Energi Biogas Alternatif Ramah Lingkungan

Energi biogas merupakan sumber energi terbarukan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan listrik dan bahan bakar kendaraan. Biogas ini mulai dikenal oleh masyarakat secara gencar ketika krisis energi melanda negara Indonesia, dan demikian juga dengan negara yang lainnya. Krisis energi ini telah terjadi beberapa tahun belakangan ini dan diperkirakan akan terus terjadi untuk beberapa tahun ke depan jika tidak diatasi dengan serius.

Padahal peningkatan permintaan kebutuhan energi seperti pada listrik dan bahan bakar minyak akan terus terjadi. Hal ini tidak bisa dipisahkan dengan populasi penduduk yang akan semakin meningkat, sehingga kebutuhan penduduk akan listrik dan bahan bakar minyak ini akan meningkat sepanjang masa. Sehingga hal ini membutuhkan penanganan yang bersifat segera untuk menciptakan dan memproduksi energi terbarukan.

Energi Biogas dan Manfaatnya

manfaat-energi-biogas-kehidupan

Energi biogas ini merupakan alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan yang mulai dikembangkan dan diproduksi oleh beberapa negara. Selain menghasilkan listrik, biogas juga dapat digunakan untuk kebutuhan akan bahan bakar kendaraan yang kini semakin banyak. Dan ini merupakan alternatif yang sangat pas untuk diproduksi secara besar-besaran, karena merupakan alternatif yang sangat pas untuk mengatasi adanya krisis energi karena memiliki sifat dapat diperbaharui.

Manfaat Biogas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang Anda ketahui biogas merupakan salah satu energi alternatif yang sangat bersih dan modern. Hal ini dikarenakan bahan bakar ini tidak mengunakan bahan bakar fosil. Lantas apa saja manfaat biogas dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

  1. Bahan bakar kendaraan

Hingga saat ini bahan bakar minyak masih menggunakan bahan bakar fosil. Akan tetapi bahan bakar fosil merupakan salah satu sumber energi tak terbarukan yang akan cepat habis jika digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu saat ini banyak sekali para ilmuan yang mulai mengembangkan energi alternatif pengganti. Beberapa alasan mengapa biogas baik untuk bahan bakar kendaraan adalah lebih mudah untuk biaya operasional, ramah lingkungan dan tidak mempengaruhi kinerja dari kendaraan itu sendiri.

  1. Pengganti gas LPG

Yang kedua adalah sebagai pengganti gas LPG. Sama halnya dengan BBM, harga gas LPG hingga saat ini juga terus mengalami kenaikan. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menggantinya dengan biogas. Biogas yang diolah dengan baik akan dapat diandalkan sebagai pengganti gas LPG. Mengganti gas LPG dengan biogas juga akan berdampak pada tertekannya pada harga produksi, seperti usaha katering dan rumah makan, pengeluarkan biaya energy memasak lebih irit dan pengalihan dana LPG untuk keperluan rumah tangga lannya.

  1. Memanfaatkan sampah lingkungan

Manfaat biogas berikutnya adalah dapat membantu mengurangi sampah rumah tangga. Seperti yang kita ketahui pengolahan biogas dalam menggunakan jenis limbah apapun, yang penting biogas tersebut memanfaatkan jenis limbah yang dapat terurai. Efeknya lingkungan akan menjadi lebih bersih dan bebas sampah, menjauhkan diri dari penyakit, mengurangi lingkunga kumuh dan menghilangkan bau tidak sedap yang dihasilkan penumpukan sampah.

  1. Pembangkit listrik

Saat ini pemasok listrik tunggal adalah PLN. PLN sendiri hingga saat ini masih menggunakan bahan bakar jenis solar untuk memasok sebagai besar pelanggannya. Padahal, biogas menjadi salah satu bahan bakar alternative yang dapat menghasilkan energi listrik. Dalam 1 meter kunik kira-kira dapat menghasilkan 6000 watt listrik per jamnya.

Namun sayang, hingga saat ini pemanfaatan biogas belum maksimal karena adanya beberapa hal. Biogas sendiri merupakan gas dari produk akhir pencernaan atau degradasi anaerobik dari bahan-bahan organik yang dilakukan oleh bakteri anaerobik yang terdapat dalam lingkungan bebas. Dan ini bisa kita lihat dalam kotoran manusia, kotoran hewan, limbah dari rumah tangga, dan sampah biodegradable dalam kondisi anaerobik.

Energi Biogas dan Sampah dan Kotoran Sapi

Adapun komponen terbesar yang ada pada energi biogas ini adalah metana dan karbon dioksida. Namun demikian, tergantung juga terhadap proses anaerobik yang terjadi sehingga komposisi bisa biogas bervariasi. Namun dari semua kandungannya, metana merupakan unsur penting karena dapat menjadi tolak ukur energi atau nilai kalor yang terdapat pada biogas tersebut. Dengan asumsi bahwa semakin tinggi nilai metana dalam biogas, maka akan semakin tinggi juga energi yang dimiliki biogas tersebut, dan semakin rendah nilai metana maka semakin kecil juga nilai kalor yang ada.

Energi biogas dapat diperbaiki kualitasnya dengan melakukan beberapa cara yaitu dengan menghilangkan hidrogen sulphur, atau kandungan karbon dioksida dan air. Hidrogen sulfur ini justru dapat membahayakan apabila biogas mengandungnya, karena justru akan menyebabkan gas berbahaya. Selain itu, hidrogen sulphur ini mengandung zat yang menyebabkan korosi dan juga racun.

Gas methan ini sebenarnya bukan sebuah penemuan baru di dunia ini, karena orang-orang Mesir telah menggunakannya sejak jaman dahulu yaitu digunakan sebagai penghasil panas. Dan alat penghasil biogas ini telah dibangun sejak tahun 1900, sehingga kemunculan gas methan ini bukan sesuatu yang baru, hanya saja mungkin masih memerlukan pengembangan untuk hasil yang lebih baik.

Proses pembuatan biogas ini terjadi dengan cara dekomposisi dengan tanpa menggunakan udara. Dan tingkat keberhasilannya sangat ditentukan pada proses dekomposisi ini. Dan proses dekomposisi ini sangat memerlukan kehadiran mikroorganisme, yang bisa kita dapatkan dari perpaduan kerja yang dilakukan oleh mikroorganisme anaerob. Setelah terjadi hidrolisis, fermentasi dan proses metanogen yang dilakukan oleh mikroorganisme maka akan dihasilkan biogas.

Untuk melakukan proses metanogen, maka diperlukan kotoran sapi. Hal ini karena perkembangan metanogen sangat cocok jika berada di dalam lambung sapi. Namun demikian, kondisi lingkungan yang optimal sangat diperlukan untuk membentuk metanogen sehingga didapatkan energi biogas.


Loading...
Tags: energi biogas, mengapa biogas ramah lingkungan, energi alternatif biogas, macam macam biogas, bagaimana biogas dapat menghasilkan energi, apa manfaat energi biogas, macam macam sumber biogas, manfaat energi biogas, biogas bahan bakar dari, bio gas sebagai pengganti bahan bakar, tanggapan tentang bacaan bbm alternatif bisa diperbaharui dan ramah lingkungan, biogas merupakan energi ramah lingkungan yang dikembangkan dengan memanfaatkan mikroba, biogas merupakan teknologi ramah lingkungan karena alasan, biogas yg brlakangan marak diujivobakan untuk memenuhi krbutuhan energi rumah tangga juga merupakan ptoduk biotrknologi jelaskan secara singkat ptoses pembuatan dan manfaat biogas, cara kerja manfaat kelebihan kekurangan energi biogas