Energi Potensial dan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh sebuah benda yang belum digunakan. Sehingga bisa dikatakan semua benda memiliki potensi bergerak yang belum tentu seberapa energi itu akan keluar atau seberapa besar gaya yang dihasilkan dari pergerakannya. Dalam kehidupan sehari-hari energi ini sering kita temukan, terutama dalam kegiatan perdagangan, olahraga, dan beberapa hal yang berhubungan dengan benda secara langsung. Adapun salah contoh energi potensial adalah pegas, katapel, busur dan anak panah, gaya gravitasi.

Kita sering melihat banyak hal yang berhubungan dengan hal ini, namun mungkin ada di antara kita yang belum tahu nama energi yang timbul dari benda yang berhubungan dengan beberapa hal di atas. Jatuhnya sebuah benda menuju ke bawah yang benda tersebut kita letakkan di atas maka benda tersebut akan mendapatkan energi potensial gravitasi.

Contoh Energi Potensialenergi-potensial

lain yang terjadi pada anak panah dan busurnya, ketika kita menarik kemudian melepaskannya maka akan terjadi peristiwa memanjang dan memendek dan ini menunjukkan adanya energi potensial elastik. Adanya perubahan energi yang terjadi pada suatu benda dapat mengakibatkan terjadinya gaya yang berbeda. Sehingga kita bisa membedakan antara energi potensial elastik yang terjadi dari benda diam yang dapat ditarik memanjang dan memendek, energi potensial gravitasi yang terjadi karena jatuhnya sebuah benda dari atas menuju ke bawah dan seterusnya.

Dari kesemua ini, bisa kita dapatkan beberapa jenis energi potensial yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan energi secara garis besar yang bisa kita temukan dalam kehidupan kita adalah energi potensial yang selalu berhubungan dengan energi yang tersimpan dalam sebuah benda yang diam. Dan energi kinetik yang merupakan energi yang berkaitan erat dengan gerakan. Energi potensial sendiri memiliki jenis-jenis yang berbeda selain dari energi potensial elastis dan gravitasi.

Energi potensial kimia, energi potensial nuklir dan energi potensial listrik, adalah merupakan jenis energi potensial yang bisa kita temukan dalam keseharian kita. Semua energi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia, dan banyak sekali jenis energi potensial yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Adanya pegas yang dipasang dalam sebuah bolpoin dapat mempermudah kita untuk menggunakan bolpoin tersebut. Pegas juga sangat membantu dalam perdagangan karena dipasang di dalam timbangan sehingga kita bisa mengetahui berapa berat benda tersebut.

Dengan adanya timbangan ini maka benda yang menjadi produk dagangan dapat memiliki nilai yang sama pada setiap daerah pada jumlah tertentu. Sehingga dengan kata lain timbangan bisa menjadi patokan untuk menentukan nilai sebuah benda dilihat dari berat benda. Energi potensial yang lain yang paling banyak kita temukan adalah energi potensial listrik. Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini kita bahkan telah ketergantungan terhadap listrik. Karena terjadinya perubahan energi, maka semakin banyak energi potensial yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun perubahan energi yang banyak kita gunakan antara lain perubahan energi listrik menuju energi cahaya. Perubahan ini bisa kita terima dalam wujud cahaya, dimana cahaya ini sangat membantu kita untuk menerangi ruangan, jalan, kota-kota dan lainnya, terutama pada saat malam hari. Perubahan energi lainnya adalah energi listrik yang berubah menjadi energi panas. Meskipun tanpa adanya perubahan kita bisa merasakan secara langsung energi panas yang berasal dari matahari, namun kita sangat membutuhkan setrika untuk merapikan pakaian kita. Dengan adanya energi potensial ini maka kehidupan kita bisa tercukupi dengan baik.

Nah itulah beberapa contoh energi potensial dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelas mengenai energi potensial, berikut adalah contoh soal energi potensial.

Seperti yang kita ketahui, rumus energi potensial yaitu : EP = m x g x h

Keterangan:

EP = Energi Potensial (Joule)

m = Massa benda (kg)

g = gravitasi bumi (m/s²)

h = ketinggian benda dari permukaan bumi (m)

Dengan menggunakan rumus tersebut, Anda bisa mengerjakan beberapa soal energi potensial seperti berikut:

Contoh  soal 1 energi potensial

Diketahui sebuah kelapa yang memiliki massa 3 kg berapa pada ketinggan 12 meter dari permukaan bumi. Diketahui pula gravitasi bumi ditempat tersebut adalah 10 m/s². Berapakah energi potensial yang dimiliki oleh kelapa pada ketinggian tersebut?

Jawab:

EP = m x g x h

EP = 3 x 10 x 12

EP = 360 Joule

Contoh soal 2 energi potensial

Sebuah benda yang bermassa massa 3 kg memiliki energi potensial sebesar 600 joule pada ketinggian tertentu. Jika gravitasi bumi ditempat tersebut adalah 10 m/s². Berapakah ketinggian benda tersebut dari pemrukaan bumi?

Jawab:

EP = m x g x h

h = EP / (m x g)

h = 600/ (3 x 10)

h = 20 meter

Contoh soal 3 energi potensial

Diketahui energi potensial pada ketinggian 6 meter adalah sebesar 6000 joule. Berapakah perkiraan massa benda jika gravitasi bumi adalah m/s²?

Jawab:

EP = m x g x h

m = Ep/ (g x h)

m = 6000/ (10 x 6)

m = 6000/ 60

m = 100 kg

Nah itulah beberapa contoh soal mencari energi potensial, ketinggian dan juga massa benda.


Loading...
Tags: contoh energi potensial dalam kehidupan sehari hari, contoh energi potensial gravitasi dalam kehidupan sehari-hari, contoh aktivitas energi potensial, contoh penerapan dalam kehidupan sehari hari energi potensial listrik, manfaat energi potensial, contoh benda energi potensial, penerapan energi potensial, contoh dalam kehidupan sehari hari, contoh energi potensial pegas dalam kehidupan sehari hari, contoh benda yg memiliki energi potensial, contoh penerapan energi potensial, 3 contoh energi potensial, energi pitensial, penerapan energi potensial dalam kehidupan sehari hari, contoh energi potensial listrik dalam kehidupan sehari-hari