Aliran Energi Pada Sebuah Ekosistem

Aliran energi yang terjadi pada sebuah ekosistem adanya sebuah proses berpindahnya energi yang ada pada tingkat trofik tertentu menuju trofik lainnya. Aliran ini juga bisa digambarkan dalam sebuah rantai makanan dan juga piramida biomasa.

Dalam sebuah rantai makanan akan selalu terjadi sebuah siklus yang akan selalu berputar. Dan dari siklus inilah akan terjadi sebuah perpindahan energi satu sama lainnya. Dalam hal ini energi yang didapat dari tingkat rantai makanan pertama akan perpindahan pada tingkat berikutnya dan menjadi sebuah energi baru.

Tingkatan trofik pada sebuah rantai makanan pada dasarnya terdiri atas tiga jenis. Tingkatan trofik pertama adalah tingkatan terendah dimana yang duduk disini adalah makhluk yang tidak bisa memangsa seperti tumbuhan. Dilanjutkan dengan tingkat trofik kedua yang berupa hewan herbivora.

Aliran Energi Dalam Ekosistem

aliran-energi-dalam-ekosistem-materi

Dan tingkat ketiga yang diduduki oleh hewan karnivora. Dalam beberapa kasus, ada juga hewan yang bisa berposisi di tingkat kedua dan ketiga. Dimana hewan ini bisa memangsa tumbuhan atau juga hewan. Selain itu, ada pula hewan yang lebih besar yang bisa memangsa hewan yang ada di tingkat ketiga.

Dalam sebuah aliran energi pada siklus rantai makanan terdapat rata-rata 10 % energi yang sebelumnya telah dikonsumsi oleh makhluk yang ada pada tingkat lebih rendah. Terjadinya penurunan siklus energi pada rantai makanan akibat adanya kegiatan alami dari makhluk tersebut. Kegiatan-kegiatan itu diantaranya adalah pernafasan, buang air, reproduksi dan pertumbuhan yang terjadi pada makhluk tersebut. Selain itu ada pula pengurangan energi yang terjadi akibat adanya kematian non-predatory. Kematian ini terjadi secara alami baik karena sakit atau sudah tua tanpa pernah dimangsa oleh predator.

Aliran Energi dan Materi

Tingkat aliran energi yang tinggi juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang sebelumnya dikonsumsi. Jika gizi makanan yang dikonsumsi baik maka efisiensi energi yang diberikan oleh makhluk tersebut juga semakin baik. Pada tingkatan dan hewan tertentu akan mengkonversi makanan dengan kualitas tinggi. Salah satu penghasil energi yang paling baik adalah pengurai. Sebuah dekomposer adalah sebuah makhluk hidup yang akan mampu mengurai energi yang berasal dari organik kembali menjadi bentuk organik dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan demikian nutrisi yang sebelumnya telah berkurang akan kembali lagi dalam nutrisi yang jauh lebih baik.

Jika dalam aliran energi yang terjadi pada ekosistem laut nutrisi dan juga cahaya merupakan sebuah faktor yang paling berpengaruh. Cahaya matahari tidak bisa menembus hingga dasar laut. Oleh sebab itu, proses fotosintesis hanya terjadi pada permukaan dan laut dangkal yang banyak tumbuhan laut. Pada ekosistem laut perpindahan energi paling efektif terjadi di pantai. Dengan cahaya matahari yang cukup akan menjadi sebuah tempat favorit untuk berkembangnya plankton dan alga. Oleh sebab itu, aktifitas rantai makanan di laut biasanya dimulai dari pantai menuju laut dalam.

Pada sebuah ekosistem air tawar aliran energi terbaik berasal dari sari tanah yang berada pada dasar sungai dan juga muara. Dengan nutrisi yang baik ini sangat disenangi oleh para konsumen tingkat pertama untuk tinggal. Karena keadaan muara yang biasanya banyak terdapat alga maka disana banyak ikan kecil.

Baru berikutnya ikan tersebut akan dimangsa oleh ikan yang lebih besar. Siklus tersebut terus berlanjut hingga menuju hewan laut yang lebih besar. Aliran dari energi yang ada di sebuah ekosistem adalah sebuah hal yang akan terus berlanjut dan tidak akan berhenti hingga kiamat. Karena siklus dari ekosistem tidak akan berhenti sampai semua penghuni ekosistem punah.


Loading...
Tags: aliran energi dalam ekosistem, bagaimana proses aliran energi dalam ekosistem berlangsung, aliran energi didalam ekosistem terjadi dari, contoh aliran energi, bentuk aliran energi dalam ekosistem, aliran energi di dalam ekosistem terjadi dari, contoh aliran energi pada ekosistem, bentuk bentuk aliran energi dalam ekosistem, bagaimana proses umum terjadinya aliran energi, proses aliran energi dalam ekosistem, bentuk bentuk aliran energi didalam ekosistem, bagaimana proses aliran energi dalam ekosistem berlangsung?, proses aliran energi dalam ekosistem berlangsung, energi yang mengalir pada sistem kehidupan berjalan menurut urutan, bagaimana aliran energi yang terjadi di dalam ekosistem