Efisiensi Energi Demi Masa Depan Bumi Kita

Dalam bidang ilmu pengetahuan atau sains terus melakukan pencarian teknologi yang lebih baru dan memiliki tingkat efisiensi yang ramah lingkungan. Efisiensi energi merupakan sebuah langkah, metode, atau prinsip yang diharapkan dapat menggunakan energi tersebut secara efisien sehingga mampu membantu menurunkan angka permintaan energi dunia. Misalnya dengan menggunakan lampu yang hemat energi.

Dengan peningkatan angka permintaan energi global, sehingga diperlukan sedikit energi untuk pemenuhan permintaan energi dunia tersebut, yang berimbas pada penurunan harga energi. Efisiensi energi inilah yang akan menjadi bahasan sejarah jika berhasil dilakukan.

Efisiensi Energi Alam dan Bangunanefisiensi-energi-demi-masa-depan-bumi-kita

 

Kita tahu, kebutuhan energi dunia terus bertambah dengan kebutuhan yang berbeda-beda pula, namun apabila hal ini dibiarkan energi di bumi ini akan habis bahkan bisa mengakibatkan banyak bencana di jaga raya. Ilmu pengetahuan saja belum mampu menemukan energi yang dapat diperbaharui dengan cepat untuk mengejar kebutuhan energi yang terus digerus.

Sebesar apapun cara yang digunakan untuk peningkatan efisien energi mampu mengurangi penggunaan energi global. Cara yang dapat dilakukan oleh setiap individu yaitu melalui kesadaran pribadi serta dalam melakukan suatu pembangunan seperti rumah, proses industri serta alat transportasi dipikirkan secara matang sebab dan akibat yang akan ditimbulkan oleh bumi. Contoh negatif hal yang tidak efisien dalam pembangunan rumah adalah menempatkan banyak kaca pada sudut-sudut rumah, hal ini dirasa tidak perlu karena efek rumah kaca tersebut dapat mengakibatkan global warming.

Beberapa cara yang dapat dipikirkan oleh individu atau khalifah di bumi untuk meningkatkan efisiensi dari sumber energi di bumi antara lain:

– Pembangunan bangunan rumah yang efisien atau hemat energi

Buatlah rumah yang minimalis saja, dalam penggunaan kaca jendela sebaiknya diminimalisir atau hindari pemasangan kaca jendela di setiap sudut rumah. Hindari menggunakan AC, Anda dapat mendapatkan cahaya atau angin pada pagi serta siang hari dengan membuka kaca jendela. Serta tanamlah tanaman hijau di pekarangan rumah Anda.

–¬†Meningkatkan efisiensi di bidang industri

Pemerintah hendak sudah memberitahukan kepada semua pemilik perusahaan industri untuk membuat saringan pembuangan limbah, filter pembuangan limbah itu digunakan agar limbah-limbah dari industri tersebut tidak dibuang sembarangan ke sungai karena dapat merusak ekosistem air bahkan ikan yang terdapat di dalamnya bisa terkena limbah tersebut sehingga jika ikan dari limbah industri dimakan akan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit termasuk kanker.

–¬†Efisiensi pada transportasi

Jika Anda hanya ingin pergi ke pasar yang jaraknya lumayan dekat, hendaklah tidak perlu menggunakan mobil atau motor yang dapat menambah polusi udara. Alangkah baiknya jalan kaki atau menggunakan sepeda, namun tetap harus memakai pelindung hidung yaitu masker. Hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi energi dimulai dari rasa tidak malas pada diri sendiri.

Efisiensi dalam bidang energi harus diaplikasikan sudah pada tingkatan multidimensi sehingga diharapkan mampu menghasilkan efek yang sangat baik. Kita sebagai khalifah di bumi harus berusaha melakukan usaha guna meningkatkan efisiensi sumber energi di bumi ini semampu yang kita bisa. Melakukan efisiensi penggunaan energi di sekitar kita merupakan syarat utama untuk ikut mengantisipasi apabila timbul ledakan jumlah penduduk serta konsumsi sumber energi yang semakin besar.

Nah, bagaimana teman-teman, apakah sudah cukup penjelasan mengenai efisiensi energi. Ingat ya, teman-teman selalu gunakanlah energi yang telah disediakan bumi ini dengan bijak. Sebagai khalifah di bumi hendaknya kita menjaga, merawat serta melestarikan energi yang ada di alam ini dengan bijak untuk keberlangsungan hidup manusia serta anak cucu kita nantinya.

Loading...

Tags: efisiensi energi, apa yang dimaksud dengan evisiensi dan energi, yang dimaksud dengan efisiensi energi alam, penjelasan tentang efisiensi energi, meningkatkan energi bumi penggunaan energi, maksud dari efisiensi energi alam, energi efisien, ekofisiensi minyak bumi, efisiensi penggunaan minyak bumi, efisiensi energi listrik, contoh efisiensi energi di masa depan, cara melakukan efisiensi energi, apasajakah contohenghemat energi individu, yang dimaksud efisiensi energi alam