Fraksi Minyak Bumi serta Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Dalam pengolahan minyak bumi akan dihasilkan beberapa fraksi minyak bumi yang dapat dimanfaatkan lebih jauh lagi. Beberapa fraksi tersebut diantaranya adalah bensin, lilin, gas, kerosin, nafta, minyak bakar, minyak pelumas, bitumen, minyak diesel dan solar. Apa saja kegunaan dari fraksi-fraksi minyak bumi tersebut?

Inilah Manfaat Fraksi Minyak Bumi Bagi Kehidupan Manusia

Berikut adalah daftar kegunaan dari fraksi-fraksi yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak bumi:

  1. Gas Bumi

Gas merupakan campuran dari senyawa hidrokarbon dengan atom C1 – C4 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi dibawah suhu 20 derajat celcius. Kegunaan dari gas yaitu sebagai bahan bakar yang dikenal dengan LNG dan LPG, selain itu gas juga dimanfaatkan sebagai sumber hidrogen dan bahan baku sintetis senyawa organik.fraksi-minyak-bumi

  1. Bensin

Fraksi minyak bumi yang sangat populer adalah bensin, Bensin atau gasoline merupakan campuran dari senyawa hidrokarbon dengan atom C5 – C10 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diantara suhu 40 hingga 180 derajat celcius. Fraksi ini dimanfaatkan sebagai bahan bakar motor, mobil, dan kendaraan bermotor lainnya.

  1. Nafta

Nafta atau ligrolin merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan atom C6 – C10 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diantara suhu 70 hingga 180 derajat celcius. Fraksi ini dimanfaatkan sebagai sintetis senyawa oragnik seperti cat, plastik, kosmetik, karet sintetis, detergen, obat, dan bahan pakaian.

  1. Kerosin

Kerosin merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan atom C11 – C14 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diantara suhu 180 hingga 250 derajat celcius. Inilah salah satu komponen minyak mentah yang banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Kerosin ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar pesawat, bahan bakar kompor, dan insektisida.

  1. Minyak solar dan diesel

Minyak solar dan diesel merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan atom C15 – C17 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diantara suhu 250 hingga 300 derajat celcius. Fraksi ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar industry dan mesin diesel.

  1. Minyak pelumas

Minyak pelumas merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan atom C18 – C20 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diantara suhu 300 hingga 350 derajat celcius. Minyak pelumas ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pelumas pada mesin untuk melindungi komponen logam dari gesekan.

  1. Lilin

Lilin merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan atom berjumlah lebih dari 20 yang dihasilkan dari proses pemanasan dalam pengolahan minyak bumi diatas suhu 350 derajat celcius. Fraksi ini banyak dimanfaatkan sebagai korek api, lilin, lilin batik, semir sepatu, dan kertas pembungkus yang memiliki lapisan lilin sehingga tidak lengket pada makanan.

  1. Minyak bakar

Minyak bakar merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan jumlah atom lebih dari 20 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diatas suhu 350 derajat celcius. Minyak bakar ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar kapal, industry pemanas, dan pembangkit listrik.

  1. Bitumen

Bitumen adalah salah satu hasil proses destilasi minyak bumi yang merupakan campuran senyawa hidrokarbon dengan jumlah atom lebih dari 40 yang dihasilkan dari proses pemanasan minyak bumi diatas suhu 350 derajat celcius. Fraksi ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan aspal, isolasi listrik, dan bahan pengedap suara di lantai.

Demikian informasi seputar beberapa fraksi minyak bumi beserta kegunaannya dalam kehidupan manusia, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan lebih seputar fraksi-fraksi yang dihasilkan dari proses pengolahan dan pemanasan minyak bumi.

Deskripsi: Dalam proses pengolahan minyak bumi akan dihasilkan beberapa fraksi munyak bumi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Apa sajakah itu dan apa saja manfaatnya?


Loading...
Tags: fraksi minyak bumi, fraksi fraksi minyak bumi, fraksi minyak bumi dan kegunaannya, sebutkan fraksi fraksi minyak bumi dan kegunaannya, Fraksi-fraksi minyak bumi, sebutkan fraksi fraksi minyak bumi, fraksi fraksi minyak bumi dan kegunaannya, fraksi minyak, fraksi fraksi hasil penyulingan minyak bumi, fraksi hasil penyulingan minyak bumi, Fraksi minyak bumi adalah, fraksi minyak bumi dan kegunaanya, fraksi, fraksi fraksi minyak bumi dan manfaatnya, macam macam fraksi minyak bumi