Jenis Energi Gerak atau Energi Kinetik di Alam Semesta

Energi gerak atau energi kinetik mungkin sudah Anda kenal ketika masih duduk di bangku sekolah. Salah satu jenis energi ini ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Energi kinetik ini mencakup semua yang ada di alam semesta.

Planet, matahari, berbagai benda langit mengeluarkan energi ini setiap harinya. Energi kinetik sendiri dilakukan oleh semua benda yang ada di alam semesta. Bahkan energi panas itu ada karena adanya energi kinetik. Panas terbentuk ketika ada pergerakan dari molekul atau atom. Jadi bisa dikatakan energi apapun terjadi karena adanya energi kinetik ini. Energi ini menjadi salah satu bagian dari energi terbesar yang ada di alam semesta.

Energi Gerak Atau Energi Kinetik

energi-gerak-kinetik

Energi kinetik atau energi gerak bisa diartikan sebagai energi yang mempunyai masa dan kecepatan. Seperti yang sudah dibahas, energi ini mempunyai peran penting dalam kehidupan alam semesta. Suatu benda yang mempunyai bobot atau masa pada gravitasi tentu membutuhkan energi kinetik dalam melakukan pekerjaannya dari keadaan diam menjadi bergerak degan kecepatan tertentu.

Misalnya saja baling-baling atau kipas angin, dan semua benda yang bisa bergerak tentu semuanya ini mempunyai manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Jika diperhatikan semua benda yang bermanfaat bagi kehidupan pasti memiliki energi kinetik.

Energi gerak yang terjadi pada suatu benda yang ada di bumi ini dipengaruhi oleh dua hal yaitu gravitasi bumi dan ukuran serta bentuk benda. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi kecepatan benda dalam bergerak. Misalnya dua benda dengan ukuran yang beda dan diberi tenaga atau energi yang sama, maka kecepatan dari kedua benda ini tentu saja berbeda karena mempunyai berat atau ukuran yang berbeda.

Selain tenaga yang diberikan pada benda, luas permukaan bidang benda juga sangat mempengaruhi kecepatan benda. Semakin luas permukaan bidang benda yang menyentuh bidang gesek maka kecepatannya akan semakin lambat.

Berbagai Jenis Energi Gerak

Konsep dasar dari energi gerak atau energi kinetik ini adalah transfer energi yang bekerja dari bentuk satu ke bentuk yang lainnya. Misalnya saja ketika benda diam kemudian bergerak maka terjadi perubahan dari energi potensial menjadi gerak.

Kemudian jika energi kinetik diubah lagi maka akan menjadi energi bentuk lainnya seperti energi elastis, gravitasi, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari pergerakan benda, energi kinetik ini dibagi menjadi dua yaitu rotasi dan translasi. Energi kinetik rotasi yaitu energi yang ada dalam sebuah benda atau obyek yang berputar. Sedangkan energi kinetik translasi adalah energi yang ada dalam benda yang bergerak lurus.

Di dunia ini bahkan di alam semesta hampir semua benda menggunakan konsep dari energi kinetik ini. Ada banyak contoh benda baik benda yang ada di bumi maupun alam semesta ini yang menggunakan energi kinetik atau gerak. Contoh sederhana benda yang menggunakan konsep energi kinetik adalah kapal layar.

Kapal layar ini menggunakan angin untuk meniup layar yang ada sehingga bisa bergerak. Selain kapal layar, ada juga kincir angin yang memanfaatkan energi kinetik untuk menghasilkan tenaga listrik yang cukup besar. Gerak dari gelombang air dan juga kincir memberikan tenaga listrik yang cukup besar dan cukup untuk digunakan.

Selain benda-benda yang sudah disebutkan, di alam semesta ini juga hampir semua menggunakan energi kinetik. Misalnya saja planet yang bergerak memutari matahari, planet-planet ini menggunakan energi kinetik untuk mengelilingi matahari. Tanpa adanya energi kinetik planet dan benda yang ada di alam semesta ini tidak bisa bergerak sebagaimana mestinya. Sangat banyak memang contoh penggunaan energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari ataupun alam semesta. Hal sederhana seperti mendorong saja sudah dikatakan menggunakan energi gerak.


Loading...
Tags: sebutkan 3 sumber energi gerak, sebutkan energi gerak, energi gerak alam, energi gerak/kinetik menjadi energi panas dalam bentuk gesekan, jenis jenis energi kinetik