Bentuk-bentuk Energi yang Terbarukan dan Tak Terbarukan

Jika Anda belajar fisika, tentu Anda akan tahu banyak mengenai energi-energi yang ada dalam alam semesta dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Terkadang, kita sebagai manusia dalam keseharian tidak sadar telah banyak memanfaatkan berbagai energi.

Mengingat begitu banyak bentuk-bentuk energi, kita hanya akan membahas beberapa saja untuk Anda. Bentuk energi yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai energi yang dapat diperbaharui dan energi yang tidak dapat diperbaharui. Mungkin dalam benak Anda akan muncul pertanyaan. Bukankah energi bersifat kekal dan konstan? Mengapa dapat diperbaharui? Anda nanti akan mendapatkan jawabannya.

Bentuk – Bentuk Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari

bentuk-bentuk-energi-contohnya

Baiklah, agar tidak semakin membuat Anda penasaran, mari kita lihat bentuk-bentuk energi yang terbarukan dan energi yang tidak terbarukan. Kita mulai dengan energi terbarukan. Energi ini termasuk dalam salah satu sumber energi perolehan dan energi modal. Energi ini tak terhabiskan dan dapat diperbaharui dan inilah jawabannya.

Contoh dari energi ini banyak sekali dan mungkin kami akan membahasnya sedikit untuk Anda. Pertama yaitu energi matahari. Mengapa matahari ini disebut sebagai bentuk energi terbarukan? Karena energi ini telah ada sejak zaman dahulu dan dirasakan manusia. Dan energi panas matahari ini telah banyak dimanfaatkan oleh manusia.

Bentuk-bentuk energi yang terbarukan selain energi matahari yaitu energi nuklir. Energi nuklir merupakan energi yang terlahir paling baru. Energi angin terbentuk akibat adanya pemanasan permukaan bumi akibat sinar matahari.

Bentuk – Bentuk Energi dan Contohnya

Energi angin ini dapat dimanfaatkan manusia untuk menjalankan turbin angin. Ada juga bentuk energi lain yang dapat terbarukan yaitu energi air. Energi air ini dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia akan listrik. Itulah beberapa bentuk energi yang terbarukan.

Selanjutnya kita akan membahas sedikit mengenai bentuk-bentuk energi yang tak terbarukan. Sebelum mengetahui bentuk-bentuknya, tidak ada salahnya Anda mengetahui apa itu energi tak terbarukan? Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang pembentukannya sampai jutaan tahun.

Walaupun telah mengalami proses yang sangat panjang hingga jutaan tahun, belum tentu juga hasil energinya akan sama dan karena semua tergantung dari proses dan keadaan geologi pada saat energi tersebut terjadi. Ini tentu akan sangat sulit sekali.

Tentu sekarang ini Anda telah tahu apa itu energi tak terbarukan. Untuk membuat Anda semakin paham dengan energi ini, kami akan memberikan contohnya untuk Anda. Contoh dari bentuk energi tak terbarukan yaitu minyak bumi. Dalam pembentukannya, minyak buni merupakan berasal dari sisa kehidupan purbakala baik hewan ataupun tumbuhan.

Jadi, untuk membentuk energi ini tentu membutuhkan waktu yang sangat lama. Dan sekarang ini banyak sekali negara-negara di dunia termasuk Indonesia yang mencari energi alternatif dari energi minyak bumi ini untuk kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa bentuk-bentuk energi yang terbarukan dan yang tak terbarukan. Pasti setelah Anda mengetahuinya Anda akan tahu bagaimana harus bersikap dengan energi-energi yang ada bukan? Anda pasti telah dapat memanfaatkan energi dengan baik. Energi mana yang harus dihemat agar anak cucu kita nantinya juga dapat menikmati hal ini.

Bentuk-bentuk dari energi tersebut tentunya dapat Anda manfaatkan kembali dalam kehidupan sehari-hari menjadi bentuk energi lainnya. Seperti yang Anda ketahui jika energi tidak dapat dimusnahkan tapi hanya dapat diubah menjadi bentuk energi lainnya. Semoga apa yang kami berikan ini bermanfaat untuk Anda.


Loading...
Tags: apa yang dimaksud dengan energi yang dibarukan dan tidak terbarukan, bentuk-bentuk energi alternatif atau terbarukan, mengetahui berbagai sumber energi yang tak terbarukan, salah satu energi yang tak terbarukan banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah