Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi Sebenarnya?

Kita pernah mempelajari pembentukan minyak bumi dibangku sekolah. Masih ingatkah kalian? Minyak bumi berasal dari mikroorganisme yang telah mati dan telah tertimbun selama jutaan tahun sehingga mengalami tekanan dan panas bumi secara alami, tidak hanya itu saja mikroorganisme ini juga mengalami penguraian secara kompleks dalam kurun waktu yang sangat lama. Minyak bumi merupakan sumber daya alam tak terbarukan sehingga kita harus menghemat dalam pemakaiannya. Sebelum mengetahui bagaimana proses pembentukan minyak bumi yang sebenarnya, tak ada salahnya untuk mengetahui teori pembentukan minyak bumi itu sendiri. Terkait dengan pembentukan minyak bumi, ada tiga teori yang menjelaskan bagaimana minyak bumi itu terbentuk. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.proses-pembentukan-minyak-bumi

Teori biogenetik atau teori organik

Yang pertama adalah teori biogenetik atau yang biasa disebut dengan teori organik. Menurut teori yang satu ini pembentukan minyak bumi berasal dari pelapukan berbagai macam binatang dan juga tumbuhan yang mati dan tertimbun di dalam endapan lumpur lalu hanyut terbawa arus sungai dan menuju ke laut yang akhirnya menuju dan berkumpul di dasar laut. timbunan ini kemudian mengendap selama  beratus juta tahun dan akan mengalami dekomposisi menjadi gelembung minyak bumi atau gas alam. Dekomposisi tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, anara lain tekenan lapisan batuan yang ada di atasnya, suhu endapan dan juga waktu.

Teori anorganik

Yang kedua adalah teori anorganik. Menurut teori anorganik pembentukan minyak bumi akibat adanya aktivitas bakteri yang dapat melakukan reaksi biokimia, merubah unsur-unsur seperti oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen dan belerang dari batuan insuk menjadi zat yang mengandung hidrokarbon.

Teori Duplex

Yang terakhir adalah teori duplex. Teori duplex sendiri merupakan perpaduan antara teori biogenetik dan tori anorganik. Secara umum, teori ini banyak diterima oleh para ilmuan. Hal ini dikarenakan dalam teori ini dijelaskan bahwa minyak bumi yang terbentuk berasal dari materi hidup baik hewani ataupun nabati yang ada di laut. karena adanya pengaruh suhu, tekanan dan waktu akhirnya berubah menjadi batuan induk (Source Rock) pembentuk bahan-bahan hidrokarbon. Batuan ini kemudian mengalami proses biokimia yang akhirnya berubah menjadi gas alam dan minyak bumi. Selanjutnya, gas alam dan minyak bumi akan pindah menuju ke tempat yang memiliki tekanan lebih rendah dan akhirnya terakumulasi di tempat tertentu yang disebut dengan Trap atau perangkat. Dalam perangkap ini bisa terkandung bahan campuran yaitu minyak, gas dan air.

Jika gas terdapat bersama-sama dengan minyak bumi maka disebut dengan Associated Gas dan jika gas sendiri dalam suatu perangkap maka disebut dengan Non Associated Gas. Karena perbedaan berat jenis, maka gas selalu berada di atas, minyak di tengah dan air di bagian bawah.

Lantas bagaimana proses pembentukan dari minyak bumi? Berikut ulasannya.

Inilah Proses Pembentukan Minyak Bumi

Minyak bumi dapat diperoleh dengan melakukan pengeboran di berbagai tempat baik darat maupun laut karena sumber daya alam ini tersimpan dalam timbunan selama jutaan tahun. Lalu bagaimana proses pembentukannya? Berikut adalah proses pembentukan minyak bumi secara lengkap:

  1. Banyak ganggang yang hidup dilaut dan juga di danau, tumbuhan ini mendapatkan energi melalui proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.
  2. Setelah ganggang mati maka akan mengendap di cekungan sedimen sehingga membentuk batuan yang mengandung senyawa karbon atau biasa dinamakan batuan induk. Namun tidak semua cekungan sedimen mengandung minyak bumi karena proses terbentuknya senyawa karbon dari ganggang sangat rumit dan spesifik. Senyawa karbon ini akan teroksidasi dan terurai menjadi rantai karbon yang mustahil untuk dimasak.
  3. Proses terbentuknya minyak bumi selanjutnya yaitu batuan induk yang terbentuk dari jasad ganggang akan terkubur selama jutaan tahun dibawah batuan-batuan lainnya dan proses ini akan berlangsung secara terus menerus. Salah satu jenis batuan yang menimbun batuan induk yaitu batuan sarang atau batuan reservoir. Batuan reservoir ini terdiri dari batuan vulkanik, batu pasir, dan batu gamping yang memiliki ruang atau pori-pori didalamnya. Jika proses penimbunan ini berlangsung secara terus menerus maka batuan induk yang mengandung senyawa karbon akan mengalami pemanasan dan jika semakin dalam timbunan maka akan semakin dekat dengan inti bumi sehingga batuan induk bahkan akan mengalami pemanasan lebih lagi. Minyak bumi akan terbentuk pada suhu diantara 50 hingga 180 derajat celcius, tetapi suhu terbaik dalam pembentukan minyak bumi adalah 100 derajat celcius. Jika batuan induk terus tertimbun maka akan mengalami pemanasan sehingga senyawa karbon yang tersimpan dalam batuan induk akan mengalami proses perubahan bentuk hingga menjadi gas, inilah salah satu jenis fraksi minyak bumi.
  4. Lebih lagi senyawa karbon yang mengalami proses pamanasan tadi akan bereaksi dengan hidrogen sehingga membentuk hidrokarbon. Dari proses inilah maka terbentuk minyak yang berupa minyak mentah. Minyak yang dihasilkan batuan induk ini telah berupa cairan tetapi sangat berbeda dengan tingkat kecairan air. Minyak mentah ini memiliki kekentalan lebih tinggi dari air tetapi berat jenisnya lebih kecil dari berat jenis air. Karena berat jenis minyak bumi ini lebih kecil dari air maka cairan ini akan cenderung naik ke atas dan akan tertangkap batuan yang berbentuk mangkok terbalik sehingga akan tersimpan didalamnya. Selanjutnya penambangan dan pengolahan minyak bumi siap untuk dilakukan.

Proses pembentukan minyak mentah bumi ini sangat panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hingga jutaan tahun dan minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, jika kita terus menerus menggali dan  menambang minyak bumi maka suatu saat sumber daya alam ini akan habis. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menghemat penggunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga ketersediaan cadangan minyak bumi tetap ada.

Demikian informasi seputar proses pembentukan minyak bumi secara lengkap yang dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semoga dapat mendorong kita untuk menghemat penggunaan minyak bumi.

Deskripsi: Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan pembentukannya sangat lama. Bagaimana proses pembentukan minyak bumi?


Loading...
Tags: proses pembentukan minyak bumi, proses terbentuknya minyak bumi, proses terjadinya minyak bumi, jelaskan proses pembentukan minyak bumi, pembentukan minyak bumi, minyak bumi terbentuk dari, bagaimana proses pembentukan minyak bumi, terbentuknya minyak bumi, minyak bumi berasal dari, bagaimana proses terjadinya minyak bumi, bagaimana proses terbentuknya minyak bumi, Bagaimana proses, jelaskan proses terbentuknya minyak bumi, bagaimana proses pembentukan energi alternatif, bagaimana pembentukan minyak bumi