Cara Membuat Kipas Angin Tanpa Listrik

Di dalam berbagai macam forum, mungkin kita pernah melihat ada tata cara mengenai cara membuat kipas angin tanpa listrik. Nah, kita juga pasti akan berfikir bagaimana mungkin kipas angin yang membutuhkan daya listrik bisa bergerak tanpa menggunakan listrik. Hal ini bisa saja kita lakukan dan mudah.

Namun, bahan bahan utama yang digunakan dalam membuat kipas angin tanpa menggunakan listrik sangat mahal. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kipas angin tanpa menggunakan daya listrik adalah magnet. Seperti kita ketahui, magnet juga bisa digunakan sebagai media penghasil listrik dan kipas angin juga merupakan salah satu media untuk menghasilkan listrik sehingga menyebabkan baling baling bergerak. Berikut adalah cara pembuatan kipas angin tanpa menggunakan daya listrik

Kipas Angin Tanpa Listrik dengan Menggunakan Magnet

kipas-angin-tanpa-listrikJika kita ingin membuat kipas angin tanpa listrik, pastikan kita mempunyai bahan utama yaitu magnet. Namun, magnet yang dimaksut adalah magnet murni dan berjumlah 4 buah. Di pasaran, magnet murni yang berukuran kecil memiliki harga yang sangat mahal dan magnet yang berukuran kecil seperti yang akan digunakan di kipas angin tanpa listrik sangat jarang dijual karena pasokanya yang sangat jarang.

Magnet yang digunakan pada kipas angin tanpa menggunakan listrik haruslah magnet monopole. Magnet monopole nantinya akan menghasilkan putaran pada kipas angin secara optimal dan tidak tersndat sendat. Beberapa penelitian sudah dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan magnet monopole, namun hasilnya belum efektif lantaran kurangnya sarana.

Ada salah satu kendala yang umum dihadapi ketika para ahli menggunakan magnet monopole sebagai sumber tenaga sebagai penggerak kipas angin tanpa listrik. Salah satu kendala yang dialami adalah daya listrik yang dihasilkan oleh magnet di kipas angin relative masih kecil sehingga tidak efektif untuk membuat kipas angin berputar, apalagi kipas angin yang mempunyai ukuran dan baling baling yang besar.

Kipas Angin Tanpa Listrik Sebagai Energi Alternatif

Magnet dan tembaga pada kipas angin haruslah mempunyai bahan yang bagus sehingga tembaga pada poros kipas angin tadi mampu menghasilkan tenaga yang berasal dari magnet. Untuk magnet itu sendiri, biasanya para peneliti memberikan magnet de empat ujung lempengan tembaga yang nantinya menjadi sumber utama sebagai penggerak poros baling baling.

Kita bisa membuat kipas angin tanpa listrik melalui media yang sebenarnya cukup mudah. Yaitu, pertama tama siapkan sebuah kipas angin yang berukuran sedang. Jika kita menggunakan ukuran yang besar, maka magnet yang dibutuhkan juga akan semakin besar pula. Siapkan pula magnet 4 buah.

Kita bisa menggunakan magnet biasa yang dijual di pasaran atau menyiapkan magnet monopole yang lebih baik sebagai penghasil listrik ketimbang magnet biasa. Buka casing kipas angin lalu ambil baling baling beserta poros baling balingnya. Di setiap sudut baling baling tadi kita bisa menempelkan magnet dan kunci dengan menggunakan kawat yang kecil. Jangan sekali kali mengikatnya dengan menggunakan kawat yang tebal karena poros tidak akan berjalan karena terhalang oleh kawat yang besar tadi.

Kita bisa menggunakan kipas angin tanpa listrik ini sebagai media alternatif. Istilahnya, kita bisa menghemat penggunaan listrik dengan menggunakan magnet sebagai sumber tenaganya. Magnet memang bisa menjadi penghantar dan penghasil listrik yang baik namun karena keberadaanya sangat sulit, maka salah satu sumber energi ini menjadi sangat jarang digunakan Itulah beberapa macam contoh fakta, dan penjelasan mengenai kipas angin tanpa listrik.


Loading...
Tags: cara membuat kipas angin tanpa listrik, cara membuat listrik, kipas angin tanpa listrik, Cara membuat kipas angin, cara membuat kipas angin sederhana, membuat generator listrik tenaga magnet, cara membuat kipas angin tenaga baterai, cara membuat listrik gratis, cara membuat kipas angin sederhana tanpa listrik, cara membuat pembangkit listrik tenaga magnet sederhana, cara membuat kipas angin tanpa dinamo, cara menyalakan kipas angin tanpa listrik, cara membuat pembangkit listrik tenaga magnet, cara membuat listrik sederhana, cara membuat kipas angin tenaga magnet