Energi Magnet Menjadi Solusi Penghematan Listrik

Energi magnet atau lebih tepat disebut sebagai energi magnetik lebih mudah kita amati dengan melihat gejala yang ditimbulkan oleh dua magnet ketika kutub-kutubnya didekatkan satu sama lain. Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Jika kutub yang sama (contoh: kutub utara dan kutub utara, kutub selatan dan kutub selatan) didekatkan maka mereka akan tolak-menolak. Sebaliknya jika kutub yang tidak sama (kutub utara dan kutub selatan) didekatkan maka mereka akan tarik-menarik. Dua kutub magnet mampu untuk saling menggerakkan. Kemampuan ini merupakan energi yang tersimpan di dalam magnet dan kemampuan inilah yang disebut dengan energi magnetik.

Energi Magnet Menjadi Energi Listrikenergi-magnet-menjadi-solusi-penghematan-listrik

 

Energi magnet akan semakin jelas terlihat dan mudah dipahami dalam penelitian medan magnet. Anda dapat membuat penelitian ini dengan menggunakan magnet serta pasir besi. Medan magnet adalah sebuah daerah di sekitar kutub magnet yang memiliki energi magnetik.

Jika suatu benda yang dapat ditarik oleh magnet seperti besi atau baja berada di daerah medan magnet maka magnet akan dengan mudah dapat menggerakkan benda tersebut. Kemampuan menggerakkan benda inilah yang disebut sebagai energi magnetik. Jadi, kejadian tarik-menarik dan tolak-menolak merupakan suatu energi magnetik.

Energi magnet dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Pada tahun 2012 pernah ditemukan sebuah inovasi mengenai energi hemat listrik yang dibuat dengan memanfaatkan energi magnet. Baru-baru ini energi memang selalu menjadi perhatian. Kasus-kasus yang berkaitan dengan energi ramai diperbincangkan.

Manfaat energi yang sangat besar bagi kehidupan menjadi salah satu alasannya. Cara kerja energi hemat listrik ini dibuat sederhana. Cukup dengan membangun instalasi dari tiga gulungan kawat yang mengelilingi beberapa buah magnet. Energi listrik arus searah (DC) akan dihasilkan ketika medan magnet berputar.

Di tengah-tengah sisi magnet terdapat energi magnet, saat kutub utara dan kutub selatan saling bergesekan mereka akan menghasilkan energi. Energi tersebut akan dihubungkan dengan baterai, jika pasarannya semakin cepat maka energi yang dihasilkan akan semakin tinggi.

Bukan hanya arus searah yang dihasilkan oleh sistem energi tersebut, arus bolak-balik atau arus AC. Namun lebih aman jika kita menggunakan arus yang searah karena arus bolak-balik menghasilkan energi listrik yang tinggi. Energi listrik arus searah juga bisa disimpan dalam accu atau baterai.

Instalasi yang memanfaatkan energi magnet ini digerakkan tanpa bahan bakar fosil sehingga bahan bakar ini sangat hemat dalam penggunaannya. Bahkan untuk memanfaatkan energi ini kita hanya membutuhkan aki saja sebagai alat pemicu arus. Ion positif akan terdorong keluar oleh ion negatif saat pengisian ulang baterai. Arus searah dapat dialirkan dan disimpan di dalam aki sehingga secara otomatis dapat mengisi ulang. Modifikasi ini dilakukan demi penghematan energi.

Energi magnet utara dan energi magnet selatan merupakan energi abadi yang tidak akan habis. Diperkirakan 1 ton magnet mampu menghasilkan 1 juta watt. Sayangnya energi magnet ini tidak bisa diaplikasikan langsung pada beberapa peralatan elektronik yaitu mesin cuci, AC, freezer, dan kipas angin. Dibutuhkan sebuah Interver DC ke AC agar energi magnet dapat diterapkan dalam peralatan tersebut.

Magnet juga memiliki peran penting dalam pembuatan pembangkit listrik. Magnet berperan sebagai generator yang bisa menghasilkan listrik melalui putarannya. Putaran generator ini bersamaan dengan putaran turbin. Padahal sebenarnya energi penggerak bagi generator juga dapat diperoleh dari energi magnet.

Loading...

Tags: energi magnetik, energi magnet, Listrik Magnet, energi abadi magnet, magnet listrik, Pengertian energi magnetik, manfaat energi magnetik, cara menghemat listrik dengan magnet, magnet menjadi listrik, prosrs kinerja listik dan magnet pada manusia, pengertian energi magnet, energi magnetik dan pemanfaatannya, energi manetik, magnet menjadi tenaga listrik, apa penghematan aliran listrik