Contoh Perubahan Bentuk Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perubahan bentuk energi sebenarnya sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apa sih yang dimaksud dengan energi? Energi merupakan sebuah kemampuan dalam melakukan usaha atau pekerjaan.

Energi sendiri diambil dari kata Yunani, yakni “ergon” atau bekerja. Ketika melakukan suatu tindakan tentu kita akan memanfaatkan yang namanya energi, entah secara tidak sadar ataupun secara sadar. Contoh kecilnya saja, saat kita berlari atau berjalan maka kita membutuhkan energi untuk bergerak. Akan tetapi, setiap aktivitas sendiri membutuhkan energi dengan bentuk dan jumlah yang bervariasi.

Perubahan Bentuk Energi dalam Kehidupan Manusia

perubahan-bentuk-energiAda banyak macam perubahan bentuk energi yang kita jumpai, namun sebelumnya tentu kita harus mengetahui macam-macam bentuk dari energi itu sendiri. Energi mekanik merupakan bagian dari energi yang terdapat pada sebuah benda karena pergerakannya. Dalam energi mekanik sendiri terbagi lagi menjadi energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial merupakan energi pada sebuah benda akibat kedudukan ataupun posisinya. Contoh dari energi potensial ini adalah ketika kita berdiam diri dan tidak melakukan pergerakan ataupun kita menyimpan buku di atas meja.

Selain energi potensial, bagian dari energi mekanik lainnya adalah energi kinetik yakni energi yang tersimpan pada benda yang bergerak. Ada beberapa contoh energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari, energi mekanik juga bisa berarti merupakan perubahan bentuk energi potensial ke energi kinetik.

Misalnya saja, ketika kita menabrak seseorang yang sedang terdiam. Kita yang bergerak awalnya memiliki energi kinetik maksimum, namun setelah bergerak kita akan mengalami penurunan energi kinetik karena sebagian energi diubah menjadi energi potensial. Sebaliknya, orang yang kita tabrak awalnya memiliki energi potensial maksimum, setelah tertabrak energi potensial akan berkurang dan berubah menjadi energi kinetik.

Selain energi mekanik, ada yang namanya energi cahaya yang merupakan energi hasil gelombang elektromagnetik. Adapun contoh dari energi cahaya ini adalah cahaya lampu. Energi panas juga termasuk salah satu bentuk energi yang dihasilkan akibat pergerakan partikel penyusun internal pada sebuah benda. Energi panas bisa dikatakan juga sebagai energi yang menghasilkan panas, contohnya saat kita memanaskan air. Selain energi panas, ada lagi energi nuklir yang merupakan energi hasil reaksi inti yang berasal dari bahan radioaktif. Adapun contoh dari bentuk energi ini adalah pemakaian bom nuklir.

Satu lagi bentuk energi berikutnya adalah energi kimia yang terjadi akibat reaksi kimia. Adapun contoh dari energi kimia ini adalah reaksi kimia dalam tubuh setelah kita mengkonsumsi makanan. Untuk Anda yang ingin mengetahui perubahan bentuk energi, ini dia contohnya untuk Anda:

1. Penggunaan kipas angin dalam rumah tangga, terjadi sebuah perubahan dari energi listrik diubah menjadi energi gerak. Energi listrik di sini adalah penggunaan kipas angin yang tak lain dinyalakan ketika dihubungkan ke listrik, setelah dinyalakan maka kipas angin akan menghasilkan energi gerak.

2. Penggunaan bel dalam kehidupan sehari-hari saat ada tamu berkunjung ke rumah, merupakan fenomena perubahan energi dari energi listrik menjadi sebuah energi bunyi. Bel rumah dihubungkan melalui listrik setelah dinyalakan akan berubah menjadi energi bunyi.

3. Proses mekanisme pengolahan makanan dalam tubuh juga tak lain merupakan salah satu bentuk dari perubahan energi kimia yang diubah menjadi energi mekanik atau energi gerak. Dimana ketika kita mengkonsumsi makanan maka makanan tersebut akan diolah berdasarkan reaksi kimia setelah itu dikonversi menjadi sumber energi gerak atau mekanik yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau beraktivitas.

Itulah beberapa contoh kecil dalam pembelajaran mengenai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu!


Loading...
Tags: contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak, contoh energi dalam kehidupan sehari hari, sebutkan contoh perubahan energi listrik menjadi energi bunyi berikan minimal 3 contoh, Contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari, energi gerak menjadi energi bunyi, contoh perubahan energi listrik menjadi energi cahaya, contoh perubahan energi kimia menjadi listrik, ketika perubahan bentuk benda terjadi maka akan menghasilkan energi, contoh energi nuklir dalam kehidupan sehari hari, manfaat perubahan energi dalam kehidupan sehari hari, contoh perubahan tenaga potensial menjadi tenaga kinetik, perubahan energi yang terjadi pada tubuh kita, perubahan energi pada tubuh manusia, contoh perubahan energi kimia menjadi energi listrik yang menghasilkan bunyi, perubahan energi pada tubuh kita