Energi Pegas dalam Ilmu Fisika

Energi potensial pegas adalah energi yang ada pada suatu benda disebabkan karena posisi benda tersebut atau posisi tinggi benda tersebut dari tanah. Sedangkan energi pegas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang memiliki potensial atau benda yang elastis yang mempunyai potensi. Potensi sendiri dimiliki pada suatu benda akibat kedudukan (posisi) benda tersebut atau akibat ketinggian benda tersebut dari tanah.

Energi potensial pegas disebut juga sebagai benda yang elastis karena dapat mengalami perubahan bentuk yang diakibatkan dari tekanan, contohnya busur panah yang sudah direnggangkan lalu dilepaskan. Akibat dari tekanan dapat memunculkan gaya yang dapat mengembalikan bentuk tersebut ke bentuk awal. Namun jika tekanan ini dilepas maka energi yang dihasilkan berubah menjadi energi kinetik.

Energi Pegas dan Contohnyaenergi-pegas-dalam-ilmu-fisika

Energi pegas ini diakibatkan karena energi potensial elastis yang tersimpan di dalamnya, ketika pegas direnggangkan dan dapat dihitung sehingga menemukan besaran usaha yang diperlukan untuk merenggangkan pegas tersebut. Semua benda yang lentur memiliki energi pegas, misalnya benda lentur seperti pegas, per, trampolin, busur panah serta katapel.

Contoh gaya pada energi pegas yaitu ketika anak panah dilepaskan dari busurnya maka akan melesat jauh, sehingga pegas dapat digunakan untuk menciptakan sebuah energi yang potensial elastis. Sifat elastis yang terdapat di pegas, gaya pemulih pada pegas akan sebanding lurus dengan penambahan panjang yang dimiliki. Posisi pegas yang berada dalam keadaan yang tertekan atau direnggangkan akan memiliki energi potensial yang elastis karena posisi pegas dalam keadaan yang kurang seimbang.

Rumus untuk menunjukkan hubungan antara gaya dan penambahan panjang pegas yaitu hukum Hook adalah (F = k Δx ), artinya jika pada saat ditarik, besaran gaya yang dimiliki pegas adalah f, panjang pegas adalah Δx. Adapun pemanfaatan dari energi pegas ini yaitu :

– Timbangan merupakan alat yang digunakan untuk mengukur masa dengan memanfaatkan bantuan dari gaya pegas.

– Sistem suspense difungsikan sebagai alat untuk peredam kejutan pada kendaraan sepeda bermotor. Tujuan dari adanya pegas di dalamnya adalah agar meredam kejutan yang dihasilkan ketikan kita mengendarai sepeda di permukaan yang tidak rata.

– Tempat kasur pegas, karena mendapatkan tekanan beban maka pegas kasur merapat, ketika bebannya sudah tidak ada maka kasur pegas meregang kembali.

– Ketapel menggunakan energi pegas ketika karet katapel dipanjangkan akan terasa kencang namun apabila dilepaskan karet tersebut kembali ke posisi awal.

– Dinamometer merupakan alat pengukur gaya. Dinamometer digunakan untuk menghitung jumlah banyak gaya. Di dalam dinamometer tersebut terdapat gaya, akan meregang apabila dikenai gaya dari luar, contohnya melakukan percobaan mengukur besar gaya gesekan.

Kita dapat melihat energi pegas dengan melakukan percobaan yaitu menggerakkan benda misalnya pegas membutuhkan usaha. Hal ini bisa menggunakan tangan dengan menarik ujungnya keluar. Ketika ujungnya ditarik keluar maka energi dari orang menarik disalurkan ke pegas lalu disimpan. Gerakan ini bisa juga dilakukan dengan terbalik, jika pegas sudah dikompresi, energi akan dikembalikan ke tangan orang tersebut.

Manfaat Pegas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pembuatan Spring Bed

Semua orang pasti sudah tahu dengan benda yang satu ini. Ya, springbed merupakan jenis kasur yang paling nyaman digunakan. Tahukah Anda untuk meningkatkan kenyamanan, spring bed memanfaatkan pegas. Dalam kasur tersebut terdapat banyak sekali konstruksi pegas atau per yang dapat menahan beban yang sangat berat.

Membantu menahan suatu benda agar bisa bergerak

Yang kedua adalah dapat digunakan untuk membantu menahan suatu benda agar bisa bergerak. Contohnya yaitu konstruksi pegas pada standar sepeda dan sepeda motor. Seperti yang Anda keahui standar pada sepeda dan juga motor memiliki konstruksi pegas berupa per yang berguna untuk menaikkan dan menurunkan standar tanpa kehilangan momentum. Sehingga standar tersebut dapat digunakan untuk seped ataupun motor agar tidak terjatuh.

Shock breaker kendaraan

Ketika kendaraan bermotor melaju di jalan yang terjal dan berlubang, maka pegas akan bekerja untuk meredam guncangan yang muncul pada kendaraan bermotor. Oleh karena itu, dalam dunia otomotif pegas tidak bisa diganggu gugat. Tak hanya itu saja, pada kendaraan pegas juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan kendaraan bermotor ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi, berbelok dan masih banyak lagi.

Sebagai media rekreasi

Manfaat pegas dalam kehidupan sehari-hari selanjuntnya adalah sebagai media rekreasi. Beberapa media rekreasi juga memanfaatkan konstruksi pegas dalam sebagian besar permainannya salah satunya yaitu trampolin. Selain menyenangkan, wahana yang satu ini tentu saja menyehatkan tubuh. permainan ini menggunakan pegas yang cukup kuat sehingga Anda tak perlu khaawatir.

Untuk menahan beban

Berikutnya adalah dapat digunakan untuk menahan beban. Contohnya saja seperti truk yang biasa digunakan untuk mengangkut pasir dan beban lainnya. jika tak ada pegas dalam konstruksi tersebut, beban yang ditanggung oleh suatu kendaraan akan semakin berat sehingga dapat menyebabkan kendaraan tersebut rusak. Sehingga pegas sangat bermanfaat untuk membantu menahan beban yang diletakkan pada kendaraan.

Cara lain untuk dapat melihat energi pegas dalam suatu benda seperti per, misalnya dengan cara melakukan tahapan per dikasih beban lalu beban itu dihilangkan. Maka per akan kembali ke bentuk semula Demikian artikel ini dapat saya bagikan kepada Anda semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk menggali suatu ilmu pengetahuan tentang hukum fisika. Terima Kasih.

Loading...

Tags: energi pegas, pengertian energi pegas, makalah energi potensial pegas, energi kinetik pegas, energi pada pegas, energi yang dimiliki sebuah pegas yang direnggangkan disebut, pengertian energi potensial pegas dan contohnya, pengertian energi kinetik pegas, contoh pegas, pegas adalah, apa itu energi pegas, Makalah tentang energi potensial pegas, energi yang dimiliki sebuah pegas yang direnggangkan, pengertian dan rumus energi potensial padat pegas, konsep energi potensial pegas