Contoh Energi Kinetik Rotasi dalam Kehidupan Sehari Hari

Jika kita berbicara mengenai energi kinetik rotasi, maka kita akan menemukan banyak contoh yang bisa kita lihat dalam kehidupan kita sehari hari. Salah satu contoh energi kinetik rotasi adalah jam dinding yang mempunyai jarum panjang dan jarum pendek. Kedua jarum yang berputar ini juga merupakan contoh dari energi kinetik rotasi yang berputar dalam suatu tempat tertentu.

Selain itu, turbin yang digerakan oleh angina tau air juga merupakan energi kinetk rotasi yang merubah dari energi gerak menjadi energi potensial yang selanjutnya akan dikonversikan menjadi energi listrik. Berikut adalah rumus yang bisa digunakan untuk menghitung besarkan energi kinetik yang berputar seperti yang ada pada jam dinding dan juga turbin.

Pengertian Energi Kinetik Rotasi dan Contohnyacontoh-energi-kinetik-rotasi

 

Sebelum memulai, mari kita perhatikan apa itu pengertian energi kinetik rotasi. Pengertianya adalah energi yang dihasilkan melalui suatu gerak yang berhubungan dalam suatu benda. Contoh singkat dari energi kinetik yang berputar adalah sebuah planet yang berputar mengelilingin matahari.

Hal ini bisa dikatakan sebagai energi kinetik rotasi karena planet planet yang ada pada tata surya kita berputar karena adanya medan magnet pada matahari yang kuat dan juga mempunyai orbit tersendiri untuk berputar. Lain halnya dengan asteroid dan bintang yang kebanyakan tidak memiliki jalur orbit dan berputar secara tidak beraturan. Hal ini memang bisa disebut sebagai energi gerak, namun tidak bisa disebut sebagai energi kinetik rotasi.

Sebuah roda yang bergerak pada sumbu mobil juga bisa dikatakan sebagai energi kinetik rotasi. Hal ini bisa dikatakan energi gerak yang berputar karena terdapat semacam sumbu sebagai penggeraknya. Mesin yang menggerakan sumbu ban yang ada ditengah mampu membuat roda dan ban berputar yang nantinya akan digunakan agar mobil bisa berjalan.

Hal ini dikategorikan sebagai energi kinetik rotasi yang mana roda berputar pada suatu sumbu dan mempunyai pola gerak yang sama dari suatu tempat ke tempat lain. Memang sepeda motor atau mobil yang jalan tidak harus berjalan secara lurus dan ada kalanya berbelok, namun posisi ban tetap pada tempat yang sama sehingga tidak berubah pada posisi semula.

Contoh energi kinetik yang paling kecil adalah electron yang mengelilingi inti. Pada setiap atom, ada electron yang bergerak mengelilingi suatu atom. Hal ini juga bisa dikategorikan sebagai energi kinetik rotasi.

Bergeraknya turbin pada pembangkit listrik tenaga air dan angin juga merupakan energi kinetik rotasi. Turbin pada pembangkit listrik ini bisa bergerak namun memiliki posisi yang tetap dari posisi semula. Kincir angin juga menjadi salah satu contoh dari energi kinetik rotasi yang mana kincir angin bergerak memutar karena adanya angin yang berputar namun posisi dari kincir angin tidak berubah. Kincir angin inilah yang nantinya akan merubah dari energi kinetik menjadi energi listrik.

Energi Kinetik Rotasi dan Juga Pemanfaatnya. Kita bisa memanfaatkan energi kinetik untuk kehidupan sehari hari. Contoh yang paling simple adalah jam dinding yang berputar karena ada perubahan dari energi kimia menjadi energi gerak. Dua jarum yang bergerak pada jam ini bisa dikategorikan sebagai energi kinetik yang mempunyai gaya rotasi. Contoh yang lebih besar adalah gerak dari kincir angin yang bergerak dari keadaan diam untuk mencapai kecepatan tertentu. Itulah beberapa macam contoh mengenai energi kinetik rotasi yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari hari.

Setelah mengetahui penjelasan dan contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari lengkap dengan manfaatnya. Kali ini akan membahas mengenai rumus dari energi kinetik rotasi. Benda dapat dikatakan memilki energi kinetik rotasi (Ekr) jika benda tersebut memiliki momen inersia (I)  dan berotasi dengan kecepatan sudut (ω).

Ketika sebuah benda berotasi maka besar energi kinetik rotasi yang dimiliki oleh benda tersebut adalah sebanding dengan hasil kali momen inersia dan kuadrat kecepatan sudutnya. Secara matematis, besarnya energi kinetik rotasi dapat dihitung dengan rumus:

EKr = 1/2 I . ω

Keterangan:

EKr = energi kinetik rotasi (joule)

I = momen inersia

ω = kecepatan sudut (rad/s)

Energi Kinetik Benda Menggelinding

Ketika sebuah benda menggelinding, maka benda tersebut melakukan dua gerak sekaligus yaitu gerak rotasi dan gerak translasi. Sehingga untuk mencari energi kinetik, Anda harus menjumlahkan energi kinetik rotasi dan energi kinetik translasi. Secara matematis, rumus untuk mencari energi kinetik benda menggelinding adalah:

EKtotal = EKt + EKr

EKtotal = 1/2 m v² + 1/2 I ω²

Keterangan:

EKtotal = energi kinetik total (joule)

EKt =  energi kinetik translasi (joule)

EKr = energi kinetik rotasi (joule)

m = massa benda (kg)

v = kecepatan linear benda (m/s)

I = momen inersia (kg m²)

ω = kecepatan sudut (rad/s)

Namun tak hanya itu saja, persamaan di atas dapat disederhanakan dengan penurunan rumus sebagai berikut:

EKtotal =  EKt + EKr

EKtotal = 1/2 m . v² + 1/2 I . ω²

EKtotal = 1/2 m . v² + 1/2 (k . m . R²).(v/r)²

EKtotal = 1/2 m . v² + 1/2 k . m . v²

EKtotal = 1/2 m . v² + k 1/2 m . v²

EKtotal =  1/2 m . v² (1 + k)

k sendiri merupakan bilangan skalar pada rumus momen inersia benda. Misalnya saja untuk silinder pejal k = 1/2.


Loading...
Tags: contoh gerak rotasi dalam kehidupan sehari-hari, contoh gerak translasi dan rotasi dalam kehidupan sehari-hari, pengertian energi kinetik rotasi, contoh gerak rotasi, energi kinetik rotasi, contoh soal energi kinetik rotasi, contoh energi kinetik rotasi, Apa yang dimaksud dengan energi kinetik rotasi, pengertian rotasi benda dan contonya dalam kehidupan seari hari, energi kinetik pada benda berputar, pengertian rotasi benda beserta contohnya dalam kehidupan sehari hari, contoh dikehidupan sehari hari gerak translasi rotasi menggelinding, persamaan energi kinetik yang berotasi, contoh benda benda yang mengalami rotasi, contoh kehidupan sehari hari dalam energi kinetik rotasi