Contoh Energi Panas di Kehidupan Sehari-Hari

Contoh energi panas pada kehidupan sehari-hari akan dibahas pada kesempatan kali ini. Namun sebelum membahas hal tersebut, ketahui terlebih dahulu apa itu sumber energi panas. Sumber energi panas merupakan sesuatu yang dapat menghasilkan panas.

Jadi, apapun yang dapat menghasilkan energi panas merupakan sumber energi panas. Contohnya yang paling sederhana yaitu 2 benda yang saling bergesek, hal tersebut merupakan sumber energi panas. 2 benda yang saling bergesek atau digesekkan lama-kelamaan akan menghasilkan energi panas. Anda dapat membuktikannya sendiri dengan menggosokkan kedua telapak tangan Anda.

Contoh energi panas yang satu ini bahkan sudah banyak dibuktikan, Anda tentu pernah melakukannya. Ketika Anda kedinginan, secara sengaja atau tidak Anda akan menggosokkan kedua tangan Anda bersamaan. Energi panas yang dihasilkan akan membuat Anda merasa hangat walau di tengah-tengah kedinginan.

Contoh Energi Panas di Kehidupan Manusia

contoh-energi-panasOleh karena itu, sebagian besar orang akan melakukan cara ini ketika merasa kedinginan. Terlebih lagi tubuh manusia memiliki suhu yang cukup hangat, jika digosok maka akan mudah hangat atau bahkan panas. Selain itu, masih banyak lagi contoh lain dari energi panas di kehidupan Anda sehari-hari.

Untuk contoh energi panas lainnya yaitu matahari, sumber energi panas yang paling alami. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar untuk bumi, berupa energi panas dan juga energi cahaya. Sebagai bukti bahwa matahari merupakan sumber energi panas yaitu dari proses pengeringan pakaian yang Anda cuci.

Ketika mencuci biasanya Anda akan menjemurnya di bawah terik matahari agar lebih cepat kering. Panas alami yang dihasilkan matahari untuk bumi memang cukup bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Energi panas yang dihasilkan matahari bahkan dimanfaatkan untuk banyak hal di bumi.

Energi panas matahari bahkan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik. Hal ini dibuktikan dari banyaknya sumber energi listrik yang dihasilkan oleh energi panas matahari. Ada beberapa alat elektronik yang menggunakan energi panas matahari. Contohnya yaitu lampu rambu lalu lintas, pemanas air, powerbank dan masih banyak lainnya.

Alat-alat elektronik tersebut dapat digunakan jika mendapatkan energi panas matahari yang cukup. Contoh energi panas tersebut tentu dapat Anda lihat di kehidupan sehari-hari Anda. Tanpa sumber listrik, alat elektronik tersebut dapat dimanfaatkan.

Pada dasarnya, panas suatu benda dapat diukur dengan beberapa metode. Salah satu metodenya yaitu dengan memegang atau merasakannya menggunakan tangan Anda. Atau untuk hasil maksimal, pengukuran panas ini dapat dilakukan menggunakan alat. Alat yang dapat digunakan yaitu termometer atau pengukur suhu (panas) pada suatu benda.

Jika menggunakan tangan, Anda akan sulit menghitung atau mengukur berapa energi panas tersebut. Berbeda jika menggunakan termometer, Anda lebih mudah mengetahui ukuran panasnya. Contohnya di kehidupan sehari-hari dalam menggunakan termometer ini yaitu ketika mengukur suhu tubuh seseorang yang sedang demam. Untuk mengetahui seberapa parah demamnya, dibutuhkan pengukur suhu tersebut.

Termometer tersebut berisi air raksa, sebelum digunakan harus digoyang-goyang terlebih dahulu. Untuk mengetahui panas atau suhu suatu benda, Anda cukup meletakkan termometer pada benda tersebut. Untuk tubuh manusia sendiri biasanya diletakkan pada bagian tertentu sehingga mendapatkan suhu yang terpanas.

Bagian tubuh tersebut antara lain yaitu ketiak, hidung, mulut dan juga telinga. Oleh sebab itu, banyak orang sakit atau orang demam yang diukur suhunya pada bagian-bagian tersebut. Demikian yang dapat disampaikan mengenai beberapa contoh energi panas, semoga dapat bermanfaat.


Loading...
Tags: Contoh energi panas, contoh sumber energi panas, benda yang menghasilkan energi panas, pengertian energi panas dan contohnya, contoh energi panas dalam kehidupan sehari-hari, sumber energi panas dan contoh penggunaannya, benda yang menghasilkan panas, sifat energi panas, contoh energi panas bumi, 3 contoh energi panas, contoh benda energi panas, benda yg menghasilkan panas, alat yang menghasilkan panas, sumber panas adalah, energi yang menghasilkan panas