Definisi Energi yang Perlu Kita Ketahui

Dalam melakukan suatu kegiatan, hal atau sesuatu yang berkaitan dengan kemampuan kerja kita membutuhkan energi. Definisi energi adalah kemampuan yang bertujuan untuk melakukan usaha kerja atau kemampuan untuk melakukan sebuah perubahan.

Energi terdiri dari 2 kelompok yaitu energi potensial dan energi kinetik. Di sekitar kita terdapat banyak sekali energi diantaranya energi mekanik, energi listrik, kimia, nuklir, angin dan lain sebagainya. Yang pasti energi tersebut ikut andil dalam mempengaruhi kegiatan manusia.

Definisi Energi Secara Umum

definisi-energi-alam

Definisi energi secara umum yaitu kata energi berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kerja yaitu ergon. Sedangkan menurut KKBI energi secara garis besarnya didefinisikan daya atau kekuatan yang akan diperlukan untuk dapat melakukan berbagai rangkaian proses kegiatan. Energi sendiri merupakan bagian yang berasal dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut, sehingga energi tersebut bersifat secara fleksibel yang dapat berpindah maupun dapat berubah.

Energi adalah sesuatu yang sangat berarti dalam kehidupan manusia di alam karena segala bentuk tindakan atau kegiatan, manusia memerlukan energi. Berikut ini definisi energi menurut para ahli antara lain:

1. Menurut Robert L. Wolke

Energi adalah kemampuan membuat sesuatu bisa terjadi.

2. Menurut Pardiyono

Energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu benda.

3. Menurut Michael J, Moran

Energi adalah sesuatu konsep dasar termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dalam analisis teknik.

4. Menurut Mikkrajuddin

Energi adalah kemampuan benda untuk melakukan usaha.

Definisi dari Macam-Macam Energi

Selain pengertian yang dijabarkan di atas sebagai definisi secara umum, menurut KKBI dan menurut tokoh. Saya juga akan memberikan penjelasan mengenai definisi dari macam-macam energi antara lain:

1. Energi panas

Definisi energi panas adalah energi yang hanya dimiliki oleh benda yang panas. Seperti benda yang terbakar menghasilkan kalori atau panas, lilin yang menyala dapat memutar kertas spiral diatasnya. Dari hal tersebut membenarkan bahwa panas merupakan salah satu dari energi panas.

2. Energi bunyi

Energi bunyi disebabkan karena adanya getaran-getaran yang kuat sehingga dapat menghasilkan bunyi. Bunyi adalah energi yang diakibatkan melalui benda-benda yang dapat mengeluarkan bunyi. Misalnya halilintar, petasan serta bom. Bunyi yang kuat akan menghasilkan energi besar sehingga energi yang besar bisa memekakkan telinga, menggetarkan atau bahkan memecahkan kaca jendela rumah.

3. Energi kinetik

Energi kinetik hanya dimiliki oleh benda yang sedang bergerak. Contoh dari benda yang bergerak dan dapat menghasilkan energi kinetik ini adalah kincir angin serta dinamo sepeda. Kincir angin biasanya dimanfaatkan oleh manusia untuk menghasilkan listrik serta menggerakkan turbin. Sedangkan dinamo sepeda digunakan untuk menyalakan lampu sepeda dengan putaran lampu sepeda tersebut.

Selain ketiga definisi tersebut terdapat beberapa definisi yang sangat penting juga diketahui dari macam-macam sumber energi yang ada di sekitar kita misalnya:

1. Energi potensial

Energi ini tersimpan dalam suatu benda yang dapat digerakkan menggunakan teknik. Contohnya katapel yang sedang regang merupakan energi potensial. Energi ini sewaktu-waktu bisa dilepaskan, busur anak panah, per yang terregang, pir ini disebut energi potensial pegas.

2. Energi listrik

Energi ini tersimpan dalam benda yang memiliki muatan listrik. Energi ini dihasilkan oleh arus listrik, energi ini mampu menggerakkan motor listrik. Misalnya lampu listrik, kipas angin serta pompa air listrik.

Demikianlah beberapa definisi energi secara umum, pendapat para ahli serta definisi dari macam-macam energi yang ada di dalam bumi kita dan berada di sekitar kita. Semoga kita dapat memanfaatkan energi tersebut dengan bijak dan hemat.


Loading...
Tags: definisi energi, energi adalah, arti energi, defenisi energi, pengertian menghemat energi menurut para ahli, pengertian energi secara ke seluruhan, pengertian energi menurut para ahli dan pengrtian secara umum, pengertian dari energi, menurut profesor energi kinetik menjadi listrik, apa definisi energi?, definisi energi wikipedia, definisi energi pilihan, arti energ, teori sumber energi menurut ahli