.

Energi alternatif lainnya yaitu energi angin. Energi angin biasanya dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin sebagai pembangkit listrik. Dari berbagai sumber menyatakan jika pasokan listrik di seluruh dunia 1.5% dihasilkan oleh tenaga angin. Ternyata angin juga dapat bermanfaat untuk membangkitkan listrik ya, selain dapat membuat kita merasa sejuk.

Energi air. Jenis energi alternatif selanjutnya adalah energi angin. Contoh penggunaan energi angin adalah penggunaan Pembangkit Listrik Tenanga Air (PLTA). Energi alternatif yang satu ini memanfaatkan aliran air yang akhirnya akan diubah menjadi energi listrik. Energi angin memiliki beberapa manfaat sepeti untuk penerangan, sumber energi listrik untuk industri dan peralatan rumah tangga. Meskipun memiliki manfaat, ada beberapa kelemahan Pembangkit Listrik Tenaga Air yaitu jika musim kemarau, persediaan air pastinya akan berkurang dan hal ini tentu saja dapat membuat melemahnya tegangan listrik yang dihasilkan.

Panas bumi. Untuk menghasilkan energi panas bumi, harus dilakukan menggali sumur dengan kedalaman tertentu. Meskipun merupakan sumber energi alternatif, akan tetapi energi panas bumi atau geothermal merupakan sumber daya tak terbarukan atau tidak bisa diperbarui. Meskipun demikian, energi panas bumi masih bisa digunakan untuk beberapa juta tahun yang akan datang. Di negara yang memiliki cuaca dingin, energi alternatif ini digunakan untuk memanaskan ruangan saat musim dingin tiba, dan mendinginkan ruangan saat musim panas.

Sel bahan bakar. Sel bahan bakar merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi alternatif. Alat yang satu ini dapat mengubah reaksi kimia menjadi energi panas. Sel bahan bakar juga dapat menghasilkan energi yang bersih dan ramah lingkungan. Teknologi dari sel bahan bakar dapat diperbarui jika bahan bakar yang digunakan dapat diperbaharui. Akan tetapi jika bahan bakar yang digunakan merupakan bahan bakar fosil, maka sel bahan bakar menghasilkan energi yang tak bisa diperbaharui.

Sebenarnya masih banyak lagi energi alternatif yang dapat dimanfaatkan. Beberapa sumber energi alternatif yang lainnya yaitu energi gelombang laut dan energi pasang surut. Kedua energi ini dapat dijadikan sebagai sumber energi dari tenaga listrik. Jadi, untuk membatasi warna negara ketergantungan akan satu energi sebaiknya setiap negara melakukan berbagai perubahan untuk menggunakan energi alternatif lainnya. Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga banyak memberikan banyak informasi dan juga pengetahuan Anda mengenai energi alternatif.

Loading...

Tags: sumber energi alternatif, macam macam energi alternatif, jenis energi alternatif, macam-macam energi alternatif, jenis jenis energi alternatif, Sumber energi alternatif yang memerlukan biaya paling mahal adalah, sumber daya alternatif, macam energi alternatif, macam-macam sumber energi alternatif, jenis energi alternatif sumber energi alternatif pemanfaatan energi alternatif, sumber energi alternatif yang memerlukan biaya paling mahal, macam macam sumber energi alternatif, jenis sumber energi alternatif, energi alternatip, sumber alternatif