Hukum Kekekalan Energi: Prinsip Fisika

Bagi Anda yang sedang belajar fisika, mungkin pernah mempelajari jika energi itu bersifat kekal. Iya bukan? Dan kali ini kita akan membahas mengenai hukumnya. Hukum kekekalan energi merupakan prinsip fisika yang menyatakan bahwa sebuah energi tidak dapat dibuat atau diciptakan tapi dapat diubah dalam bentuk energi-energi yang lainnya.

Energi tidak dapat diubah bentuk. Misalnya dari bentuk energi cahaya atau panas, tapi dapat di jumlah keseluruhan energi adalah kekal dan tetap. Jadi, sekarang ini pastinya Anda telah mengetahui jika energi itu bersifat kekal dan tidak dapat dibuat atau diciptakan tapi hanya dapat diubah menjadi energi lain. Jika Anda belajar fisika nantinya pasti mengerti akan hal ini.

Kekekalan Energi dan Contohnyakekekalan-energi-dan-contohnya

 

Dalam ilmunya yaitu fisika, hukum kekekalan energi ini adalah sebuah hukum yang menyatakan jika energi adalah kekal dan dikonversi dalam sebuah sistem. Seperti halnya yang kita telah pelajari sejak masih sekolah di Sekolah Dasar jika energi dapat dikonversi menjadi bentuk lain energi. Misalnya energi potensial yang dapat diubah menjadi energi kinetik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya telah memanfaatkan banyak sekali energi yang membantu kita dalam kegiatan sehari-hari. Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadarinya.

Mungkin Anda belum paham dengan penjelasan mengenai hukum kekekalan energi yang kami jelaskan tadi. Baiklah, kami akan memberikan sedikit contoh untuk Anda. Seperti yang kita ketahui jika energi tidak dapat dimusnahkan dan hanya dapat diubah ke bentuk yang lainnya. Jadi, energi yang terlibat dalam suatu proses kimia dan fisika merupakan hanya perubahan dan perpindahan dari bentuk energi yang satu ke energi yang lainnya. Contohnya yaitu bentuk energi radiasi yang diubah menjadi energi panas, dan energi kimia yang diubah menjadi energi listrik.

Teori Hukum Kekekalan Energi

Energi dalam alam semesta bersifat tetap sehingga menjadikannya disebut sebagai kekekalan energi. Semua energi yang ada tidak dapat dimusnahkan dan hanya dapat diubah menjadi bentuk energi lainnya. Energi dibagi menjadi beberapa bentuk, yaitu bentuk energi kinetik, energi potensial, dan bentuk energi lainnya. Setiap energi yang ada tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk membantunya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai hal dalam kesehariannya berkat energi yang dapat dimanfaatkannya.

Berbicara mengenai energi, tentu kita hidup juga berkat adanya energi. Mungkin kita akan membahasnya sedikit untuk Anda mengenai energi. Energi sendiri dibagi menjadi energi kinetic dan potensial. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai energi kinetic dan energi potensia.

Energi kinetic yaitu energi yang dimiliki suatu benda tertentu saat bergerak. Energi ini memiliki beberapa jenis yaitu energi kinetic vibrasi, dan energi kinetic rotasi. Secara matematis, energi kinetik dihitung sebagai ½  dari massa suatu benda dikalikan dengan kecepatan tubuh kuadart, sehingga KE = ½ mv^2. Lalu bagaimana energi ditranfer? Seperti yang kita ketahui salah satu konsep yang mendasari energi kinetik adalah bagimana memahami transfer energi bekerja dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Contohnya yaitu ketika massa atau benda diam (tidak bergerak), maka benda tersebut dianggap memiliki energi potensial. Akan tetapi ketika kekuatan diterapkan pada benda tersebut, maka energi potensial berubah menjadi energi kinetik. Setelah ditranfer, energi kinetik suatu benda dapat diubag menjadi bentuk lain, seperti gravitasi ataupun energi elastis.

Contoh  energi kinetik yang lainnya adalah, sebuah planet yang berputar mengelilingi matahari, sebuah kendaraan yang bergerak, anak yang mengetik di komputer, seorang bayi yang merangkak, seorang yang berjalan atau berlari dan masih banyak lagi.

Sedangkan energi potensial itu merupakan energi yang disimpan sementara dalam sebuah benda saat diam pada medan gaya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah  perumpamaan untuk energi kinetik. Bagaimana jika bola disimpan di atas mobil yang sedang diangkut oleh mobil derek?Jika bola tetap diam apakah ada energi kinetik di dalamnya? Jawabannya adalah iya. Hal ini dikarenakan energi potensial merupakan energi yang disimpan sementara di dalam sebuah benda dalam keadaan diam.

Intinya bentuk energi yang ada dapat Anda rubah menjadi bentuk energi yang lainnya tapi tidak dapat dimusnahkan. Banyak sekali hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat dan mengubah energi yang ada menjadi energi yang lainnya sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Ingatlah dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan jika energi tidak dapat dimusnahkan tapi hanya dapat diubah menjadi energi lainnya. Misalnya saja Anda dapat memanfaatkan energi panas matahari untuk menyalakan sebuah lampu atau listrik. Itulah pemanfaatan energi yang dapat Anda lakukan atau pengubahan energi yang dapat Anda lakukan. Apakah Anda dapat menghilangkan energi panas matahari? Tentu jawabannya adalah tidak bukan? Nah, itulah mengapa energi disebut kekal.

Loading...

Tags: hukum kekekalan energi, kekekalan energi, contoh hukum kekekalan energi dalam kehidupan sehari-hari, dasar teori hukum kekekalan energi, hukum kekekalan, hukum energi, contoh hukum kekekalan energi, pengertian hukum kekekalan energi, jelaskan hukum kekekalan energi, teori kekekalan energi, hukum kekelan energi, sebutkan hukum kekekalan energi, hukum kekekalan energy, sifat kekekalan energi, hukum kekalan energi