Energi Biomassa sebagai Energi Terbarukan

Energi, energi, dan energi, itulah yang menjadi pembahasan kita kali ini. Anda pasti belum melupakan mengenai energi tak terbarukan dan energi terbarukan bukan? Ya, kali ini kita akan membahas salah satu dari jenis energi terbarukan yaitu energi biosmassa. Apakah energi tersebut, bagaimana pengertian dan contohnya akan kami bahas dengan tuntas untuk Anda.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan informasi dengan energi terbarukan biomassa ini. Yang pasti dengan energi ini manusia memiliki energi alternatif yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Mari segera saja kita lihat penjelasan mengenai biomassa dari pengertian dan juga contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Energi Biomassa

Pertama kita akan membahas pengertian dari energi terbarukan biomassa. Energi Biomassa merupakan jenis bahan bakar yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis seperti halnya tanaman. Bahan ini juga dapat diperoleh dari hewan dan mikroorganisme. Tentu Anda tahu jika tumbuhan memproduksi makanannya sendiri dengan mendapat bantuan sinar matahari yang disebut proses fotosintesis. Dan energi yang dihasilkan tumbuhan inilah yang kemudian ditransfer ke hewan dan manusia saat hewan dan manusia mengkonsumsi tumbuhan.

Energi biomassa yang terutama berasal dari tanaman atau tumbuhan ini mampu memberikan sejumlah energi yang cukup besar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Saat tumbuhan tidak dikonsumsi oleh hewan ataupun manusia, tumbuhan tersebut akan dipecah atau di metabolisme oleh mikroorganisme untuk kemudian melepaskan karbondioksida dan metana kembali ke atmosfer. Baiklah, setelah berbicara panjang lebar mengenai biomassa, mari kita cari tahu bagaimana contoh dari salah satu energi yang terbarukan.

Penggunaan Energi Biomassaenergi-biomassa-sebagai-energi-terbarukan

Berikut merupakan contoh energi biomassa sebagai bentuk energi terbarukan karena diperoleh dari sumber-sumber yang dapat diproduksi lagi. Perhatikan contoh-contoh sumber energi terbarukan biomassa dengan baik agar Anda paham dan mengerti.

1. Limbah Pertanian

Limbah pertanian seperti jerami, ampas tebu, kotoran ternak, dan juga kotoran unggas dapat digunakan sebagai bahan baku produksi energi biomassa. Limbah pertanian tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas dan listrik.

2. Biogas

Biogas ini diproduksi melalui pemecahan bahan organik seperti kotoran manusia, material tanaman, pupuk kandang, dan lain sebagainya. Bahan-bahan organik tersebut diuraikan melalui proses fermentasi dengan mendapat bantuan dari mikroorganisme anaerobik untuk menghasilkan karbondioksida dan metana. Gas yang dihasilkan dari proses tersebut dapat dijadikan bahan bakar seperti untuk menyalakan kompor, sebagai pemanas, dan juga pembangkit listrik.

3. Kayu

Kayu dianggap sebagai bentuk sederhana dari biomassa. Energi yang dilepaskan dari proses pembakaran kayu dapat digunakan untuk memasak, menghasilkan panas, listrik, dan lain-lain. Hanya saja pembakaran kayu disertai gas yang mengancam lapisan ozon sehingga penanaman pohon dapat menyeimbangkannya.

4. Tanaman Energi

Tanaman sumber energi yaitu jagung, kedelai, gandum, dan lain sebagainya. Tanaman tersebut dapat diproses untuk mengahasilkan biomassa. Produk yang dihasilkan dari proses tersebut yaitu butanol, etanol, methanol, propanol, serta biodiesel.

Manfaat Energi Biomassa dalam Kehidupan Sehari-hari

Mungkin hampir setiap orang sudah mengetahui apa saja keuntungan memanfaatkan energi biomassa, salah satunya yaitu sebagai pengganti bahan bakar fosil untuk produksi energi. Hal ini dikarenakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Lantas apa saja manfaat energi biomassa dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya.

