Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Yang Tepat

Sebelum membeli alat elektronik seperti pemanas air, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan mulai dari spesifikasi, harga, kemampuan serta sesuai dengan kondisi tempat tinggal Anda. kebutuhan akan pemanas air pada masa kini bukan hanya sekedar gaya hidup, akan tetapi lebih cenderung pada fungsinya yang dapat dimanfaatkan untuk memanaskan air dengan instan, tertutama pada kebutuhan rumah tangga.

Dengan adanya hal ini  kini setiap orang tidak perlu khawatir ketika ingin madi dengan air hangat, karena  dengan adanya pemanas air tenaga surya persediaan air hangat bisa didapatkan kapan saja dengan mudah. Nah bagi Anda yang tertarik menggunakan pemanas air ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. untuk lebih jelasnya berikut adalah tips memilih pemanas air terbaik  agar sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.pemanas-air-tenaga-surya

Cara mudah memilih pemanas air tenaga surya

Sesuaikan dengan kebutuhan

Yang pertama adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Mengetahui kebutuhan Anda dan keluarga adalah hal utama yang harus diketahui. Apakah air hangat yang Anda iniginkan hanya untuk mandi ataupun untuk semuanya termasuk juga mencuci. Dengan begitu tentu saja hal ini dapat mempermudah Anda untuk memilih alat yang tepat agar asupan air hangat di rumah Anda tetap terjaga dan tersedia.

Menyesuaikan dengan dana yang dimiliki

Yang kedua adalah dengan menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki juga tak kalah penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan harga pemanas air yang ditawarkan oleh pihak produsen pastinya memiliki harga yang bervariasi. Jika bingung, tak ada salahnya untuk bertanya kepada staf penjualan. Dan pastinya mereka akan senang hati membantu Anda memilih pemanas air yang sesuai dengan Anda.

Perhatikan energi

Cara memilih pemanas air tenaga surya selanjutnya adalah dengan cara memperhatikan energ. Dalam operasionalnya setiap pemanas air pastinya memiliki sistem kerja yang bervariasi berdasarkan sumber yang berbeda. dengan memahami energi yang digunakan Anda bisa mempertimbangkan  keuntungan dan kerugian.

Menentukan lokasi

Sistem pemanas air yang menggunakan tenaga surya dipasang di atap. Untuk hasil terbaik, atap rumah Anda harus menerima sinar matahari langsung antara jam  10.00 hingga 04.00. jika atap tidak memungkinkan, Anda bisa mempertimbangkan sismtem dudukan di tanah sebagai gantinya.

Jangan lupa perawatan

Jika sudah selesai melakukan penginstalan sistem surya, penting untuk melakukan perawaatan secara berkala. Hal ini berguna agar pemanas air dapat beroperasi lebih baik dan efisien. Ketika melakukan perawatan, pastikan kolektor bersih dan tidak  berbayang, kolektor terhubung dengan kencang ke atap, pipa dan kabel terhubung dengan baik tanpa kerusakan serta penopang atau atap dalam kondisi kokoh.

Nah itulah beberapa tips memilih pemanas air tenaga surya yang tepat.


Loading...
Tags: air apa yg di gunakan utuk tenaga surya, alat pemanas air di atap rumah