Energi Alternatif Matahari serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan energi alternatif matahari? Bagi Anda yang belum tahu, silakan baca dan simak ulasan berikut ini. Yang dimaksud dengan energi alternatif adalah energi yang digunakan sebagai pengganti jika energi utama tidak ada. Yang dimaksud dengan energi matahari adalah energi yang berupa panas dan juga cahaya yang dihasilkan oleh matahari atau surya. Matahari sendiri merupakan sumber energi yang paling besar di bumi. Di Indonesia sendiri energi matahari ini sangat berlimpah, sayangnya belum dimanfaatkan secara optimal.

Surya atau matahari memancarkan energinya yang berupa panas dan juga cahaya ke permukaan bumi. Dari keseluruhan energi yang terpancar ke permukaan bumi tersebut, 30 persennya kembali ke luar angkasa. Secara terpisah, sisa energi matahari ini diserap daratan lautan dan juga awan. Energi alternatif matahari yang dipancarkan ke bumi sangatlah besar. Sebagai gambaran, setiap 1 jam energi surya yang dipancarkan ke bumi setara dengan energi yang digunakan selama 1 tahun oleh dunia. Dapat dibayangkan bukan seberapa besar energi matahari yang dipancarkan untuk permukaan bumi tersebut.

Energi Alternatif Matahari Kelebihan dan Kekurangan

energi-alternatif-matahari

Yang paling penting untuk Anda ketahui yaitu energi matahari ini merupakan energi terbarukan. Energi terbarukan merupakan energi yang tidak akan pernah terjadi krisis kelangkaan. Sumber energi yang dihasilkan oleh matahari ini tidak akan pernah habis, energinya akan selalu tersedia. Tidak seperti batubara dan juga minyak bumi yang memiliki keterbatasan, akan habis dalam kondisi tertentu. Ada banyak kelebihan energi alternatif matahari selain karena kondisinya yang tidak akan pernah habis walau digunakan setiap hari. Untuk informasi lebih lengkap, silakan baca ulasan berikut.

Berikut ini ada beberapa kelebihan energi alternatif yang dapat Anda ketahui:

1. Ramah lingkungan

Kelebihan energi alternatif surya atau matahari yaitu ramah lingkungan. Energi matahari tidak menghasilkan limbah atau sisa pembuangan yang berbahaya bagi lingkungan. Tidak hanya dalam jangka yang pendek semata tetapi dalam jangka panjang.

2. Gratis

Selain tidak terbatas, energi matahari ini tersedia dalam jumlah banyak dan dapat digunakan secara gratis. Dengan begitu, untuk dapat menggunakannya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membelinya. Anda hanya perlu menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan mengolahnya menjadi energi yang siap pakai. Berbeda dengan minyak bumi yang dijual dengan harga yang relatif mahal.

3. Melimpah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, energi alternatif dari matahari ini tidak akan habis. Namun selain itu, energi matahari ini juga tersedia dalam jumlah yang sangat banyak atau melimpah.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh energi alternatif matahari. Namun selain kelebihan, energi alternatif ini juga memiliki kekurangan yang wajib Anda ketahui. Salah satunya yaitu tidak dapat diandalkan setiap saat, contohnya yaitu ketika musim hujan tiba. Ketika hujan, langit akan mendung dan menutupi sinar matahari. Akibatnya energi matahari tidak dapat digunakan, kebutuhan akan energi pun juga tidak akan terpenuhi. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa energi matahari tidak dapat diandalkan, mengingat ada banyak hal yang membutuhkan energi untuk mengerjakannya.

Selain tidak dapat diandalkan, energi matahari juga termasuk energi yang belum efisien serta penyimpanannya mengalami beberapa kendala. Karena alasan-alasan tersebutlah kenapa energi matahari masih belum digunakan atau dimanfaatkan secara optimal. Bagaimanapun, energi matahari ini tetap dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebaik mungkin. Contohnya yaitu adanya PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Ada beberapa PLTS di Indonesia, antara lain yaitu di Bali dan Flores. Dengan mengandalkan energi alternatif matahari tersebut, kebutuhan listrik dapat terpenuhi.


Loading...
Tags: Energi alternatif sinar matahari, energi alternatif matahari, kelebihan energi matahari, Kelebihan dan kekurangan energi matahari, penggunaan energi alternatif sinar matahari, kelebihan energi sinar matahari, tuliskan kelebihan dari energi sinar matahari, kelebihan dari energi sinar matahari, pemanfaatan energi alternatif matahari, kelebihan dari penggunaan energi sinar matahari adalah tidak menyebabkan, keuntungan energi matahari, kelebihan energi panas matahari, pemanfaatan energi matahari sebagai energi alternatif, energi alternatif cahaya matahari, keuntungan dari energi matahari