Apakah Dimensi Energi Itu?

Dalam pelajaran fisika, kita telah mempelajari mengenai energi dan bentuk-bentuk energi beserta perubahannya. Kali ini kita akan membahas mengenai dimensi energi dimana dimensi dari suatu energi dapat ditentukan dengan rumus yang berlaku.

Sebelum membahas mengenai rumus dari dimensi sebuah energi alangkah lebih baik jika mengetahui mengenai dimensi itu sendiri, dan apa itu dimensi sebuah energi. Dengan mengetahui lebih rinci mengenai dimensi sebuah energi kita akan bisa mempelajari lebih lanjut mengenai topik yang sama yaitu dimensi sebuah energi.

Pengertian Dimensi Energi

dimensi-energi-panas-kinetik-potensial

Dalam ilmu fisika, dimensi merupakan bagaimana caranya sebuah besaran tersusun di atas beberapa besaran-besaran pokok. Dimensi dalam ilmu fisika juga memiliki lambang dan simbol tersendiri yang mencirikan dimensi.

Untuk mengetahui dari dimensi maka yang perlu diketahui adalah besaran pokok yang mendasari dari dimensi itu sendiri. Apa saja yang perlu diketahui dari dimensi dari sebuah besaran pokok. Setelah mengetahui besaran pokok dari dimensi, maka bisa diketahui turunan dari dimensi termasuk salah satunya adalah dimensi energi.

Berikut beberapa besaran pokok yang terdapat pada dimensi antara lain adalah:

1. Panjang dengan simbol (m) sedangkan dimensinya adalah [L]

2. Massa dengan simbol (kg) sedangkan dimensinya adalah [M]

3. Waktu dengan simbol (s) sedangkan dimensinya adalah [T]

4. Suhu dengan simbol (K) sedangkan dimensinya adalah [0]

5. Kuat arus listrik dengan simbol (A) sedangkan dimensinya adalah [I]

6. Intensitas cahaya dengan simbol (Cd) sedangkan dimensinya adalah [J[

7. Jumlah zat dengan simbol (mol) sedangkan dimensinya adalah [N]

Setelah mengetahui besaran pokok dari dimensi, maka kita bisa mengetahui besaran dimensi dari energi. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah dari setiap energi bisa dihitung dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.

Begitu juga dengan dimensi, setelah mengetahui besaran pokok maka dapat juga ditentukan rumus dari dimensi suatu energi. Jadi yang perlu dilakukan adalah merubah simbol besaran pokok dengan simbol dimensi. Pada paragraf selanjutnya akan kami jelaskan mengenai berbagai macam energi beserta rumus dari dimensi energi tiap-tiap energi tersebut.

Energi memiliki beberapa macam jenis energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Energi itu sendiri bisa dihitung dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan. Berikut beberapa jenis energi berserta rumus dan dimensinya, yaitu:

1. Energi panas

Energi panas atau biasa disebut dengan energi kalor merupakan salah satu sumber energi terbesar di muka bumi ini. Berasal dari sinar matahari, energi panas dapat dimanfaatkan untuk kehidupan makhluk hidup. Bahkan energi panas ini bisa dirubah menjadi energi listrik dengan pembangkit tenaga listriknya. Energi panas ataupun energi listrik memiliki satuan yang disebut joule. Untuk menghitung jumlah energi panas, dapat dihitung dengan rumus berikut: joule (J) sedangkan dimensinya sendiri adalah [M][L]2[T]-2

2. Energi potensial dan energi kinetic

Energi kinetik dan energi potensial termasuk dalam energi mekanik atau energi gerak. Dimensi energi masing-masingnya memiliki dasar besaran satuan yang berbeda. Untuk energi kinetik satuan energinya adalah: kg.m2/s2. Dengan mengetahui satuannya dapat kita tarik dimensinya dengan simbol [M][L]2/[T]2. Sedangkan untuk energi potensial satuan energinya adalah: kg.m2/s2. Sedangkan untuk dimensinya adalah [M][L]2[T]2.

Demikianlah beberapa contoh dari rumus dan simbol dimensi energi yang bisa kita ketahui. Jadi, cara menarik dimensi adalah mengetahui terlebih dahulu besaran satuan dari rumus energi. Semoga penjelasan di atas dapat membantu dalam memahami pelajaran dimensi dalam fisika.


Loading...
Tags: dimensi dari energi, dimensi energi adalah, dimensi besaran energi, tentukan dimensi dari energi, dimensi dari besaran energi, Dimensi dari ENERGI adalah, dimensi dari besaran energi adalah, lambang dimensi energi, pengertian dimensi energi potensial, dimensi dan besaran energi, cara menghitung dimensi energi adalah, Dimensi dari Energi?, dimensi energi ada, dimensi energi adala, dimensi energi adalag