Energi yang Dapat Diperbaharui Contoh Manfaatnya

Di bumi kita tercinta ini ada dua macam energi yaitu energi yang dapat diperbaharui dan energi yang tidak dapat diperbaharui. Energi yang tidak dapat diperbaharui adalah energi yan stoknya terbatas dan akan habis lama kelamaan. Karena pasokanya yang sangat terbatas inilah maka sebagian besar sumber daya yang tidak dapat diperbaharui mempunyai harga yang sangat mahal.

Nah, untuk sumber daya alam terbarukan, energi yang satu ini memiliki jumlah yang sangat berlimpah bahkan jumlahnya sangat tidak terbatas. Karena jumlahnya yang tidak terbatas inilah maka energi yang satu ini memiliki gratis dan siapapun bisa menikmatinya. Berikut adalah contoh mengenai energi yang bisa diperbaharui.

Energi yang Dapat Diperbaharui dan Contohnya

energi-yang-dapat-diperbaharui

Salah satu contoh dari energi yang dapat diperbaharui adalah energi gelombang dan air laut. Hal ini dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik tenaga gelombang air laut. Memang di Indonesia sangat jarang kita temui ada pembangkit listrik dengan menggunakan gelombang air laut.

Di Eropa pembangkit energi dari gelombang telah diperkenalkan menggunakan floating pelamis wave energy converter Alat ini adalah perangkat yang mengambang di laut dan menghasilkan energi listrik melalui gerakan meliuk liuk atau dengan gerakan mekanis dari gelombang dan lembah. Pangaplikasian dari energi gelombang laut memang masih jarang kita temui karena selain sulit untuk memprediksi gelombang, biaya instalasinya pun juga sangat mahal.

Contoh lain dari energi yang dapat diperbaharui adalah energi matahari. Nah, energi matahari memang sudah lama digunakan sejak zaman purbakala. Energi matahari digunakan untuk menjemur pakaian yang kering dan menjemur makanan. Nah, di zaman yang serba modern ini, matahari bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga matahari.

Memang kita telah banyak melihat bila pembangkit listrik tenaga matahari lebih efektif daripada yang menggunakan gelombang air laut maupun air terjun, namun hal ini juga tergantung di setiap masing masing daerah. Jika kita hidup di daerah yang mempunyai iklikm dingin dan jarang ada matahari, maka akan sia sia juga jika kita menerapkan pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga surya.

Salah satu contoh energi yang dapat diperbaharui yang banyak digunakan manusia adalah energi angin. Angin dimanfaatkan untuk menggerakan kincir angin yang nantinya akan menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga angin sudah banyak diperkenalkan di berbagai Negara di Eropa karena angin di daerah Eropa sangat stabil dan juga bagus.

Indonesia bisa saja menerapkan pembangkit listrik dengan menggunakan energi angin, namun lagi lagi kendala biaya instalasi yang mahal membuat Indonesia tidak mampu untuk membangun pembangkit listrik yang menggunakan kincir sebagai penggerak turbin. Selain itu, alat yang digunakan sebagai turbin dan juga baling baling sangat jarang diproduksi di Indonesia.

Di dalam bumi kita ini, ada beberapa macam energi yang jumlahnya tidak terbatas dan kita bisa menggunakanya secara gratis tanpa membayar apapun. Sebut saja angin, air, dan panas matahari yang mana kita bisa memanfaatkanya secara bebas dan tidak terbatas.

Namun, untuk dimanfaatkan lebih jauh, rasanya sangat sulit karena kendala biaya yang sangat mahal tersebut. Namun, kita semua bisa berupaya untuk lebih memanfaatkan sumber daya alam ini karena sumber daya alam yang bisa diperbaharui ini termasuk dalam kategori enegi alternatif. Itulah penjelasan singkat mengenai energi yang dapat diperbaharui.


Loading...
Tags: energi yang dapat diperbaharui, sumber energi yang dapat diperbaharui, energi yang dapat diperbarui, sumber energi yang dapat diperbarui, energi yg dapat diperbaharui, contoh energi yang dapat diperbaharui, contoh sumber energi yang dapat diperbaharui, sumber energi yg dapat diperbaharui, energi yang dapat di perbaharui, energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, energi yang tidak dapat diperbaharui, energi yang dapat di perbarui, sumber energi yg dapat diperbarui, sumber energi yang dapat diperbarui adalah, sumber energi yang dapat di perbarui