Contoh Perubahan Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh perubahan energi mungkin sudah dibahas sebelumnya di SMP dan SMA dalam materi pelajaran energi dan perubahannya. Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan energi? Energi adalah segala sesuatu yang bisa menimbulkan sebuah usaha. Energi juga bisa berarti sebuah usaha yang tersimpan.

Satuan energi sendiri adalah Joule berdasarkan Satuan Internasional (SI). Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tak pernah terlepas dari yang namanya energi. Bahkan untuk berjalan saja, kita membutuhkan energi untuk bergerak. Tak hanya itu saja, barang-barang yang ada di sekitar kita pun secara tidak langsung membutuhkan energi agar bisa bermanfaat sesuai fungsinya.

Bentuk Energi dan Contoh Perubahan Energi

contoh-perubahan-energiSebelum kita membahas mengenai contoh perubahan energi, terlebih dahulu kita bahas beberapa bentuk energi yang bisa kita pelajar berikut ini:

– Energi Bunyi

Energi bunyi adalah sebuah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, seperti bunyi halilintar bunyi gitar, bunyi petasan dan lain sebagainya.

– Energi Kimia

Energi kimia merupakan sebuah energi yang masih tersimpan pada persenyawaan kimia berdasarkan proses kimia yang terjadi. Adapun besarnya jumlah energi kimia yang dihasilkan sendiri bisa dihitung berdasarkan jumlah dan jenis pereaksi pada sebuah reaksi kimia tertentu. Sementara alat untuk menghasilkan energi ini, contohnya adalah baterai dan aki.

– Energi Panas

Energi yang dihasilkan dari matahari, yang disebut juga sebagai energi kalor adalah energi panas. Seperti kita ketahui, matahari atau surya adalah sumber dari energi panas yang begitu besar kapasitasnya. Dengan adanya tenaga matahari ini bisa memenuhi kebutuhan semua makhluk hidup yang ada di dunia.

– Energi Listrik

Energi yang paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga lainnya adalah energi listrik. Energi yang satu ini bisa diganti ke dalam bentuk energi lainnya, misalnya energi panas, energi bunyi, energi gerak dan lainnya.

– Energi Potensial

Energi yang dimiliki oleh sebuah benda berdasarkan kedudukannya terhadap sebuah acuan tertentu adalah energi potensial.

– Energi Mekanik

Energi yang dihasilkan akibat sebuah usaha yang berkaitan dengan sebuah gerakan pada benda tertentu adalah energi mekanik.

Nah, dari bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Energi Listrik – Energi Panas

Contoh perubahan dari energi listrik menuju energi panas, contohnya adalah penggunaan oven, kompor listrik, setrika hingga microwave.

2. Energi Listrik – energi Kimia

Perubahan dari energi listrik menuju energi kimia contohnya adalah charger batu baterai, pengisian aki atau accumulator.

3. Energi Listrik – Energi Gerak

Contoh perubahan energi listrik menjadi sebuah energi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, blender dan masih banyak lagi.

4. Energi Gerak – Energi Panas

Perubahan energi gerak menjadi sebuah energi panas, contohnya adalah ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh akan menjadi panas.

5. Energi Cahaya – Energi Listrik

Perubahan sebuah energi cahaya ke dalam energi listrik adalah contohnya teknologi panel surya.

6. Energi Listrik – Energi Panas

Contoh dari perubahan energi listrik ke energi panas adalah dari penggunaan hair dryer.

7. Energi Gerak – Energi Bunyi

Energi gerak yang diubah menjadi energi bunyi, bisa kita contohkan dari menabuh gendang atau bertepuk tangan yang akan menghasilkan suara.

8. Energi Kimia – Energi Panas

Perubahan dari energi kimia ke dalam bentuk energi panas bisa terdapat pada makanan yang kita makan, seusai dikonsumsi hingga menjadi panas.

Demikianlah pembahasan mengenai bentuk-bentuk energi dan contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.


Loading...
Tags: perubahan energi, contoh perubahan energi, 20 contoh perubahan energi, perubahan bentuk energi, contoh energi listrik menjadi energi gerak, perubahan energi listrik, contoh konversi energi, bentuk perubahan energi, contoh perubahan energi listrik, contoh perubahan bentuk energi, contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari hari, energi dan perubahannya, contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari hari, contoh energi kimia menjadi energi gerak, macam macam perubahan energi