Contoh Energi Listrik Sebagai Sumber Penghasil Listrik

Contoh energi listrik dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak macamnya. Energi listrik sendiri merupakan energi yang sangat banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari pada manusia. Selain itu, energi ini termasuk energi yang sifatnya paling mudah untuk dikonversi ke bentuk energi lainnya.

Energi listrik sendiri termasuk energi yang mudah diubah ke dalam berbagai energi yang lainnya seperti energi kalor, energi kimia, energi kinetik, energi bunyi dan energi cahaya. Lalu bagaimana mendapatkan energi listrik tersebut? Ya, kita akan mempelajari beberapa contoh sumber energi listrik yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Energi Listrik Sehari – hari

contoh-energi-listrik

Di bawah ini ada beberapa contoh energi listrik yang bisa kita manfaatkan sebagai sumber penghasil energi listrik, antara lain:

1. Minyak

PLTD atau pembangkit listrik tenaga diesel sendiri memanfaatkan minyak untuk dijadikan bahan bakar sebagai pembangkit listrik di Indonesia khususnya. Minyak sebagai salah satu penghasil energi listrik ini banyak dijumpai di Indonesia dengan mudah. Hanya saja sistem pembangkit listrik yang satu ini menimbulkan limbah asap sebagai pemicu polusi udara. Selain itu, minyak juga termasuk ke dalam kategori energi yang tak dapat diperbaharui. Maka dari itu, kita bisa memilih energi alternatif penghasil listrik lainnya.

2. Nuklir

Contoh energi listrik lainnya adalah energi nuklir yang termasuk sumber energi listrik yang begitu dahsyat. Sebagai salah satu sumber energi listrik. Nuklir merupakan jenis pembangkit listrik yang ramah lingkungan karena tak menghasilkan limbah asap yang memicu polusi udara. Selain itu, kita juga hanya memakai sedikit saja bahan nuklir untuk menghasilkan sebuah energi besar.

Namun kelemahannya adalah jika terjadi kebocoran pada reaktor nuklir tersebut, sehingga bisa menimbulkan bencana yang begitu besar terjadi. Selain itu, ledakan akibat nuklir ini bisa membunuh manusia secara masal. Maka dari itu, memerlukan pertimbangan yang benar-benar matang dalam memilih energi nuklir yang satu ini.

3. Angin

Untuk mendapatkan energi listrik lainnya kita bisa memanfaatkan angin. Memakai pembangkit angin untuk menghasilkan listrik memang termasuk pilihan yang tepat karena tak memerlukan bahan bakar tertentu. Selain itu, karena angin ketersediaannya tidak terbatas jadi kita bisa memanfaatkannya kapan pun.

Hanya saja, jika ingin memanfaatkan pembangkit angin untuk menghasilkan angin membutuhkan lokasi yang begitu luas dengan intensitas angin yang begitu kuat. Tak hanya itu saja, contoh energi listrik yang satu ini juga memerlukan turbin yang tidak sedikit agar menghasilkan energi listrik yang mencukupi.

4. Gelombang Laut Pasang

Energi penghasil listrik lainnya adalah dengan memanfaatkan gelombang laut yang pasang. Memakai pembangkit listrik yang satu ini pastinya tidak akan merusak lingkungan. Hanya saja, untuk memanfaatkannya membutuhkan anggaran yang sangat besar untuk membangun sebuah reaktor. Selain itu, memanfaatkan gelombang laut yang pasang untuk penghasil listrik sendiri tergolong tidak stabil karena tergantung dari kecepatan ombak yang dihasilkan.

5. Batu Bara

Kita juga bisa memanfaatkan batu bara untuk menghasilkan sebuah energi listrik. Apalagi batu bara ini memang mudah untuk ditemukan. Akan tetap kekurangannya adalah untuk memanfaatkannya maka kita membutuhkan lubang yang begitu besar sehingga bisa memakan biaya dan juga tempat. Tak hanya itu saja, hasil dari pembakaran ini juga bisa menimbulkan asap yang dapat merusak udara atau lingkungan sekitar.

Nah, itulah beberapa contoh energi listrik dari berbagai sumber energi yang dapat menghasilkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari!


Loading...
Tags: contoh energi listrik, benda yang menghasilkan energi listrik, contoh sumber energi listrik, sumber sumber energi listrik, macam macam sumber energi listrik, benda yang menghasilkan listrik, contoh sumber listrik, macam energi listrik, penghasil energi listrik, sebutkan contoh energi listrik, macam macam energi listrik, Sebutkan sumber penghasil energi, energi yang menghasilkan listrik, contoh gambar energi listrik, contoh benda yang merupakan sumber listrik adalah