Dimensi Energi Potensial Menurut Berbagai Sumber

Jika kita berbicara mengenai dimensi energi potensial, maka akan ada perumusanya tersendiri. Di dalam ilmu fisika, semua yang mempunyai usaha dan enegi bisa dirumuskan untuk mencari data dan kebenaran tertentu. Salah satu contohnya adalah energi potensial. Sebelum kita memulai, mari kita telaah dulu mengenai energi potensial.

Energi potensial adalah energi yang mampu menciptakan energi yang membuat suatu benda bergerak. Biasanya energi potensil akan dihasilkan melalui energi kinetik. Energi kinetik dan energi potensial sama sama termasuk dalam kategori energi gerak yang mempunyai rumus tertentu. Di dalam paragraph 2 hingga 4 ada penjelasan mengenai rumus energi potensial dan juga kinetik karena kedua energi ini saling berhubungan.

Rumus Dimensi Energi Potensial dan Kinetik

dimensi-energi-potensial

Untuk rumus dari dimensi energi potensial, bisa kita paparkan sebagai berikut. Massa adalah besaran pokok yang mempunyai dimensi M. Jadi energi potensial termasuk besaran turunan yang dirumuskan sebagai Ep = m.g.h yang mana m adalah massa yang mempunyai satuan kilogram yang berdimensi M. g adalah percepatan gravitasi yang mempunyai satuan m/s^2 yang mempunyai dimensi L/T atau L.T^-1 dan h adalah tinggi yang mempunyai satuan meterjadi satuan energi potensial bisa dirumuskan sebagai kg.m^2/s^2 dan mempunyai dimensi M.L^2/T^2 sama dengan M.L^2.T^-2.

Kita bisa mencari besarnya suatu energi potensial dengan rumus yang ada di paragraph ini dan kita juga harus memperhitungkan antara gravitasi percepatan dan juga massanya karena energi potensial termasuk dalam energi gerak.

Selain dimensi energi potensial, ada juga penjelasan singkat mengenai rumus dari energi kinetik yang saling berhubungan. Rumus dari energi kinetik adalah Ek sama dengan ( ½ ) m.v^2 yang mana m adalah massa yang mempunyai satuan kg dengan dimensi M. v adalah kecepatan yang mempunyai satuan m/s engan dimensi L/T. jadi satuan energi kinetik bisa dirumuskan sebagai kg.m^2/s^2 yang mempunyai dimensi M.L^2/T^2 yang sama dengan M.L^2.T^2. Massa yang ada di dalam energi kinetik dan juga energi potensial itu sendiri juga bisa dirumuskan sebagai kg.m/s^2 yang mana w adalah m.g dengan massa yang mempunyai besaran kilogram dan g sebagai gravitasi yang mempunyai satuan m/s2 dengan dimensi L/T^2.

Dimensi Energi Potensial dan Penjabaranya

Kita bisa menemukan berbagai macam dimensi energi potensial yang tepat, namun ada salah satu sumber yang mengatakan jika rumus dalam energi potensi adalah M.L2.T-2. Untuk mencari suatu dimensi energi potensial maka ada rumusnya yang ada di paragraph satu aitu E = m . g. h yang mana untuk mencari dimensinya kita bisa menghitung satuan sebagai Energi = massa.gravitasi. tinggi yang mempunyai persamaan dengan = kg.m/detik2.m. EP = kg.m^2/s^2, EP kg.m^2/s^2 dan kg.m^2.s^-2 adalah rumus yang dibutuhkan untuk menghitung besarnya energi potensial. Jadi ketika kita ingin mencari besaran dan juga dimensi dari energi potensial, maka kita akan menemukan (M)(L)^2(T)^-2.

Jika kita ingin menghitung suatu energi potensial, kita harus mengenai apa saja lambang yang akan digunakan dalam menghitung energi potensial menurut ilmu fisika. M adalah massa yang mempunyaii satuan kilogram dan g adalah gravitasi yang mempunyai satuan m/s^2 yang sama dengan (L)(T) lalu h adalah tinggi yang dilambangkan dengan satuan meter dan mempunyai dimensi sebagai (L). Itulah penjabaran singkat mengenai dimensi energi potensial.

 


Loading...
Tags: dimensi energi potensial, dimensi energi, dimensi dari energi potensial, dimensi energi potensial adalah, rumus dimensi energi potensial, dimensi besaran energi potensial, satuan energi potensial, dimensi energi potensial dan energi kinetik, tentukan dimensi dari energi potensial, dimensi dari besaran energi potensial, rumus energi potensial, lambang dimensi energi potensial, dimensi dari energi potensial adalah, dimensi energi kinetik dan potensial, dimensi potensial