Berbagai Sumber-Sumber Energi Listrik yang Ada di Dunia

Tentu setiap manusia yang hidup di dunia saat ini telah banyak memanfaatkan energi listrik. Listrik dapat dimanfaatkan untuk menyalakan lampu, menghidupkan komputer, menyalakan mesin, Mencharger ponsel, memasak nasi, dan masih banyak lagi manfaat listrik untuk hidup kita sehari-hari.

Tapi, pernahkah Anda berfikir dari manakah sumber dari energi tersebut? Apa Anda hanya merasa hal tersebut tidak penting? Jika Anda ingin mengetahuinya dari manakah sumbernya, kali ini kami akan membahas mengenai sumber-sumber energi listrik. Anda tentu penasaran bukan? Mari segera saja kita lihat dari mana saja sumbernya.

Sumber – Sumber Energi Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

sumber-sumber-energi-listrik

Ada banyak sekali sumber-sumber energi listrik dan kami akan mencoba membahasnya satu persatu untuk Anda. Yang pertama yaitu sumber energi listrik yang berasal dari nuklir. Nuklir merupakan sebuah sumber energi yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik.

Keuntungan menggunakan nuklir yaitu tidak menghasilkan asap yang dapat merusak alam dan hanya dengan menggunakan sedikit bahan nuklir dapat menghasilkan energi listrik yang sangat besar. Tapi, nuklir juga berbahaya jika terjadi sebuah kebocoran dari reactor nuklir. Apakah bahayanya? Bahaya dari akan menimbulkan bencana besar akibat zat radio aktif yang dapat membunuh umat manusia.

Sumber-sumber energi listrik yang berikutnya yaitu berasal dari angin. Sebuah negara biasanya ada yang menggunakan pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi angin. Menggunakan energi ini sebagai pembangkit dapat dikatakan suatu hal yang tidak memerlukan bahan bakar. Tapi hanya perlu membutuhkan daerah luas yang memiliki angin kencang untuk memutar turbin untuk menghasilkan listrik.

Contoh Sumber Energi Listrik

Sumber energi listrik selanjutnya yaitu batu bara. Batu bara sebagai sumber pembangkit listrik memang sangat bagus terlebih bahan energi ini mudah untuk ditemukan. Tapi sayangnya, sumber energi listrik batu bara menghasilkan asap dari pembakaran batu bara yang dapat merusak lingkungan.

Selanjutnya, sumber dari energi listrik yaitu dengan memanfaatkan panas bumi. Pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panas bumi memiliki banyak keuntungan. Panas bumi tidak pernah habis seperti halnya batu bara, sehingga dapat digunakan secara terus-menerus. Tapi di bumi sayangnya tidak banyak tempat yang dapat dibangun pembangkit listrik dengan energi panas bumi. Setelah panas bumi, sekarang giliran minyak bumi yang menjadi salah satu dari sumber-sumber energi listrik. Pembangkit listrik yang memanfaatkan energi minyak ini memang banyak sekali terdapat di Indonesia, karena memang kaya akan sumber daya alamnya. Sayangnya energi ini mengeluarkan asap yang dapat merusak lingkungan.

Sumber energi listrik yang lainnya yaitu berasal dari tenaga matahari. Panas matahari dapat diubah menjadi sumber listrik dan menjadikannya masuk dalam jenis energi yang tak terbatas. Keterbatasan dari pemanfaatan energi ini yaitu memerlukan biaya yang cukup mahal untuk membangun reaktor penampung energinya. Dan apabila cuaca sedang tidak mendukung, maka tidak ada energi yang diterima. Energi lain yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik yaitu energi pasang surut air laut. Energi tersebut juga merupakan energi yang tidak ada habisnya dan tentu tidak mencemari lingkungan. Tapi, pasang surut air laut hanya terjadi 2 kali selama sehari dan disaat itulah listrik dihasilkan.

Itulah beberapa sumber-sumber energi listrik yang dapat kami bagikan untuk Anda. Tentu sekarang Anda telah tahu dari mana asal sumber energi listrik yang setiap hari Anda manfaatkan bukan? Setelah tahu dari mana sumber energi listrik yang Anda gunakan selama ini, tentu Anda telah tahu bagaimana bersikap dengan listrik bukan? Mulailah berhemat listrik karena ternyata semua sumber energi listrik berasal dari alam. Ada baiknya Anda juga ikut serta dalam menjaga lingkungan untuk terus dapat memanfaatkan listrik yang ada.


Loading...
Tags: sumber energi listrik, sumber listrik berasal dari, sumber listrik, sumber energi listrik yang paling banyak digunakan berasal dari, sumber energi listrik berasal dari, energi listrik berasal dari mana, asal sumber energi listrik, energi listril berasal dari, energi listrik dan sumbernya, daru mana asal listrik, darimanakah didapatkannya sumber listrik terangkan, darimana tenaga listrik berasal, dari mana energi listrik berasal, dari mana asal sumber listrik, sumber sumber tenaga listrik