Beragam Jenis – Jenis Energi Listrik Alternatif

Kebutuhan energi listrik alternatif kini semakin dibutuhkan, bahkan saat ini kita juga membutuhkan sumber energy listrik yang terbarukan. Selain kebutuhan listrik yang semakin tinggi. Kita juga harus mementingkan alam kita yang semakin rusak akibat pemanasan global. Krisis energi juga menjadi alasan utama bagaimana kita bisa menciptakan sumber listrik alternative yang aman dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan kali ini, Anda akan kami ajak untuk belajar bersama mencari sumber listrik ramah lingkungan tersebut. Supaya muncul kesadaran kita untuk bisa lebih hemat energy terutama dalam penggunaan listrik sehari-hari.

Energi Listrik Alternatif dalam Kehidupan

energi-listrik-alternatif

Contoh energy listrik terbarukan antara lain sebagai berikut:

1. Kincir angin pembangkit listrik

Jika kita teringat negeri kincir angin, maka kita teringat Belanda yang terkenal dengan kincir anginnya. Ternyata kincir angin yang besar tersebut merupakan pembangkit listrik yang sudah berfungsi sejak lama sekali. Cara kerja energi listrik alternatif ini adalah dengan menggunakan angin yang dikonversi menjadi tenaga listrik. Kincir akan berputar yang terhubung dengan generator yang ada dibawahnya.

Putaran kincir tersebut mampu menghasilkan tenaga listrik yang bisa menjadi sumber listrik alam dan aman, sayangnya teknologi tersebut belum pernah ada di Indonesia. Padahal potensi angin di negara tropis cukup prospek untuk pembangkit listrik kincir angin. Sehingga angin bisa digunakan sebagai energi listrik alternatif masa depan.

2. Pembangkit listrik tenaga surya

Pembangkit listrik tenaga surya atau solar power System (EPS) merupakan teknologi yang cukup baru dan terbarukan. Sinar matahari tidak akan pernah habis dan selalu silih berganti siang dan malam. Cara kerja EPS ini adalah memanfaatkan panas sinar matahari yang disimpan dalam solar cell. Meskipun teknologi ini sudah ditemukan sejak 1941, namun di negara kita belum lama menerapkannya, itupun hanya ada di beberapa titik sebagai percontohan.

Semoga dalam jangka panjang Negara kita bisa menciptakan pembangkit listrik tenaga surya masal. Saat ini kita bisa sering melihat contoh EPS ini di lampu merah dan lampu-lampu jalan, itupun hanya sebagian kecil. Namun itu bisa menjadi awal dalam menghemat listrik dan menciptakan energi listrik alternatif yang ramah lingkungan.

3. Pembangkit listrik tenaga Air PLTA

Jenis pembangkit ini merupakan pembangkit listrik yang sudah banyak diterapkan di Indonesia. Kondisi geografis di negara kita yang memiliki banyak pegunungan dan perbukitan serta aliran sungai sangat tepat dijadikan pembangkit energi listrik alternatif. Caranya dengan membuat waduk buatan untuk sistem irigasi dan pembangkit listrik.

Debit air yang tinggi dari waduk dan derasnya aliran air bisa dimanfaatkan untuk memutar turbin pembangkit listrik. Kita bisa melihat di beberapa waduk seperti Mrican di Banjar Negara Jawa Tengah, waduk gajah Mungkur di Wonogiri dan berbagai daerah lainnya di Indonesia. Selain pembangkit listrik skala besar seperti memanfaatkan waduk, kita juga bisa membuat PLTA mini dengan memanfaatkan aliran air untuk memutar kincir atau turbin.

Selain ke empat contoh diatas, sebenarnya masih banyak jenis pembangkit listrik terbarukan lainnya. Seperti pembangkit listrik tenaga toilet, pembangkit listrik tenaga panas bumi dan sumber alam lainnya yang bisa bermanfaat untuk pembangkit listrik. Dengan demikian, krisis listrik seperti di negara kita bisa diatasi dengan bijak dan masyarakatnya semakin peduli untuk hemat listrik. Sebab konsumsi listrik yang terlalu besar juga berpengaruh terhadap pemanasan global.

Demikian ulasan singkat tentang sumber energi listrik alternatif yang berpotensi untuk cadangan kebutuhan listrik kita. Semoga dari pembahasan ini kesadaran kita juga semakin tinggi untuk hemat listrik dalam kehidupan sehari-hari, mengingat sumber energy yang semakin terbatas di bumi ini.


Loading...
Tags: energi listrik alternatif, sumber energi listrik alternatif, pembangkit listrik alternatif, listrik alternatif, beragam jenis, jenis jenis energi listrik, jenis jenis listrik buatan, tenaga listrik alternatif, energi listrik buatan, Contoh sumber energi listrik dan cara kerjanya, macam macam negara yang memakai energi alternatif, jenis jenis energi lis, alternatif pengganti listrik plta, jenis pembangkit listrik yang belum diterapakn diindonesia, jenis2 tenaga listrik