Mengurangi tingkat metana

Manfaat yang pertama adalah dapat mengurangi tingkat metana. Menggunakan energi biomassa sebagai energi alternatif tentunya dapat mengurangi tingkat metana yang ada di atmosfer. Seperti yang Anda ketahui semakin tingginya metana akan menyebabkan efek rumah kaca. Dengan menggunakan energi biomassa tentunya ini dapat menurunkan resiko efek rumah kaca.

Peningkatan kualitas air

Selain dapat mengurangi resiko efek rumah kaca, penggunaan energi biomassa juga dapat mengurangi resiko hujan asam. Dan tentunya hal ini dapat membuat kualitas air menjadi semakin baik karena  biomassa sangatlag ramah lingkungan dan bebas polusi.

Mencegah kebakaran hutan

Pemanenan pohon dari hutan juga dapat mencegah kebakaran sebagai hasil dari pertumbuhan padat. Tahukah Anda jika ada terlalu banyak pohon di hutan, ini juga memiliki resiko yang tinggi terhadap kebakaran hutan itu sendiri. Seperti yang Anda ketahui kayu yang masih baru merupakan salah satu bahan tanaman biomasa yang digunakan untuk menghasilkan energi biomassa.

Kendala Pemanfaatan Energi Biomassa di Indonesia

1.Lahan. Kendala yang pertama adalah lahan. Jika dilihat dari sisi pemerintahan, mereka pasti akan bilang akan banyak lahan guna memanfaatkan energi alternatif yang satu ini. Akan tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Jadi untuk membuat energi biomassa harus menunggu lahan tersebut matang.

2. Sumber daya manusia. Yang kedua adalah SDM atau sumber daya manusia. Penguasaan teknologi yang rendah mengenai pemanfaatan biomassa khususnya kayu juga merupakan sebuah kendala. Teknologi yang dibeli tidak semua orang dapat mengoperasikannya. Tentu saja mereka harus bersekolah dan training terlebih dahulu untuk menguasainya. Karena jika tidak dipersiapkan secara matang hal ini dapat menyebabkan kebakaran hutan dan bahkan ledakan.

3. Permodalan. Selain lahan dan SDM, modal juga merupakan masalah utama dari pemanfaatan energi biomassa. Karena untuk memanfaatkan energi ini membutuhkan modal yang cukup besar.

Itulah beberapa penjelasan dan juga contoh dari sumber energi dari salah satu energi terbarukan biomassa. Dapat dilihat jika energi ini memproduksi atau membuat energinya menggunakan mahkluk hidup seperti halnya tumbuhan yang dapat diproduksi kembali dengan cepat.

Energi biomassa merupakan energi yang dapat dijadikan energi alternatif yang harus dikembangkan sebagai pengganti energi tak terbarukan seperti halnya minyak bumi. bagaimana? Pengetahuan Anda jadi semakin banyak setelah membaca penjelasan yang kami berikan bukan? Jaga selalu lingkungan dan buatlah berbagai terobosan energi alternatif seperti halnya energi biomassa ini.

Loading...

Tags: pemanfaatan energi biomassa sebagai energi alternatif, energi baru terbarukan biomassa, karakteristik biomassa yang dapat diproses menjadi etanol, energi listrik alternatif tenaga biomasaa, ayo lakukan studi referensi tentang energi biomassa, contoh perubahan biomassa menjadi energi, daerah penghasil biomassa di indonesia, sumber daya energi biomassa, energi alternatif biogas dari biomassa, info tentang energi alternatif biomassa, apa yang bisa dihasilkan dari energia biomasa, biomassa merupakan jenis bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintesis yang berasala dari, biomassa sebagai energi alternatif, biomassa sebagai energi baru dan terbarukan, biomassa yg di hasilkan oleh proses fotosintetis