Energi Angin Sebagai Energi Yang Ramah Lingkungan

Energi tampaknya memang digunakan oleh masyarakat mulai untuk melakukan kegiatan rumah tangga namun juga untuk beraktivitas lainnya. Akan tetapi, jumlah energi yang kita punyai kini bisa mencapai akhirnya dalam arti kata lain energi yang tengah kita gunakan bisa habis dalam kurun waktu tertentu.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi dari energi baru yang tentunya lebih ramah lingkungan dan bisa dijadikan sumber tenaga listrik yang baru, salah satunya adalah energi angin yang bisa dirubah menjadi energi listrik sesuai dengan hukum energi.

Energi Angin dan Pemanfaatannya

pengertian energi angin

Mengapa tenaga angin bisa dijadikan solusi dari krisis energi sebagai sumber energi baru? Angin merupakan salah satu sumber energi yang tidak terbatas, karena angin selalu berhembus kapan saja dimana saja setiap harinya. Dengan melihat fenomena angin yang mewakili energi gerak, bisa diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan konsep sederhana yaitu kincir angin. Seperti halnya Belanda yang telah mengawali menggunakan energi angin sebagai sumber energi listrik mereka.

Tentu saja menggunakan tenaga angin akan menciptakan sebuah sumber energi baru yang ramah lingkungan. Terlebih seperti yang kita ketahui bahwa sumber energi alam lainnya menggunakan bahan fosil yang kini jumlahnya telah terbatas.

Walau energi yang berasal dari angin merupakan salah satu jenis energi yang tidak terbatas, hanya saja penggunaan energi ini masih merupakan minoritas dari prosentase penggunaan sumber daya energi di dunia. Belanda yang telah mengawalinya menggunakan kincir angin untuk merubah energi gerak dari angin menjadi energi listrik dengan bantuan generator yang menghasilkan energi listrik.

Pengertian Energi Angin

Begitu juga dengan negara lain yang menggunakan energi angin sebagai salah satu sumber energi baru, menggunakan kincir angin yang didesain lebih modern untuk menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan energi gerak dari angin yang berhembus. Akan tetapi, tentu saja dalam membuat kincir angin yang dapat merubah energi gerak menjadi energi listrik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan membutuhkan desain dan rancangan yang tepat agar menghasilkan sumber energi listrik dalam jumlah yang besar.

Penggunaan energi angin, perlu dipertimbangkan sebagai salah satu alternative sumber energi baru mengingat jumlah angin yang tidak terbatas jumlahnya, energi akan bisa terus menerus dihasilkan. Dibandingkan dengan tenaga air atau tenaga surya, dimana air akan mengalami masa kekeringan ketika musim kemarau tiba, dan matahari akan terbenam ketika malam datang. Akan tetapi, angin akan selalu berhembus setiap saat, bisa dalam frekuensi rendah atau bisa dalam frekuensi kencang. Negara maju telah mengembangkan penggunaan energi dari angin sebagai sumber energi mereka.

Dengan biaya produksi pembuatan kincir angin yang terus menerus menurun, membuat jumlah kincir angin lebih banyak diproduksi, dan tentu saja energi yang dihasilkan akan lebih banyak. Salah satu negara yang berhasil menjadi negara terbesar pemasok energi listrik dengan menggunakan energi dari angin adalah Jerman. Pada tahun 2005 negara ini berhasil menjadikan sekitar 25% kebutuhan energi negaranya berasal dari energi yang dihasilkan dari angin.

Melihat fenomena tersebut, alangkah baiknya jika kita mulai meniru langkah negara lain dalam menciptakan energi baru untuk mengantisipasi terjadinya krisis energi yang semakin hari mengancam kelangsungan hidup makhluk yang ada di muka bumi. Tanpa adanya energi maka berbagai aktifitas tidak bisa dijalankan dengan sempurna. Menjadikan energi angin menjadi salah satu energi baru merupakan langkah yang bijak selain ramah lingkungan, energi yang berasal dari angin tidak pernah habis. Jumlah energi yang dihasilkan hanya berdasarkan kekuatan angin pada saat berhembus.


Loading...
Tags: kincir angin mengubah energi menjadi energi gerak, apa sumber energi kincir angin, kincir angin mengubah energi, sumber energi kincir angin, kincir angin mengubah energi angin menjadi energi, kincir angin mengubah energi apa menjadi energi gerak, kincir angin mengubah energi menjadi energi, kincir angin merubah energi, kincir angin mengubah energi apa menjadi apa, contoh energi ramah lingkungan adalah energi, kenapa ada energi angin, jelaskan kenapa angin bisa menjadi tenaga listrik, bagaimana energi angin dapat berubah menjadi energi listrik, baaimana energi anhin dapat di rubah menjadi enerhi gerak, contoh energi listrik alternatif angin