Jenis-Jenis Perpindahan Energi Yang Perlu Kita Ketahui

Perpindahan energi atau perubahan bentuk energi merupakan salah satu fenomena yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kita ketahui, bahwa energi sebenarnya tak bisa diciptakan serta tak dapat dimusnahkan.

Energi memiliki sifat yang kekal, dan bisa diubah ke dalam bentuk energi yang lainnya. Selain itu, biasanya manfaat dari energi itu sendiri bisa terlihat ketika mengalami perubahan bentuk ke dalam bentuk energi lainnya. Perubahan bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya sendiri memang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Energi sendiri memiliki berbagai macam bentuk, saat kita berjalan ataupun berlari maka kita memiliki energi gerak atau kinetik. Sementara saat kita mengkonsumsi makanan, lalu makanan tersebut di proses dalam tubuh dan energi yang berperan adalah energi kimia.

Pengertian Perpindahan Energi

perpindahan-energi-kehidupan

Setelah dikonsumsi maka makanan tersebut akan dikonversi menjadi energi gerak sehingga membuat kita bisa beraktivitas. Dalam kasus makanan inilah, terjadi perpindahan energi dari energi kimia menjadi energi kinetik.

Contoh lainnya adalah ketika sebuah benda atau buah yang jatuh dari pohon. Saat buah berada di pohon, maka buah itu menyimpan energi potensial di dalamnya dengan ketinggian tertentu. Sedangkan saat jatuh maka benda tersebut mempunyai energi kinetik dan mengalami pengurangan energi potensial.

Dalam kasus buah yang jatuh tersebut terjadi perpindahan energi dari energi potensial menjadi energi kinetik. Dimana kedua bentuk energi ini termasuk ke dalam energi mekanik. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa energi potensial merupakan energi yang tersimpan pada sebuah benda karena kedudukannya atau posisinya. Sedangkan energi kinetik sendiri merupakan energi yang terdapat pada sebuah benda yang bergerak. Selain 2 contoh di atas, masih ada banyak contoh perubahan bentuk energi lainnya yang bisa kita jumpai.

Ketika kita menyalakan pendingin ruangan atau AC, maka terjadi perpindahan energi dari energi listrik menjadi energi panas. Hal ini dikarenakan saat kita menyalakan AC maka tersambung oleh energi listrik sedangkan ketika AC menyala di situlah terjadi perpindahan kalor atau panas yang berupa energi panas. Selain contoh ini, perpindahan dari energi listrik menjadi energi panas lainnya adalah ketika kita menyalakan setrika, menyalakan dispenser, microwave, rice cooker/magic com, dan masih banyak lagi contoh kasus yang lainnya.

Contoh lainnya, ketika manusia mendorong sebuah mobil, saat gaya otot di bagian lengan menjalankan sebuah usaha untuk mendorong mobil sehingga terjadilah perubahan energi. Adapun perubahan energi yang terjadi pada kasus ini adalah dari energi kimia berubah menjadi sebuah energi gerak.

Saat kita memanah dengan anak panah, maka dalam tali busur akan tersimpan energi potensial. Setelah itu, pemanah pun digerakkan menuju sasaran yang menggunakan energi gerak atau kinetik. Energi gerak ini dimanfaatkan untuk membantu anak panah menuju sasaran saat dilepaskan. Pada mesin mobil misalnya, maka tersimpan energi kimia pada bahan bakar kemudian sebagian berubah bentuk menjadi energi kinetik pada mobil serta sebagian lainnya menjadi energi panas.

Baterai dan aki yang mengandung energi kimia kemudian dijadikan sebagai energi listrik pada kabel. Setelah itu diubah lagi ke dalam energi cahaya dan panas pada bola lampu. Ban mobil yang digerakkan memiliki energi kinetik kemudian menimbulkan panas di jalan sehingga menjadi energi kalor atau panas. Selain itu, pada ayunan sendiri terjadi perpindahan energi ketika ayunan digerakkan akan mengubah bentuk energi kinetik ke dalam energi potensial ketika ayunan terhenti.


Loading...
Tags: perpindahan energi, pengertian perpindahan energi, perpindahan energi adalah, energi manusia yg di gunakan untuk mendorong mobil, perplndahan energi, perpindahan eneri, Perpindahan energi Perpindahan energi, mesin mesin pendingin adalah termasuk jenis perpindahan energi, macam-macam perpindahan energi, kalian dapat beraktivitas karena kalian mempunyai energi dari makanan yang diubah menjadi energi energi ini berupa energi, jenis jenis perpindahan, jelaskan perpindahan energi yg ada dalam tubuh manusia, jelaskan perpindahan energi di alam semesta, energi perpindaham, sumbér bentuk perpindahan energí