Beberapa Perubahan Energi Listrik Yang Perlu Kamu Tahu

Di muka bumi ini terdapat berbagai macam-macam energi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas. Selain matahari sebagai salah satu sumber energi terbesar di bumi, ada jenis energi lainnya yang tak kalah memiliki jumlah yang besar yaitu energi listrik.

Energi yang dihasilkan dari arus listrik serta tegangan listrik dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti alat elektronik pada rumah tangga atau untuk menggerakkan kendaraan bermotor. Namun, ternyata energi listrik bisa berubah menjadi energi lainnya. Artikel kali ini akan membahas mengenai perubahan energi listrik menjadi energi lainnya.

Perubahan Energi Listrik dan Macamnya

perubahan-energi-listrik

Sesuai dengan yang dikatakan oleh hukum energi bahwa setiap energi tidak dapat diciptakan namun tidak pula dapat dimusnahkan. Hanya saja, setiap energi dapat berubah bentuk menjadi dari satu energi menjadi energi lainnya. Dengan menggunakan prinsip dari hukum energi tersebut setiap energi mampu berubah menjadi energi lainnya, sama seperti halnya dengan energi listrik yang bisa memiliki berbagai macam perubahan bentuk energi. Bisa menjadi energi bunyi, energi cahaya, energi gerak dan energi lainnya.

Berikut akan kami berikan beberapa penjelasan mengenai perubahan energi listrik beserta contohnya agar lebih mudah untuk dipahami. Beberapa perubahan pada energi listrik antara lain adalah:

1. Energi listrik menjadi energi cahaya

Seperti namanya bahwa energi listrik mampu berubah menjadi energi cahaya. Listrik akan bertransformasi membentuk energi cahaya yang memiliki manfaat untuk menerangi. Contohnya adalah pada lampu pijar. Lampu pijar berasal dari energi listrik yang berubah menjadi energi cahaya juga energi kalor.

Di dalam lampu pijar terdapat elemen yang mampu menghasilkan cahaya ketika aliran listrik mengaliri elemen tersebut. Apabila lampu piker dihidupkan beberapa saat kemudian lampu akan terasa panas yang merupakan perubahan energi menjadi energi kalor atau panas. Dari sebuah lampu pijar energi listrik telah berubah menjadi energi cahaya serta energi kalor.

2. Energi listrik berubah menjadi energi kalor

Perubahan energi listrik selanjutnya adalah menjadi energi kalor atau panas. Prinsipnya adalah ketika energi listrik dialirkan maka akan terjadi sebuah energi panas. Kita dapat melihat perubahan energi ini pada heater (teko pemanas) atau pada kompor listrik. Begitu listrik dialirkan pada peralatan rumah tangga tersebut maka akan terjadi perubahan panas sehingga air akan mendidih di dalam teko air panas.

Begitu juga dengan kompor listrik, panas yang dihasilkan dapat memasak makanan menjadi matang. Hal ini dikarenakan pada penghantar yang ada pada peralatan rumah tangga tersebut y ang menggunakan besi. Besi merupakan sebuah penghantar panas yang cukup baik, ketika listrik dinaikkan maka besi akan menjadi panas yang menghasilkan sumber energi panas.

3. Energi listrik yang berubah menjadi energi kimia

Perubahan energi listrik selanjutnya adalah energi listrik yang akan bertransformasi menjadi energi kimia. Energi listrik yang dilepaskan akan menjadi sebuah energi kimia, hal ini dapat terlihat pada proses pelapisan emas yang membutuhkan energi listrik yang mampu mengurai senyawa kimia pada logam emas yang perlahan terlepas menjadi partikel dalam ukuran kecil yang nantinya akan melapisi perhiasan emas.

4. Energi listrik yang berubah menjadi energi gerak

Energi listrik yang berubah menjadi energi gerak dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yaitu berupa kipas angin, atau dynamo sepeda. Dengan energi listrik yang dihasilkan mampu menggerakkan kipas angin maupun sepeda listrik.

Demikianlah beberapa perubahan energi listrik yang bisa menjadi penambah wawasan Anda dalam perubahan energi. Bahwa menurut hukum energi setiap energi mampu berubah menjadi energi lainnya.


Loading...
Tags: contoh perubahan energi kimia menjadi energi listrik kemudian berubah menjadi energi cahaya, perubahan energi listrik menjadi energi bunyi, perubahan listrik, perubahan energi listrik menjadi energi lain, jenis perubahan energi listrik, perubahan bentuk energi listrik, berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi listrik kemudian berubah menjadi energi cahaya, berikan 3 contoh perubahan energi listrik pada alat listrik, perubahan energi yang terjadi pada kompor listrik adalah, pada lampu pijar energi listrik diubah menjadi energi cahaya dan, perubahan yang terjadi pada energi listrik, peralatan perubah listrik, sebutkan beberapa alat yg digunakan untuk membantu kebutuhan manusia dan jelaskan pula energi dari alat listrik tersebut, perubahan energi pada alat elektronik, contoh alat perubahan energi