Energi Potensial Gravitasi dan Contoh Manfaatnya

Jika kita ingin mengetahui informasi mengenai energi potensial gravitasi, maka kita datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini ada penjelasan singkat beserta contohnya yang akan disajikan di paragraf di bawah ini. Sebelum kita memulai, mari kita buka dengan pengertian dari energi potensial itu sendiri.

Energi potensial adalah energi yang mempengaruhi benda karena posisi ketunggian benda tersebut yang mana kecenderungan tersebut menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut. Satuan SI untuk mengukur usaha dan juga energi dilambangkan ke satuan Joule dengan symbol J. Sebagai informasi, energi potensial ditemukan pertama kali oleh seorang teknik dan fisikawan berkebangsaan Skotlandia William Rankine.

Energi Potensial Gravitasi dan Contoh Manfaatnya

energi-potensial-gravitasi

Energi potensial gravitasi memiliki sifat sebagai jumlah energi yang hadir dalam suatu objek yang ditempatkan di medan gravitasi. Memang hal ini agak sedikit berbeda dari energi potensial pada umumnya. Jika energi potensial memiliki ketekaitan dengan tinggi dan juga berat benda, namun energi potensial gravitasi memiliki suatu gravitasi yang nantinya akan menciptakan gaya atau usaha.

Energi potensial gravitasi akan berubah seiring dengan posisinya di hadapan gravitasi. Factor yang mempengaruhi energi potensial semacam ini adalah ketinggian suatu benda tersebut yang akan dijatuhkan dari ketinggian tertentu, berat benda yang dimiliki, dan juga kecepatan benda ketika benda dijatuhkan dari tempat yang tinggi yang menimbulkan gaya dan usaha yang berbeda.

Contoh singkat dan simple mengenai energi potensial gravitasi adalah ketika batu dijatuhkan dari gedung lantai 5, maka batu akan jatuh dan jika mendarat di tanah, tanah akan berlubang dan batu kan meninggalkan bekas yang lumayan dalam. Hal ini tentunya juga tergantung dari massa batu yang dijatuhkan.

Semakin berat batu yang dijatuhkan, maka bekas lubang akan semakin dalam. Seperti contoh asteroid yang jatuh ke bumi. Asteroid yang pernah jatuh ke bumi meninggalkan lubang yang begitu besar karena massanya sangat berat dan mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa cepatnya sehingga batu asteroid tersebut akan jatuh ke tanah dan akan menimbulkan lubang yang sangat besar.

Penjelasan Mengenai Energi Potensial Gravitasi

Kali ini kita akan membahas mengenai besarnya energi potensial gravitasi sebuah benda di dekat permukaan bumi. Misalnya saja kita akan mengangkat sebuah batu yang memiliki massa m. Gaya angkat yang Anda berikan pada batu tersebut paling tidak sama dengan gaya berat yang bekerja pada batu tersebut yaitu m x g (massa yang dikalikan percepatan gravitasi).

Untuk mengangkat batu tersebut dari permukaan tanah hingga mencapai ketinggian h, maka kita harus melakukan usaha yang besarnya sama dengan hasil kali gaya berat batu (W = m g) dengan ketinggian h.

Persamaan I

W = FA . s

W = m x (-g) (s)

W = – m g (h2-h1)

Tanda negatif menunjukkan bahwa arah percepatan gravitasi menuju ke bawah. Sehingga, energi potensial gravitasi sebuah benda merupakan hasil kali gaya berat benda (m x g) dan ketinggiannya (h). H = (h2 – h1).

Persamaan 2

EP = m g h

Jika dilihat dari persamaan energi potensial di atas, menunjukkan bahwa semakin tinggi (h) benda di atas permukaan tanah, maka semakin besar pula energi potensial yang dimiliki benda tersebut. Yang perlu diingat adalah Energi potensial gravitasi bergantung pada jarak vertikal atau keinggian benda di atas titik acuan tertentu.

Biasanya tanah merupakan titik acuan jika benda tersebut mulai dari bergeral dari permukaan tanah atau gerakan benda menuju permukaan tanah.

Energi Potensial Gravitasi di Kehidupan Sehari Hari

Kita juga bisa menyimpulkan bahwa energi potensial gravitasi tergantung ketinggian dan juga usaha yang dihasilkan suatu objek tersebut. Misalkan saja kita membandingkan dua benda yang akan kita jatuhkan. Benda yang satunya berupa monitor tabung yang memiliki berat hingga 10 KG dan benda yang satunya lagi akan batu padat yang mempunyai ukuran besar dan beratnya mencapai 15 KG.

Kita bisa menjatuhkan kedua benda ini dan kita akan melihat hasilkan manakah benda yang akan meninggalkan bekas lubang di tanah. Kedua benda ini memang mampu meninggalkan bekas lubang ditanah, namun batu yang memiliki massa yang lebih besar tentunya akan meninggalkan lubang yang lebih dalam, meskipun monitor memiliki ukuran yang lebih besar.

Anak panah yang diluncurkan ke sasaran tembak juga merupakan energi potensial. Hal ini juga termasuk dalam energi potensial gravitasi, meskipun kasusnya tidak jatuhkan seperti yang ada di dalam paragraph 3 dan 4. Meluncurnya anak panah ke sasaran tembak mempunyai beberapa pengaruh yaitu gravitasi, berat anak panah yang meluncur, sudut yang diciptakan oleh sang penembak dan tentu saja angin. Angin sangat berpengaruh besar disini selain menimbulkan energi potensial gravitasi.


Loading...
Tags: energi potensial gravitasi, contoh energi potensial gravitasi, potensial gravitasi, rumus energi potensial gravitasi, rumus potensial gravitasi, pengertian energi potensial gravitasi, energi potensial gravitasi adalah, Energi potensial grafitasi, benda yang memiliki energi potensial gravitasi adalah, energi potensial gravitasi dan potensial gravitasi, contoh energi potensial gravitasi bumi, energi gravitasi, pengertian potensial gravitasi, persamaan energi potensial gravitasi, Materi energi potensial gravitasi