Gerakan Konservasi Energi Dengan Langkah Sederhana

Pernahkah kita membayangkan bahwa ketika sumber energi yang ada di muka bumi ini telah mencapai ambang batasnya. Pernahkah kita membayangkan bahwa kita tidak bisa lagi menggunakan berbagai macam teknologi karena keterbatasan dari energi. Pernahkah kita membayangkan harus kedinginan tanpa adanya pemanas ruangan karena energi yang telah mulai menipis.

Tentu saja bayangan-bayangan tersebut akan membuat kita berpikir berulang kali untuk memboroskan energi yang kita gunakan. Penghematan energi ini juga bisa disebut sebagai konservasi energi yaitu berupa penghematan atau pengurangan penggunaan energi yang memiliki berbagai tujuan.

Pengertian Konservasi Energi

konservasi-energi-kehidupan

Perkembangan zaman yang diiringi dengan pertambahan jumlah populasi dunia membuat penggunaan energi juga semakin bertambah. Terlebih dengan adanya revolusi industri yang memicu pertumbuhan industri di segala sektor membuat penggunaan energi juga semakin bertambah.

Sedangkan energi yang diperoleh sifatnya terbatas dan tidak bisa diciptakan sesuai dengan hukum energi. Oleh karena itu diperlukan konservasi energi yang memiliki tujuan untuk melakukan penghematan energi yang, akan berdampak pada kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Energi yang kita peroleh setiap harinya untuk beraktifitas atau untuk berproduksi bagi perusahaan, bersumber pada energi yang berasal dari alam. Seperti minyak bumi, batu bara, listrik dan sumber energi alam lainnya. Kita ketahui dengan pasti, bahwa sumber daya alam tersebut memiliki jumlah yang terbatas, dan apabila jumlah sumber energi tersebut mencapai limitnya maka kita akan mengalami krisis energi yang nantinya akan berpengaruh terhadap perekonomian.

Konservasi dan Penghematan Energi

Seperti hukum ekonomi ketika permintaan banyak sedangkan barang yang dibutuhkan sedikit, maka harga tersebut akan menjadi mahal. Begitu juga dengan energi yang memiliki jumlah sedikit namun permintaan yang semakin banyak akan berimbas pada harga sumber energi.

Seperti kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan BBM yang akan berpengaruh terhadap perekonomian. Konservasi energi memiliki tujuan mulia untuk mulai melakukan gerakan penghematan energi untuk mencegah terjadinya krisis energi yang akan memiliki dampak pada semua sektor.

Dengan melakukan gerakan penghematan energi ini, maka secara tidak langsung akan mulai menghemat biaya untuk energi serta dapat mengurangi ketergantungan kita akan sumber daya alam yang memiliki jumlah terbatas. Dan tentu saja dengan melakukan gerakan penghematan energi kita akan belajar untuk mencintai alam karena telah melakukan gerakan ramah lingkungan.

Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melakukan gerakan penghematan energi. Selain menggunakan energi dengan cara yang tepat dan bijak, kita juga bisa memulai menggunakan produk-produk yang telah berinovasi menjadi produk hemat energi. Kemajuan teknologi pada saat ini telah menciptakan berbagai produk hemat energi yang pastinya lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan lampu LED yang konon lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar. Selain menggunakan produk hemat energi, gerakan konservasi energi bisa dilakukan dengan cara mengurangi pemakaian bahan bakar kendaraan.

Kita telah tahu bahwa asap kendaraan bermotor mengeluarkan polusi yang mampu mencemari lingkungan. Dengan beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan dengan sumber energi lain seperti listrik, atau bisa menggunakan sepeda ketika beraktifitas di luar rumah telah membantu bumi dan menyelamatkan kita dari kekurangan energi. Selain itu, bumi menjadi lebih sehat karena berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor juga akan mengurangi polusi di udara yang membuat lingkungan tercemar.

Dengan melakukan gerakan konservasi energi dengan cara yang sederhana, kita dapat menyelamatkan bumi dari krisis energi yang nantinya akan berdampak pada kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Serta kita dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan akibat penggunaan energi yang berlebihan.


Loading...
Tags: Berikut yang bukan alasan dilakukan konservasi energi adalah, langkah langkah konservasi energi, langkah penghematan dan konservasi energi, langkah2 penghematsn/konservasi energi