Energi Kinetik Dan Energi Potensial Dalam Kehidupan

Energi kinetik dan energi potensial dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita dengan atau tanpa kita sadari. Kedua energi ini terkadang berkaitan satu dengan yang lainnya, karena energi potensial sendiri mampu merubah energi menjadi energi kinetik, energi suara dan juga energi gerak.

Energi sendiri bisa kita artikan sebagai kemampuan sebuah benda atau organisme untuk melakukan sesuatu. Sedangkan energi akan memiliki manfaat ketika perubahan bentuk terjadi, sebagai contoh pada terjadinya perubahan energi listrik menjadi energi panas seperti pada setrika listrik. Perubahan lainnya juga terjadi pada saat energi listrik berubah menjadi energi gerak seperti pada kipas angin dan lainnya.

Energi Kinetik dan Energi Potensialenergi-kinetik-dan-energi-potensial

Energi kinetik dan energi potensial merupakan energi yang berbeda yang dimiliki oleh sebuah benda atau organisme. Energi kinetik sendiri secara umum bisa terjadi jika benda tersebut bergerak, sehingga energi kinetik bisa kita artikan sebagai energi yang dimiliki oleh sebuah benda atau organisme yang bergerak. Jika benda tersebut tidak bergerak, energi tidak akan keluar dan di situ tidak terdapat energi kinetik. Dalam rumus kimia sendiri energi kinetik dinyatakan dengan EK= apabila benda tersebut bermassa m dan bergerak dengan kelajuan v.

Energi kinetik dan energi potensial sangat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, meskipun banyak di antara kita yang tidak sadar akan hal ini. Ketidaksadaran kita pada energi yang terjadi pada lingkungan sekitar belum tentu merupakan bentuk ketidakmampuan kita mengenalinya.

Namun terkadang kita lalai dan enggan memikirkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan apa yang kita lakukan. Namun di sisi lain kita akan membutuhkan pengetahuan tentang ini ketika kita telah mengetahuinya nanti. Adanya penerangan, pergerakan kincir dan baling-baling dan juga fungsi pegas dalam kehidupan kita sehari-hari merupakan contoh energi kinetik dan potensial yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Energi Kinetik dan Energi Potensial Dalam Kehidupan

Energi kinetik dan energi potensial akan selalu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, karena itu mengetahui pengalaman tentang ini sangat penting bagi kita. Dari pengetahuan tentang energi ini, kita bisa memanfaatkan sifat energi secara maksimal dan bahkan mengembangkannya dengan lebih baik dan bermanfaat.

Energi potensial dalam kehidupan yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari sangat banyak, meskipun kita tidak menyadarinya. Karena secara definisi energi potensial dapat didefinisikan sebagai energi yang terdapat dalam suatu benda atau materi karena keadaan benda tersebut.

Banyak sekali benda di sekitar kita yang memiliki energi potensial yang justru bermanfaat untuk kelangsungan hidup. Misalnya saja panah dan busurnya. Di daerah pedalaman kedua benda ini masih sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup mereka. Karena kehidupan masih berlangsung dengan cara berburu, namun demikian mereka tidak akan memikirkan tentang energi yang ada pada anak panah dan busur panahnya. Karena pemikiran ini tidak lebih bermanfaat dari siasat yang ada di kepala mereka untuk mendapatkan buruannya.

Hal yang sama juga terjadi pada kehidupan di dunia perdagangan. Perdagangan tidak bisa terlepas dari timbangan yang akan memberikan nilai pada sebuah benda. Semakin berat timbangan, maka akan semakin tinggi nilai benda tersebut.

Yang terjadi dalam timbangan adalah penggunaan pegas yang dapat mengetahui seberapa berat benda tersebut. Dan pegas, ini menyimpan energi potensial yang sangat penting dalam kehidupan dunia dagang. Dengan demikian dengan atau tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari energi kinetik dan energi potensial sangat bermanfaat.

Rumus Energi Kinetik dan Energi Potensial

Untuk lebih jelasnya, rumus dari energi potensial adalah:

EP = m x g x h

Keterangan:

  • EP = Energi potensial (Joule)

  • m  = massa (kg)

  • g = percepatan gravitasi (m/s²)

  • h = ketinggian (meter)

Sedangkan untuk menurunkan persamaan energi kinetik, Anda bisa membayangkan sebuah benda yang memiliki massa m sedang bergerak pada lintasan yang lurus dengan laju awal Vo.

Agar benda tersebutdipercepat beraturan sampai bergerak dengan laju V maka benda tersebut harus diberikan gaya total yang tetap atau konstan dan searah dengan arah gerak benda sejauh s. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha pada benda tersebut sebesar E = F . s. Untuk mencari besar gaya Anda bisa menggunakan rumus F = m . a

Karena benda memiliki laju awal yaitu Vo, laju akhir Vt dan benda bergerak sejauh s, maka untuk menghitung nilai percepatan a, Anda bisa menggunakan persamaan rumus yaitu: Vt2 =Vo2 + 2 a . s

Setelah itu, Anda bisa mensubtitusikan nilai percepatan a tersebut ke dalam persamaan gaya F = m . a.

Persamaan tersebut menjelaskan usaha total yang dikerjakan pada benda. Ini karena W = EK. Oleh karena itu Anda bisa menyimpulkan bahwa besar energi kinetik pada benda tersebut adalah

W = EK = 1/2 mv2


Loading...
Tags: energi potensial pada kincir dapat berubah menjadi, fungsi energi potensial, contoh energi kinetik dan energi potensial dalam kehidupan sehari hari, fungsi energi kinetik, energi kinetik dan potensial, tuliskan 2 contoh energi kinetik dan energi potensial dalam kehidupan sehari-hari, perubahan energi kinetik dan potensial, gambarkan yang termasuk energi kinetik dan energi potensial, energi potensial pada kincir dapat berubah menjadi energi, contoh energi potensial dan kinetik dalam kehidupan, apakah energi kinetik berhubungan dengan energi porensial dalam kehidupan sehari hari, contoh dari energi potensial dan en, energi potensial pada kincir, bagaimanakah timbulnya enerhi kinetik dan energi potensial?, contoh yg kaitannya dengan energi kinetik dan potensi dalam sehari hari dan penjelasan