Contoh Energi Cahaya yang Ada di Sekitar Kita

Contoh energi cahaya yang selalu kita manfaatkan sehari-hari adalah cahaya yang dihasilkan oleh lampu. Energi cahaya merupakan energi yang dihasilkan oleh sebuah sumber cahaya. Selain itu, energi sendiri memiliki arti kemampuan untuk melakukan usaha. Dalam bahasa Yunani, energi disebut dengan ergon.

Energi memiliki satuan internasional bernama Joule (J) sesuai dengan nama James Presscot Joule yang melakukan percobaan persamaan mekanik panas. Adapula satuan lainnya yaitu Kalori. Semua energi mengikuti hukum kekekalan energi yaitu tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Cahaya merupakan energi berupa gelombang elektromagnetik yang panjangnya antara 380-750 nm dan kasat mata. Dalam fisika cahaya disebut sebagai radiasi elektromagnetik.

Contoh Energi Cahaya dalam Kehidupan Sehari-haricontoh-energi-cahaya-yang-ada-di-sekitar-kita

 

Gelombang elektromagnetik merupakan dua gelombang yang merambat di dua buah bidang yang tegak lurus, bidang tersebut adalah medan magnet dan medan listrik. Pada bidang yang vertikal gelombang cahaya merambat dari sisi kiri ke sisi kanan medan listrik dan medan magnet pada bidang horizontal. Tanpa energi cahaya maka bumi kita akan menjadi gelap.

Pada proses penglihatan, kita dapat melihat sebuah benda karena adanya sumber cahaya yang mengenai sebuah benda lalu memantulkannya ke mata kita. Salah satunya cahaya yang dihasilkan oleh lampu sebagai contoh energi cahaya. Semakin jauh dari sumber cahaya maka penglihatan kita akan menjadi semakin tidak jelas.

Contoh energi cahaya yang ada di sekitar kita adalah matahari, lilin, korek api, dan lampu. Tentunya ada banyak jenis lampu yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti lampu senter, lampu motor atau mobil, dan lampu-lampu yang terpasang di langit-langit rumah kita. Manfaat energi cahaya sangat banyak, tidak hanya untuk menerangi sebuah ruang yang gelap, energi cahaya juga digunakan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan.

Seperti yang kita tahu, fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang berposisi sebagai produsen dalam rantai makanan. Tanpa adanya proses fotosintesis maka makhluk hidup lain tidak akan mendapatkan energi. Untuk itulah energi matahari disebut sebagai energi utama karena digunakan dalam proses fotosintesis.

Pada proses fotosintesis terjadi proses perubahan energi yaitu energi cahaya menjadi energi kimia. Energi cahaya yang dimaksud adalah energi matahari yang merupakan sumber energi terbesar di bumi. Energi cahaya memang dapat diperoleh dari sumber cahaya maupun proses perubahan energi.

Salah satu contoh energi cahaya yang dihasilkan dari perubahan energi adalah lampu yang ada di dalam rumah Anda. Lampu dihasilkan dari perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Peralatan lain yang juga dihasilkan dari perubahan energi listrik menjadi energi cahaya adalah televisi, dan komputer.

Sementara itu energi cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya adalah matahari dan bintang. Di bumi kita juga bisa mendapatkannya dari hewan bernama-kunang-kunang. Kunang-kunang adalah salah satu contoh energi cahaya yang dihasilkan dari sumber cahaya. Kunang-kunang merupakan hewan yang sering muncul di malam hari dan menghasilkan cahaya yang sangat indah. Kini keberadaan kunang-kunang sudah tidak sebanyak dulu karena adanya perubahan lingkungan yang tidak mendukung kehidupan mereka.

Energi cahaya memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan kita. Tadi kita sudah membahas manfaat cahaya untuk penerangan dan fotosintesis. Masih sangat banyak manfaat energi cahaya yang biasanya digunakan dalam skala besar seperti industri. Misalnya penggunaan sinar laser, alat pemotong logam dan teknologi lainnya yang juga merupakan salah satu contoh energi cahaya.

Loading...

Tags: Energi cahaya, contoh energi cahaya, benda yang menghasilkan cahaya, sumber energi cahaya, pengertian energi cahaya dan contohnya, Pengertian energi cahaya, macam macam sumber cahaya, Jelaskan salah satu contoh energi cahaya, sumber cahaya, Benda yang menghasilkan energi cahaya, artikel pengertian energi cahaya, benda yg menghasilkan cahaya, definisi energi cahaya, contoh cahaya, contoh sumber energi cahaya